Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ketek..basahAvatar border
TS
ketek..basah
Malaysia Ikut Atasi Asap, Menteri Tjahjo: Jangan Hina Kami
TEMPO.CO, Palembang - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengingatkan Malaysia dan Singapura tidak menghina Indonesia karena asap akibat kebakaran hutan di beberapa wilayah Sumatera dan Kalimantan. Dia meminta dua negara tetangga itu membantu dengan ikhlas.

"Kami hanya ingin mengingatkan pemerintah Singapura dan Malaysia sebagai negara yang bersahabat dalam ASEAN, kalau mau bantu, bantulah dengan ikhlas. Jangan caci maki pemerintah dan negara Indonesia," ujar Tjahjo di Stadion Jakabaring, Palembang, Jumat, 9 Oktober 2015.

Menurut Tjahjo, masalah asap bukan semata-mata kesalahan pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat Indonesia. Ada faktor alam yang menyebabkan asap sampai ke negara mereka karena dibawa angin.

Dia mengatakan tak ada keinginan pemerintah atau masyarakat secara sengaja meniupkan asap sampai Malaysia dan Singapura. "Bantulah dengan ikhlas tanpa menggugat dan memaki-maki NKRI," kata dia.




Pemerintah akan bekerja sama dengan lima negara untuk mengatasi masalah kebakaran hutan dan lahan serta penyebaran asap. Lima negara tersebut adalah Australia, Cina, Malaysia, Rusia, dan Singapura. Bantuan yang diberikan negara lain berupa pesawat-pesawat yang bisa membawa air untuk water bombing dengan kapasitas di atas 10 ton air.

Untuk pemadaman api, Pemerintah Indonesia telah mengerahkan 26 helikopter guna melakukan pengeboman air dan mengerahkan empat pesawat khusus untuk melakukan rekayasa cuaca hujan buatan.

Selain itu, Data Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup menyebutkan 65 juta liter air sudah ditumpahkan ke berbagai titik api di lima provinsi dan 250 ton garam digunakan untuk modifikasi cuaca.



sumur
0
3.3K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.