Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • (Inspiratif)Kisah ane yang dulu kecil cuma bisa makan nasi jagung, Nasi Aking

fredy.lie87Avatar border
TS
fredy.lie87
(Inspiratif)Kisah ane yang dulu kecil cuma bisa makan nasi jagung, Nasi Aking
Siapa tahu bisa sedikit membantu agan-agan yang lagi merantau dan mengalami hal yang gak enak saat merantau.

Cerita bermula dari kisah ane dari sebuah kampung kecil dikecamatan Wanareja, Kab. Cilacap.
Ane,dari seorang anak kampung yang hanya bercita-cita ingin bisa makan pakai beras yang tidak harus orang tua hutang dulu diwarung yang gak tahu kapan hutang itu dibayar, yang hanya ingin makan nasi, bukan nasi dari jagung atau singkong rebus yang lebih sering dimakan. Hanya ingin tidur nyenyak saat hujan turun, karena rumah dari bilik bambu, yang atapnya kalau hujan bocor, kalau ada angin khawatir rumah roboh, yang hanya mampu kemana-mana jalan kaki, bahkan untuk membeli sepeda orang tua ane gak mampu, jangankan sepeda, alas kaki sandal jepit saja kalau tali putus hanya diganti pakai tali dari serat nanas. Ane kecil yang tahu betapa enaknya makan nasi aking dengan ikan asin. Makan nasi hanya dengan garam, makan nasi hanya dengan kecap, makan daging hanya pas saat idul adha saja, baju yang tidak pernah beli baru, hanya mengharapkan pemberian baju bekas dari tetangga, yang hanya ingin sekolah harus bekerja mungutin cengkeh dikebun orang dengan bayaran Rp 150/Kilo,yang harus jualan bekicot untuk menyambung hidup, yang hanya ingin lihat televisi harus numpang dirumah tetangga, yang tidak pernah tau rasanya naik motor seperti apa, yang tidak pernah tau rasa es krim seperti apa, yang tidak pernah tau rasa susu, hanya tau rasa air tajin yang dicampur gula merah,yang tidak pernah tau rasanya makan indomie,yang mandi saja kadang tidak bisa beli sabun, hanya menggosok badan menggunakan batu kali, yang sikat gigi saja hanya menggunakan sabut kepala, yang kerjaanya tiap hari diolok-olok teman karena badan hanya kulit dan tulang saja. Kisah hidup ane jauh dari kata makmur gan, pernah gak bisa makan sampe sehari penuh karena ubi tidak ada, jagung habis dan tidak dapat utangan dari tetangga karena mereka mungkin gak yakin kami dapat mengembalikan utangnya.

Singkat cerita dengan segala susah paya akhirnya ane bisa Lulus SMA, (Ane dari SD sampai SMA terhitung anak yang berprestasi gan, selalu masuk rangking 3 besar disekolah, bahkan dari kelas 1 SD-kelas 3 SMP selalu rangking 1) padahal ane belajar saja gak pernah bisa malam cz rumah gak ada listrik, cuma pake lampu minyak tanah, singkat cerita dapat beasiswa lanjut kuliah D3 di perguruan tinggi negeri di Purwokerto (Universitas Jenderal Soedirman). itu pun kuliah dengan hanya uang saku 150rb perminggu untuk makan dan pulang ke Wanareja setiap minggunya, dan kadang ane bolos kuliah karena memang tidak ada uang untuk kembali dari rumah ke kampus, jarak kampus kerumah ane 80 kilometer kurang lebih. Ane kost nebeng bareng temen, patungan bertiga biar lebih murah, waktu itu sebulan hanya banyar 50 ribu dikostan seadanya. Dengan segala kekurangan yang sampe gak bisa ane ceritain saking banyaknya salah satunya makan aja kadang harus nunggu ada temen mau kasih karena tau ane seharian belum makan, air minum selama kost ane selalu temen ane yang beli cz tau ane gak mampu , Lulus lah ane 17 Juli 2008.

Tergiur dengan cerita enaknya merantau di jakarta, ane pergi ke jakarta bermodal sebuah tas butut, 4 potong baju, satu pasang sepatu dan uang 700rb, dapatlah ane pekerjaan dengan gaji Rp 1.600.000 sebulan, belum dipotong biaya kontrakan/kost, makan, transport dll. Nyaris tidak ada sisa, hanya sisa nyawa aja. Cz berasa hanya numpang urip. Hal itu berlangsung 2,5 tahun.

Karena tidak ada perubahan akhirnya ane putusin untuk untuk pindah pekerjaan disebuah perusahaan sepatu Intenasional, berlokasi di Tangerang, berkat jerih payah, kerja keras dalam karir (berangkat pagi, pulang tengah malam pun dilakukan) karir ane lumayan gan, dari yang tadinya hanya staff HRD biasa yang hanya tukang fotocopy dan input dokumen, ane bisa jadi HRD Supervisor dengan gaji yang ane rasa udah mulai cukup. Disini ane mulai bisa beli HP lumayan bagus, motor, makan juga bisa bergizi, bisa kuliah lagi untuk menunjang karir ane, mulai bisa ambil KPR Rumah seharga 350jt. Cobaan datang, ane kena batu ginjal mungkin gara-gara terlalu capek kerja sering konsumsi vitamin2 gak jelas, ludes lah tabungan hampir 40jt untuk operasi hanya sebagian biaya yang ditanggung perusahaan.Setelah 4 tahun bekerja disitu dan cobaan sakit itu, ane putusin untuk resign dan mencari pekerjaan yang lebih baik dengan pengalaman yang ane miliki dengan tujuan mendapatkan gaji yang lebih lagi.

Ane dapat pekerjaan disebuah perusahaan yang sudah Tbk, jadi seorang HR Dept Ass Manager, dengan gaji yang cukup lumayan bagi ane gan. Sekarang hidup ane udah jauh lebih baik, tapi ane tetap dengan diri ane yang makan seadanya, gak pernah foya-foya. Sekarang ane dah mampu beli mobil, bisa renovasi rumah dikampung, bisa punya rencana kuliah lanjut S2 Manajemen dll. Hidup udah cukup lumayan. Sekarang ane udah 28 tahun, ane rasa sudah sangat banyak rejeki yang Tuhan kasih buat ane dibandingkan hidup ane waktu dikampung. Kuncinya harus hidup dengan penuh rasa syukur dan berbuat baiklah. Sekarang ane jadi HRD Manager disalah satu perusahaan olahan makanan beku dari daging (Sosis, Bakso dll) serta Roti untuk supply ke restaurant burger cepat saji terkemukan di dunia.

Pesan dari ane buat agan-agan yang juga anak rantau, yang mungkin senasib ama ane, bahwa nasib itu memang Tuhan yang tentukan, tapi Tuhan letakkan ketentuan itu di Otak, telapak tangan, dan kaki kita, jadi berbuatlah untuk merubah nasib, bukan hanya berdiam diri dan menunggu keajaiban. Semoga bisa jadi kisah yang bisa membangkitkan semangat agan-agan anak perantauan.
Diubah oleh fredy.lie87 04-04-2017 00:45
0
3.1K
29
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.