Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ketek..basahAvatar border
TS
ketek..basah
Ahok ingin seperti di luar negeri, air tinja diolah jadi air minum
Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menuturkan, selama ini air limbah dari warga langsung dibuang ke laut tanpa ada pengolahan. Padahal sebenarnya air limbah bisa kembali dimanfaatkan menjadi air bersih untuk minum dan kebutuhan lain melalui proses pengolahan.

"Itu harusnya kalau di luar negeri, semua pembuangan di rumah harus ke pipa. Nah, masuk lalu diolah. Kalau dia bisa mengolah air limbah, air tinja saja bisa diolah jadi air minum," paparnya Ahok saat ditemui di Hotel Grand Cempaka, Jl Letjen Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (6/10).

Ahok ingin sistem pengolahan air limbah di Jakarta bisa seperti luar negeri, diolah untuk menjadi air minum. Ini sebagai salah satu cara mengatasi kekurangan air bersih yang kerap dialami saat musim kemarau.

Untuk mewujudkan mimpinya itu, Ahok bakal menggabungkan PT Perusahaan Air Minum (PAM) Jaya dengan PD Perusahaan Air Limbah (PAL) Jaya. Keduanya memiliki kaitan tugas untuk mengelola air.

"Jadi intinya buat kami sudah bulat menggabungkan PAL dan PAM karena dalam teorinya itu tidak mungkin ada danau sebesar raksasa apapun, kalau kamu ambil airnya terus tanpa mengembalikan air, sirkulasi kembali, pasti kering," kata Ahok

Setelah digabungkan, proyek pengolahan air limbah dimulai dengan memasang pipa penyalur air limbah, mulai dari sisi utara hingga ke selatan Jakarta. Kemudian dikumpulkan dan diolah. Ahok meminta peran aktif warga Jakarta dengan cara penyambungan pipa.

"Ya sudah kita minta BUMD (PT PAM dan PD PAL) ada yang pasang pipa semua. Orang jakarta tidak perlu bayar, cuma nyambungin pipa, mulai saja dari sisi utara, perumahan-perumahan mewah sisi utara, dari barat sampai ke timur," ucapnya.


sumur
nona212
nona212 memberi reputasi
1
9.4K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.