Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [pembeli dan penjual] jargon dalam dunia marketing yg indonesia banget

djarumsuperbAvatar border
TS
djarumsuperb
[pembeli dan penjual] jargon dalam dunia marketing yg indonesia banget
apa kabar...! agan-agan semua.

Hari ini saya ingin membahas beberapa jargon dalam dunia marketing yg indonesia banget antara pembeli dan penjual. yang menurut saya salah kaprah. yang akan saya klasifikasikan secara satu persatu, berdasarkan opini saya dari pengalaman saya berwirausaha di beberapa bidang usaha.

sebagai berikut....!

1. sama temen sendiri, masa dimahalin
salah satu kalimat yg sering dipake temen kita kalo lg beli barang yg kita jual, sebenernya ga salah gan. cuman kadang-kadang temen kita suka ga tau diri, dia minta barang yg bagus, tapi dengan harga semurah mungkin dengan alesan temen sendiri. come on man, biarpun produk itu jualan temen agan, tapi ya dipikir toh, dia modal buat beli produk juga pasti mahal, masa iya agan beli dibawah modal usahanya, dengan alesan temen sendiri.
ini sih sama aja bunuh usaha temen secara ga langsung.

2. ayo beli, produk asli dalam negri loh. jurus ini biasanya digunakan oleh produsen. tapi sorry, ga mempan buat saya. karena prinsip saya adalah, beli barang berdasarkan kualitasnya dan kebutuhan gan. bukan ga mau dukung produk dalem negeri, ya masa kita beli produk dengan kualitas rendah hanya dengan jargon asli buatan indonesia. toh ga usah pake jargon gitu juga, kalo kualitas bagus, pasti banyak yg beli. menurut saya, utamakan kualitas, toh kalo kualitas bagus, nama indonesia bakal naik dengan sendirinya.

3. Buatan indonesia kan, koq mahal?
Sejalan dengan poin kedua, karena lebih mengutamakan jargon, kualitas produk indonesia kurang diperhatikan, sehingga menimbulkan mindset, produk indonesia itu murahan. Jadi, sekalinya ada produk indonesia yg berkualitas dan dibandrol agak mahal dikit, jadi timbulah jargon "buatan indonesia kan, koq mahal?".

4. gratis lah, sama temen ini.
ceritanya gini gan, saya punya temen anak band, mereka punya mini album yg berisi 5 lagu yg dijual dalam bentuk CD. nah, temen saya ini untuk masuk kesalah satu album kompilasi (supaya apa gitu), harus jual CDnya sebanyak 300 keping (kalo ga salah). penjualan pertama dimulai di daerah temen-temen tongkrongan, tapi reaksi dari temen-temen adalah "gratisin dong, sama temen ini". ya ampun, bukannya sebagai temen harusnya kita justru apresiasi ya, dengan beli karya original temen sendiri toh cuman 15rb ini. nah, ini malah minta gratis. asal tau ya, buat bikin 5 lagu itu berapa lama energi, waktu dan pikiran yg mereka keluarkan belum lagi biaya buat rekaman dan lain-lain. seharusnya sebagai teman kita bantulah, bukan malah maunya gratis.

sekian dulu gan, nanti kalo ada lagi, saya tambahin or masukan dari agan-agan nanti saya taro page one.

cheeers

Tambahan dari kaskuser

Quote:


Quote:


Diubah oleh djarumsuperb 05-10-2015 05:00
0
2.3K
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.