mat_indonAvatar border
TS
mat_indon
Anak Bekas Wapres, Anggota DPR dan Istrinya Dilaporkan Siksa PRT
Home » Metropolitan » Event
Anak Bekas Wapres, Anggota DPR dan Istrinya Dilaporkan Siksa PRT

Jumat, 2 Oktober 2015 17:15


Ilustrasi penyiksaan PRT

WARTA KOTA, SEMANGGI -- Anggota DPR RI, Ivan Haz dan istrinya, Amna, dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh pembantu rumah tangganya, Toipah (20). Pasangan suami istri itu disebut melakukan penganiayaan terhadap Toipah. Dalam laporannya ke Polda Metro Jaya yang bernomor LP/3993/IX/2015/PMJ/Dit.Reskrimum, Toipah mengaku bekerja sejak bulan Mei 2015. Dia digaji Rp 2,2 Juta per bulan. Dia bekerja sebagai pengurus bayi majikannya.

Sejak awal bekerja, Toipah mengaku ponsel dan kartu identitasnya ditahan oleh majikannya. Serta tak diijinkan keluar dari Apartemen ASCOT di Jakarta Pusat, tempat majikannya tinggal. Kemudian, semenjak bekerja, Toipah pun lekas kerap mendapat kekerasa. Pasutri itu sama-sama kerap menyiksanya. Kepalanya kerap dibenturkan ke tembok.

Puncaknya pada 28 dan 29 September 2015, Ivan Haz, majikannya yang anggota DPR melakukan kekerasan berturut-turut. Tanggal 28 September 2015, Ivan Haz memukul pipi kiri dan kanan Toipah. Kemudian pada 29 September 2015, Ivan Haz memukul kuping perempuan asal Brebes, sampai bengkak. Kemudian menendang tangan kiri, kanan, serta punggung Toipah. Dan kepala Toipah dipukul pakai kaleng obat nyamuk sampai berdarah. Akibat penganiayaan itu, Toipah memilih kabur pada Rabu (30/9/2015) dan lekas menuju Polda Metro Jaya untuk melaporkannya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Mohammad Iqbal, membenarkan apa yang diceritakan Toipah dalam laporannya kepada polisi. Bahkan, Toipah juga sudah diperiksa oleh penyidik dari Subit Perlindungan Perempuan dan Anak Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Iqbal melanjutkan, pihaknya selanjutnya akan meminta keterangan saksi-saksi lain untuk melengkapi proses penyidikan. Ditambahkan, penyidik juga perlu mengumpulkan alat bukti untuk melengkapi proses penyidikan tersebut. "Itu kan baru diperiksa, nanti kita periksa dulu saksi-saksi lain," kata Iqbal kepada Wartawan di Polda Metro Jaya, siang tadi.


Ivan Hamzah Haz yang Dilaporkan Aniaya PRT Jarang Muncul di DPR

Jumat, 2 Oktober 2015 | 18:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Fanny Afriansyah atau Ivan Haz adalah anggota DPR yang dilaporkan ke Polda Metro Jaya karena menganiaya pekerja rumah tangga, Jumat. Fanny dikenal sebagai sosok yang tidak aktif di DPR.

Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan ini tidak pernah hadir dalam berbagai rapat dan berbagai kegiatan lainnya di DPR. "Di lingkungan F-PPP, Ivan jarang aktif. Saya sendiri tidak akrab, jadi susah juga menilai," kata juru bicara Fraksi PPP, Arsul Sani, saat dihubungi, Jumat (2/10/2015).

Sejauh ini, Arsul mengatakan, Fraksi PPP belum mengklarifikasi dugaan penganiayaan pekerja rumah tangga (PRT) ini kepada yang bersangkutan. Namun, Fraksi PPP akan melakukan klarifikasi sesegera mungkin.

"Kebetulan juga baru dapat info dari teman-teman jurnalis kemarin," ucapnya.

PPP sendiri, kata Arsul, belum bersikap sampai Ivan terbukti bersalah. PPP mempersilakan Ivan untuk menjalankan proses hukumnya di kepolisian. "Sikap dasar F-PPP adalah mempersilakan siapa pun anggota F-PPP yang disangka melakukan suatu tindak pidana untuk bisa diproses hukum secara adil dan transparan," ucapnya.

Ivan yang merupakan anak mantan Wakil Presiden RI, Hamzah Haz, ini sudah memberikan klarifikasi. Ivan mengakui memang ada masalah antara dia dan PRT yang terakhir bekerja di rumahnya. Namun, dia membantah telah menganiaya PRT itu.

Ivan menjelaskan, PRT yang berinisial T itu ditugaskan untuk menjaga anaknya. Namun, dia teledor dan membuat anak Ivan celaka. "Nah, pas ada kejadian, istri saya marah, malah dia kabur lewat pagar atas yang tinggi. Dia jatuh, luka, bilangnya dianiaya. Kalau luka di kuping, itu (karena) bisulnya pecah," kata Ivan saat dihubungi, Jumat (2/10/2015).

Penulis : Ihsanuddin
Editor : Hindra Liauw

Anggota DPR Sebut PRT-nya Luka karena Kabur dan Bisulnya Pecah, Bukan Dianiaya
Jumat, 2 Oktober 2015 | 17:38 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota DPR bernama Fanny Safriansyah atau Ivan Haz membantah telah menganiaya pekerja rumah tangga (PRT). Ia mengatakan bahwa pembantunya itu mencoba kabur ketika anak Ivan mengalami kecelakaan.

Ivan mengakui, memang ada masalah antara dia dan PRT yang terakhir bekerja di rumahnya. Namun, dia membantah telah menganiaya pembantunya itu. Ia mengatakan bahwa pembantu berinisial T itu ditugaskan untuk menjaga anaknya. Namun, dia teledor dan membuat anak Ivan mengalami kecelakaan.

"Nah, pas ada kejadian, istri saya marah, malah dia kabur lewat pagar atas yang tinggi. Dia jatuh, luka, bilangnya dianiaya. Kalau luka di kuping, itu bisulnya pecah," kata Ivan saat dihubungi, Jumat (2/10/2015).

Anak mantan Wakil Presiden RI ini menyesalkan sikap pembantunya itu. Seharusnya, kata dia, masalah ini bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Sebagai anak salah satu mantan pimpinan negara ini, Ivan mengaku sadar bagaimana caranya bersikap.

"Saya tahu saya siapa. Orangtua saya juga orang baik-baik. Tidak mungkin saya melakukan itu," ucap anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan ini.

T kini dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). T bersama LPSK sudah melaporkan kasus ini ke Polda Metro Jaya.

"Benar, itu laporannya kemarin kita terima dari teman-teman yang membawa PRT berinisial T ke kita. Kini dalam perlindungan LPSK. Korban T mengalami luka pukul di beberapa bagian, seperti kuping dan kepala," kata Wakil Ketua LPSK Lili Pintauli Siregar saat dikonfirmasi, Jumat (2/10/2015).

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Mohammad Iqbal juga membenarkan adanya laporan penganiayaan oleh anggota DPR terhadap PRT ini. (Baca: PRT Laporkan Kerap Dianiaya Anggota DPR)

---
Sungguh anggota dewan yang berpestasi, sangat santun, berpendidikan, anak mantan wapres pula...
ini buktinya, nama beliau masuk ke list orang baik: http://app.orangbaik.org/calon/3511-00-0000-0906

mana mungkin sampai menyiksa pembantu rumah tangga. Paling2 PRTnya itu jatuh kepleset, pas bisul di wajahnya pecah, jadi berdarah deh emoticon-Big Grin
0
3.2K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.