aribandimantraAvatar border
TS
aribandimantra
Tips Terhindar dari Krisis
VIVA.co.id - Tahun 2015, memang menjadi masa yang cukup sulit bagi para pelaku bisnis di Indonesia, termasuk industri otomotif. Selain daya beli masyarakat yang menurun, posisi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang berada di atas Rp14 ribu, membuat beberapa perusahaan merugi, dan beberapa memilih untuk merumahkan karyawannya,
Meski demikian, PT Honda Prospect Motor (HPM), agen tunggal pemegang merek Honda di Indonesia, rupanya tak terlalu khawatir. Sebab, menurut Marketing and Aftersales Service Director HPM, Jonfis Fandy, hingga saat ini, pihaknya belum melakukan pengurangan karyawan.
“Mungkin kalau tidak ada HR-V, memang market kita turun. Tapi karena ada HR-V, itu jadi lumayan. Selain itu, produk-produk kita yang lain, seperti LCGC (mobil murah ramah lingkungan), city car, Jazz, semua (penjualan) lebih baik dari tahun sebelumnya. Dengan begitu, produksi juga bisa tetap jalan,” ujar Jonfis saat ditemui di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat, Rabu 30 September 2015.
***
Berita yang dirilis oleh VIVANews (30/9/2015) tersebut, mengingatkan perihal krisis yang melanda Eropa dan belum usai hingga saat ini. Jerman termsuk negara paling kuat di Eropa dalam menghadapi krisis tersebut. Ane kira, selamatnya para pekerja Honda dari gelombang PHK yang kini melanda dunia industri Indonesia memiliki kesamaan kasus dengan Jerman.



Kita ketahui, tahun 2012, Eropa dilanda krisis hebat yang asal muasalnya bisa dilacak sejak periode tahun 2002-2008 yang disebabkan oleh Ketika Eropa dilanda krisis hebat sejak tahun 2012 yang muasalnya bisa dilacak sejak periode tahun 2002-2008, yakni disebabkan oleh pelonggaran utang dan juga dampak dari globalisasi. Utang beberapa negara di zona Euro menumpuk. Yang paling parah adalah Yunani. Pada 30 Juni yang lalu, Negeri Para Dewa ini, bahkan dinyatakan bangkrut setelah gagal membayar utang (default) kepada Dana Moneter Internasional (IMF). Beberapa negara lain di Eropa yang juga menderita cukup parah akibat krisis adalah Belgia, Portugal, Irlandia, Siprus dan Spanyol.

Jerman merupakan negara paling kuat ketika krisis di Eurozone mengamuk. Jerman adalah negara dengan ekonomi paling besar di Eropa. Ketika Yunani dan para tetangganya sedang berjibaku untuk keluar dari krisis, Jerman tetap tumbuh menjadi cahaya kemakmuran di Uni Eropa. Sebagian besar indikator ekonomi menunjukkan, Jerman bertumbuh untuk menyongsong masa depan ekonomi yang lebih kuat.

Jerman mampu survive dan bahkan menjadi penolong bagi negara-negara Uni Eropa, karena ekonomi Jerman ditopang oleh pertumbuhan ekspor. Jerman mencatat surplus neraca berjalan dengan capaian rekor 215,3 Miliar Euro pada tahun 2014 atau setara 7,4 persen dari PDB. Sebagai perbandingan, pada saat yang bersamaan, Inggris yang merupakan salah satu negara penting di Eropa malah defisit 98 Miliar Euro. Transaksi berjalan ini merupakan indikator penting yang mengukur stabilitas ekonomi yang direngkuh.

Ekspor Jerman yang bersinar didorong oleh sektor manufaktur yang mampu menyerap tenaga kerja. Pengangguran di Jerman bahkan mencatat sejarah berada pada titik terendah sejak reunifikasi, yakni turun menjadi 6,4 persen. Pertumbuhan sektor manufaktur berkontribusi besar menurunkan angka pengangguran di Jerman.



Rahasia mengapa sektor manufaktur Jerman relatif stabil dan bahkan mampu membuat neraca perdagangan Jerman bersinar, ternyata karena Jerman telah melakukan investasi jangka panjang di sektor ilmu pengetahuan. Seperti diketahui, bahwa negara maju selalu identik dengan ilmu pengetahuan. Di negara-negara maju, sains menjadi lokomotif yang menarik berbagai elemen untuk secara bersama-sama memajukan negara tersebut.

Di Jerman, ilmu pengetahuan menjadi pilar ekonomi yang mampu menghasilkan merek-merek raksasa seperti BMW, Bayer, Siemens, Porsch/Volswagen, Bosch , SAP dan DaimlerChrysler. Perkembangan ilmu pengetahuan yang bisa ditelusuri dari kampus-kampus yang berusia cukup tua di Jerman, menghasilkan mekanik-mekanik andal berkelas dunia. Mereka menciptakan, menjual dan mengekspor teknologi berbasis ilmu pengetahuan yang selalu dibutuhkan umat manusia.

Maka ketika kondisi ekonomi dunia labil, kebutuhan akan barang mentah atau barang setengah jadi ditahan. Sementara kebutuhan manusia akan barang berteknologi tinggi, sulit untuk dihentikan seperti Honda yang tak kekurangan permintaan mobil sehingga bisa tetap beroperasi tanpa mem-PHK karyawan.

Ihwal kedigdayaan Jerman di bidang ilmu pengetahuan, ini pula yang mengilhami Jepang pasca kalah Perang Dunia II untuk mengirimkankan anak-anak muda mereka belajar di Jerman. Hingga kini, Jerman menjadi negara DESTINASI STUDI TERBAIK KEDUA DI EROPA setelah Inggris dan TERBAIK KEEMPAT DI DUNIA setelah Amerika Serikat, UK dan Australia.

Bahkan Jerman disebut sebagai The Power Of Asia karena sepertiga pelajar asing di Jerman merupakan pelajar dari Asia. Jerman adalah kiblat ilmu pengetahuan Asia. Pelajar terbanyak datang dari China. Hingga tahun 2011, pelajar China di Jerman tercatat sebanyak 22.828 orang dengan angka yang terus naik.

China yang tumbuh ajaib menjadi negara dengan kekuatan ekonomi dan perkembangan teknologi yang ditopang oleh ilmu pengetahuan. Hal tersebut tak lepas dari dukungan Jerman secara tidak langsung melalui transformasi jalur ilmu pengetahuan. Pada titik ini, kita kemudian menemukan alasan mengapa ilmu pengetahuan memiliki nilai kapitalisasi besar bagi sebuah bangsa.


Sumber :
VIVANews : http://otomotif.news.viva.co.id/news...rkat-mobil-ini
Metro TV : http://otomotif.metrotvnews.com/read...is-di-februari
Forbes : http://www.forbes.com/lists/2005/183/Rank_1.html
Investopedia : http://www.investopedia.com/articles...an-economy.asp
The New York Times : http://www.nytimes.com/2012/02/17/bu...many.html?_r=0
http://topics.nytimes.com/top/refere...sis/index.html
The Guardian : http://www.theguardian.com/business/...against-grexit
BBC News : http://www.bbc.com/news/business-13856580
http://www.bbc.com/news/world-europe-33408466
Diubah oleh aribandimantra 01-10-2015 04:07
0
2.3K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.