Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kennaannexAvatar border
TS
kennaannex
Encrypt dan Descript Pi
Encrypt dan Descript Pi

Seberapa jauh Agan mampu mendeskripsikan Pi? 3.14, 3.1415, 3.14159265359, atau bahkan lebih? Adakalanya Agan mesti mampu mengakui batas kesanggupan menghafal Pi. Bukannya sombong, ya. Di sini ane mampu hanya sekitar barisan lima angka awal saja. Itu pun mesti tiga puluh kali pengulangan. Selebihnya, esok hari barang kali, bisa lupa dan mesti punya catatan buat jaga-jaga -jika sewaktu-waktu disuruh guru. Mohon dimaklum, ane tipikal orang yang agak mempunyai kendala dalam menghafal, jika tidak mau dikatakan bego bangat dalam hafalan.

Lanjut.

Sebelumnya, kita mampir dulu ke Geometri.
Encrypt dan Descript PiEncrypt dan Descript Pi

Di sekolah kadang kita (kalau protes gak mau gabung biar ane sendiri, itu pun kalau ngerasa yang sekolah cuma ane), nyerempet ke pembahasan cara menghitung volume, dalam hal ini sebut saja lingkaran. Konon, zaman dahulu sudah ada beberapa orang yang mencoba menghitung volume lingkaran yang paling akurat. Sebut saja usahanya si Antiphon (kurang lebih 430 SM) yang telah mencoba menghitung luas lingkaran dengan cara memasukkan segitiga sama kaki ke dalam lingkaran.
Encrypt dan Descript PiEncrypt dan Descript Pi

Agan cukup membayangkan saja bagaimana sebuah lingkaran berisi segitiga besar, yang sudah dihitung luasnya, berada tepat di dalam lingkaran, untuk kemudian setiap sisi luar segitiga tersebut diisikan segitiga-segitiga lain yang kian pinggir semakin kecil demi memenuhi ruang yang ada di lingkaran tersebut. Namun, agaknya si Antiphon telah memulai sebuah pemecahan yang akan membuat kepalanya semakin pecah, karena di usahanya memenuhi lingkaran dengan segitiga-segitiga, timbul ruang-ruang kecil di pinggiran lingkaran yang tidak bisa persisi penuh diisi oleh segitiga-segitiga anehnya tersebut. Aneh bin rumit saja, seperti membuat petaka untuk diri sendiri di ujungnya. Moralnya: hitung dulu langkah Agan dari rumah ke sekolah agar tidak nyasar dan mampir ke tempat-tempat aneh yang bakal nanti pada ujungnya dimarahi guru dan calon bini.

Di lain pihak, ada lagi percobaan dari Archimedes (kurang lebih 287-212 SM), yang mencoba menghitung luas lingkaran dengan pendekatan polygon. Setahu ane dulu waktu esde diajarin bagaimana membuat lingkaran dari bentuk polygon, atau sebaliknya dengan bantuan jangkar dan penggaris. Agan tentu masih ingat, berhubung ane juga lupa di kelas berapa tepatnya. Nah, si Archimedes, melalui pendekatan polygon, dengan menggandakan tiap sisinya menjadi 96, ini mampu membeli lunas luas lingkaran seharga kurang dari 3 1/7 dan lebih besar dari 3 10/71.

Encrypt dan Descript Pi


Di sini, ada perbedaan mendasar antara pendekatan Antiphon dan Archimedes, karena keduanya benar mengandalkan segitiga di dalam lingkaran, adalah pada tepat letak dan bentuk segitiganya. Singkatnya, milik Antiphon seperti berlian bulat yang memiliki potongan-potongan segitiga di dalamnya, sedangkan Archimedes persis seperti susunan rantai ban sepeda akibat pengembangan sisi polygon yang diusahakan. Sepadat yang mampu ia usahakan untuk menghitung luas lingkarannya. (lihat: hasil yang telah ia dapatkan di atas)

Ke pembahasan….

Lalu bagaimana menghitung Pi dengan cara yang paling sederhana?

Pertama-tama Agan mesti membariskan 4 lingkaran yang sama besar, atau dalam tiap jarak yang mampu diisi oleh lingkaran yang sama besar. Di setiap lingkaran, pasang garis pembatas. Dimulai dari 1, 2, 3, dan 4. Singkatnya, di setiap jarak 1 dan 2, dan seterusnya terdapat lingkaran yang sama persis besaran volumenya.

Encrypt dan Descript Pi

Hingga...

Encrypt dan Descript Pi

Gunakan satu lingkaran lain, secara imajiner anggap seperti ban sepeda, berada tepat di tengah-tengah angka 1. Perhatikan bahwa di sini kita akan menghitung jejak keliling lingkaran yang akan melaju dari garis 1, 2, hingga seterusnya.

Encrypt dan Descript Pi

Seperti pada gambar berikut...

Encrypt dan Descript Pi

Kemudian....

Encrypt dan Descript Pi

Semakin roda tersebut menggelinding hingga mendekati angka 4, maka ujung poin start jejak kelilingnya akan berhenti di angka 3 lewat sedikit.

Encrypt dan Descript Pi

Dan pada akhirnya...

Encrypt dan Descript Pi

Nah, garis jejak putaran roda berhenti di angka 3 lewat sedikit ini telah menyinggung penjabaran Pi secara sederhana, sebagaimana mengupas pendekatan sederhana susunan yang telah diusahakan oleh Archimedes di atas.


Diubah oleh kennaannex 27-09-2015 16:02
0
2.1K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.