hatersmscstudioAvatar border
TS
hatersmscstudio
Tips Meredam Suara: Part 2 – Berbagai Macam Metode Pembuatan Peredam Suara
Spoiler for Logo:

Halo semuanya, saya Kevin dari CV. Horison 2 Cakra, kembali lagi dengan thread ke-2 saya yang akan membahas seputar berbagai macam metode pemasangan peredam suara untuk studio, home theater, karaoke room, mixing/recording room, dll. Sebelum masuk ke pembahasan lebih dalam ada baiknya saya memberitahukan bahwa berbagai macam metode pembuatan peredam suara yang akan saya share lebih jauh ini tentunya disesuaikan dengan budget, tenaga kerja dan kebutuhan studio Anda sendiri. Disini kita akan membahas secara garis besar kelebihan dan kekurangan berbagai metode pembuatan peredam yang saya bantu dengan gambar-gambar agar Anda lebih jelas. Semetara untuk tahapan pemasangannya lebih lanjut akan saya bahas satu per satu secara detail di thread saya berikutnya.

Berdasarkan pengalaman saya, secara konseptual ada 3 cara membuat peredam ruangan yaitu sbb:
1. Metode Rangka;
2. Metode Panel Studio; dan
3. Metode Non Rangka.

1. Metode Rangka:
Metode pembuatan peredam suara dengan perangkaan merupakan metode paling umum dalam pembuatan studio. Metode ini menggunakan besi hollow sebagai rangka yang menahan Rockwool (atau jenis peredam lainnya) agar dapat menempel di dinding. Pengerjaan metode ini dilakukan dengan membuat potongan hollow untuk rangka vertical dan rangka horizontal sehingga terbentuklah blok-blok (biasanya berukuran 60 x 120 cm) untuk selanjutnya dipasang peredam dalam blok hollow tersebut. Metode ini dapat dipersimple dengan hanya memasang hollow secara vertical lalu memasang rockwool dengan menggunakan spindle pin yang ditempel ke dinding sebagai pengganti rangka horizontal.

Setelah rockwool terpasang, baru ditutup dengan bahan acoustic seperti misalnya Yumen Acoustic Board. Mengapa disarankan menggunakan bahan acoustic dan Rockwool, penjelasannya bisa dibaca di thread saya sebelumnya TIPS MEREDAM SUARA: Part 1 Meredam Suara Atau Memperindah Suara? . Kembali lagi ke masalah penyesuaian budget, Anda dapat menggunakan Gypsum untuk menutup lalu ditutup kembali dengan wallpaper, busa telur, karpet atau kain sofa (tergantung preferensi Anda), akan tetapi hasil kurang maksimal karena gypsum yang merupakan benda padat tidak bagus untuk acoustic. Bila Anda masih ada budget tersisa lebih baik menggunakan acoustic foam/diffuser untuk memperindah acoustic dalam ruangan Anda.

Berikut tahapan pemasangannya (Gambar dengan menggunakan Yumen Acoustic Board):
Spoiler for Tahapan Perangkaan Studio:


Spoiler for Penutupan Partisi Peredam dengan Gypsum:


Spoiler for Penutupan dengan Acoustic Board:


Spoiler for Pintu Di Double:


Kelebihan:
1. Hasil pengerjaan lebih rapih, dapat variasikan dengan kebutuhan interior lainnya misalnya Anda ingin memasang kaca pada studio Anda, kaca tersebut dapat dipasang menempel ke Rangka.

Kekurangan:
1. Tingkat kesulitan pengerjaan menengah dan memerlukan waktu yang lama (pada dasarnya tergantung banyak sedikitnya tukang Anda). Masalah waktu pengerjaan tidak akan saya jadikan kelebihan atau kekurangan karena itu tergantung pada banyak sedikitnya tenaga kerja Anda.
2. Bila Anda ingin memindahkan studio Anda, maka rangka hollow sudah pasti tidak dapat di gunakan lagi, kecuali dimensi studio Anda yang baru sama dengan yang ada sekarang.
3. Ini yang menjadi konsentrasi sebagian besar orang, memakan biaya material yang besar. Untuk membuat rangka yang kuat, kita harus menggunakan hollow dengan ketebalan min. 0.5 mm ke atas, sehingga tidak mudah rusak bila tertekan/bersandar, dan tentu saja harga hollow ddengan min tebal 0.5 mm lebih mahal dari pada 0.3 mm. Belum lagi skrup gypsum, lem aibon untuk merekatkan karpet pada gypsum, atau anda meggunakan wallpaper, maka keluar biaya untuk wallpaper.

2. Metode Panel Studio
Metode panel studio adalah pembuatan peredam studio dengan menggunakan blok-blok panel peredam. Ada 2 tipe pemasangan panel peredam yaitu: (1) Rangka Mati dan (2) Rangka Lepas. Terus terang saja, saya suka metode ini karena hasilnya paling rapih, mudah dibersihkan dan bersifat portable, tapi kembali lagi ke budget, paling besar juga loh, hehe…

Metode Studio Panel denga Rangka Mati pada dasarnya sama dengan Metode Rangka, kita terlebih dahulu membuat blok-blok dengan rangka hollow atau kalau mau lebih classic view bisa menggunakan rangka kayu. Setelah rangka terpasang, anda tinggal memasang rockwool yang sudah dibungkus dengan karpet atau kain sofa (tergantung preferensi Anda) ke blok-blok rangka tersebut.

Metode Studio Panel Rangka Lepas berbeda dengan Rangka Mati. Pada rangka lepas, terlebih dahulu dikerjakan rangka yang terisi Rockwool, lalu ditutup karpet kemudian dipasangkan ke dinding, besarnya setiap rangka menyesuaikan dengan dimensi ruangan. Biasanya panel ini tidak lagi ditutup gypsum, sehingga fungsi acoustic dalam ruangan lebih bagus, karena tidak ada pantulan suara ke benda keras seperti gypsum. Semua suara yang keluar dari sound langsung diabsorb oleh peredam. Sayangnya saya tidak punya gambar studio yang sudah terpasang dengan metode ini, tapi berikut adalah contoh-contoh panelnya:

Spoiler for Panel Rangka Mati:


Spoiler for Panel Rangka Lepas:

Kelebihan:
1. Paling Rapih, dapat divariasikan dengan kebutuhan interior ruangan Anda.
2. Mudah dibersihkan, tinggal dicabut dari rangka atau penahan, kemudian di vacuum/sikat misalnya, lalu di temple lagi ke dinding.
3. Portable, dapat digunakan kembali apablia mau pindah studio, tinggal menyesuaikan saja dengan dimensi ruangan yang baru.

Kekurangan:
1. Pada pemasangannya tentunya anda memerlukan tukang, tapi pengerjaan panel itu sendiri membutuhkan tenaga ahli, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih besar. Biasanya orang yang mengerjakan panel menghitung harga panel per meter persegi atau per blok sudah berikut harga pemasangannya.

3. Metode Non-Rangka:
Inilah metode yang sebagian orang tidak ketahui, padahal ini juga lah metode yang menghilangkan momok orang yang ingin membuat studio yaitu permasalahan takut budget terlalu besar dan kesulitan dalam mengerjakannya. Metode Rangka sendiri sudah saya aplikasikan di studio saya dan sekaligus saya fungsikan sebagai studio sample untuk sharing dengan orang-orang yang ingin membuat studio dengan low budget dan mudah pengerjaannya.

Metode ini hanya memerlukan Rockwool, spindle pin beserta lemnya, lalu ditutup dengan karpet atau bahan sofa (tergantung preferensi Anda). Alat yang digunakan pun hanya gunting dan lem saja untuk menempelkan spindle pin dan karpet bawah. Metode ini dimulai dengan membuat titik-titik disepanjang dinding Anda. Dimana di titik-titik tersebutlah akan menempel spindle pin, setelah semua spindle pin terpasang, tusuk Rockwool ke spindle pin Anda, lapisi dengan karpet, pasang topi spindle lalu tekuk spindle pin Anda untuk menjepit Rockwool dan karpet tadi. Pengerjaan peredam di bagian plafond pun sama seperti di sisi-sisi dinding. Berikut adalah hasilnya:

Spoiler for Metode Non-Rangka:

Kelebihan:
1. Low budget dan mudah dalam pemasangannya. Bayangkan saja, Anda tidak perlu membeli rangka hollow, gypsum, skrup gypsum, wallpaper, dll. Bila anda punya waktu luang, Anda sendiri dengan bantuan teman bisa mengerjakannya, karena pengerjaan yang hanya menempel dan menutupi dengan karpet termasuk pekerjaan yang simple.
2. Full peredam, tidak ada bagian dari dinding Anda yang terisi oleh rangka, sehingga kualitas peredam Anda lebih baik
3. Bersifat portable, bila ingin pindah studio Anda tinggal mencabut spindle pin Anda dari tembok, lalu menempelnya kembali di studio baru Anda. Rockwool dan karpetnya pun dapat dipergunakan lagi karena karpet tidak direkatkan dengan lem Aibon, sehingga tidak rusak ketika dicabut.

Kekurangan:
1. Kurang dapat divariasikan karena variasi interior Anda tidak dapat menggantung di Rangka Hollow, paling hanya bisa dipajang lukisan saja.

Sekian tips ke-2 dari saya, tunggu tips-tips berikutnya.

INGIN MEMBUAT STUDIO? INGIN MEMBELI BAHAN-BAHANNYA?
Beragam Rockwool, Glasswool, Spindle Pin, Yumen Accoustic Board, dll.

Hub:
CV. Horison Dua Cakra
Jl. Utama I Bakhita Deplu No. 83D
Kel. Pondok Karya Kec. Pondok Aren
Bintaro – Tangerang Selatan 15225
CP : Kevin (085691044837 or 08111929517, pin BB: 270CA147)
Diubah oleh hatersmscstudio 07-04-2015 09:29
0
32.9K
89
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Help, Tips & Tutorial Music
Help, Tips & Tutorial MusicKASKUS Official
3.9KThread1.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.