Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ridh01Avatar border
TS
ridh01
Hanggar Pesawat Terbesar Sejagat Milik Garuda Maintenance Facility Indonesia
Semangat Pagi Agan2...

Menilik berita terbaru kali ini, kita akhirnya bisa bernafas dengan lega juga...selain LAPAN bisa meluncurkan satelit di sisi yang lain Garuda Indonesia sudah membuka hanggar pesawat milik Garuda Indonesia di bawah anak perusahaannya Garuda Maintenance Facility (GMF).

[SPOILER=Hanggar Pesawat Terbesar Sejagat Milik Garuda Maintenance Facility Indonesia][/SPOILER]

Merdeka.com - Anak usaha PT Garuda Indonesia, PT. Garuda Maintenance Facilities (GMF) AeroAsia resmi menambah kapasitas perawatan pesawat melalui pembangunan hanggar baru pesawat berbadan kecil (narrow body). Berlokasi di kawasan Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, hanggar ini memiliki luas 67.022 m2.

Direktur Utama GMF, Richard Budihadianto mengatakan, pembangunan hanggar baru yang dinamakan hanggar 4 dikerjakan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Hanggar pesawat berbadan kecil ini jadi terbesar di dunia, mengalahkan hanggar yang sama milik Turkish Technic di negara Turki.

Adapun konsep desain Hanggar 4 adalah tipe butterfly, terdiri dari dua wing dan area perkantoran serta workshop di bagian tengah.

"Konsep ini berangkat dari keinginan untuk memiliki hanggar berstandar internasional dengan desain yang kreatif. Selain itu, dari sisi operasional juga dipandang lebih efektif karena movement pesawat lebih flexible," ujar Richard saat acara 'Peresmian Hanggar 4 Garuda Indonesia' di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (28/9).

Menurutnya, desain hanggar 4 memiliki konsep ramah lingkungan dengan diwujudkan dalam konstruksi khusus pada bagian-bagian hanggar 4, seperti skylight pada atap dan kaca panasap pada sisi samping hanggar untuk memaksimalkan pencahayaan, lantai 2 (kantor) curtain wall dengan tipe kaca laminated untuk memaksimalkan sirkulasi cahaya dengan kesan modern dan transparan, kisi-kisi alumunium yang berfungsi untuk meminimasilir turbulensi udara, bentuk yang tumpul pada sudut atap untuk membantu mengalirkan udara agar tidak terjadi benturan keras pada fasad, serta pengguna Metal Halide (MH) lamps pada hanggar untuk menghasilkan warna putih dengan kualitas baik dan konsumsi listrik yang rendah.

"Kami berharap ke depannya hanggar 4 ini mendapat Sertifikasi Green Building oleh Green Building Council Indonesia, dan diikuti oleh sertifikasi internasional," jelas dia.

Luas area hanggar 4 adalah 67.022 m2 dengan 64.000 m2 area produksi dan 17.600 m2 area perkantoran terletak di lantai dua hanggar. Kapasitas hanggar 4 dapat merawat 16 pesawat berbadan kecil/narrow body secara bersamaan dengan satu bay untuk fasilitas painting pesawat.

Aktivitas di hanggar 4 meliputi pekerjaan perawatan ringan maupun berat, modifikasi winglet, perbaikan struktur, modifikasi interior pesawat, pengecatan dan perawatan lainnya.

Penambahan kapasitas hanggar 4 dilatarbelakangi atas dukungan GMF terhadap program Quantum Leap Garuda yang akan mengoperasikan pesawat berbadan kecil/narrow body, regional jet dan pesawat turboprop sebanyak 241 pesawat milik Garuda Indonesia di tahun 2020 dan menangkap pasar perawatan pesawat berbadan kecil/narrow body di domestik dan regional Asia Pasifik yang akan menjadi pemimpin pasar perawatan pesawat terbesar untuk lima tahun ke depan.

Terima kasih para pejuang tanpa batasemoticon-I Love Indonesia (S)
0
3.1K
15
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.