Trotoar di Indonesia, antara hak pejalan kaki dengan kenyataan yang ada
TS
scarlet.needle
Trotoar di Indonesia, antara hak pejalan kaki dengan kenyataan yang ada
Apa yang agan pikirkan ketika melihat gambar di atas?
Mungkin sebagian berpikir bahwa alangkah nyamannya jika kita berjalan kaki di trotoar seperti itu,
Namun pertanyaan selanjutnya dari ane, "Kenapa agan-agan berpikir bahwa alangkah nyamannya berjalan kaki di trotoar seperti itu? Memang trotoar itu ya untuk pejalan kaki bukan untuk yang lain.
Arti trotoar menurut wikipedia:
Quote:
Trotoar adalah jalur pejalan kaki yang umumnya sejajar dengan jalan dan lebih tinggi dari permukaan perkerasan jalan untuk menjamin keamanan pejalan kaki yang bersangkutan.
Para pejalan kaki berada pada posisi yang lemah jika mereka bercampur dengan kendaraan, maka mereka akan memperlambat arus lalu lintas. Oleh karena itu, salah satu tujuan utama dari manajemen lalu lintas adalah berusaha untuk memisahkan pejalan kaki dari arus kendaraan bermotor, tanpa menimbulkan gangguan-gangguan yang besar terhadap aksesibilitas dengan pembangunan trotoar.
Perlu tidaknya trotoar dapat diidentifikasikan oleh volume para pejalan kaki yang berjalan dijalan, tingkat kecelakaan antara kendaraan dengan pejalan kaki dan pengaduan/permintaan masyarakat.
Penjelasan Hukum Trotoar:
Quote:
Trotoar merupakan salah satu fasilitas pendukung penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan di antara fasilitas-fasilitas lainnya seperti: lajur sepeda, tempat penyeberangan pejalan kaki, halte, dan/atau fasilitas khusus bagi penyandang cacat dan manusia usia lanjut sebagaimana yang dikatakan dalam Pasal 45 ayat (1) Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UU LLAJ”).
Penyediaan fasilitas-fasilitas pendukung (termasuk trotoar) di atas diselenggarakan oleh pihak pemerintah bergantung pada jenis jalan tempat trotoar itu dibangun [Pasal 45 ayat (2) UU LLAJ]:
a. Untuk jalan nasional, diselenggarakan oleh pemerintah pusat;
b. Untuk jalan provinsi, diselenggarakan oleh pemerintah provinsi;
c. Untuk jalan kabupaten dan jalan desa, diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten;
d. Untuk jalan kota, diselenggarakan oleh pemerintah kota;
e. Untuk jalan tol, diselenggarakan oleh badan usaha jalan tol.
Penting diketahui, ketersediaan fasilitas trotoar merupakan hak pejalan kaki yang telah disebut dalam Pasal 131 ayat (1) UU LLAJ. Ini artinya, trotoar diperuntukkan untuk pejalan kaki, bukan untuk orang pribadi.
Lebih lanjut dikatakan dalam Pasal 25 ayat (1) huruf h UU LLAJ bahwa setiap jalan yang digunakan untuk lalu lintas umum wajib dilengkapi dengan perlengkapan jalan, yang salah satunya berupa fasilitas pendukung kegiatan lalu lintas dan angkutan jalan yang berada di jalan dan di luar badan jalan. Ini artinya, sebagai salah satu fasilitas pendukung jalan, trotoar juga merupakan perlengkapan jalan.
Masih berkaitan dengan trotoar sebagai perlengkapan jalan, berdasarkan Pasal 28 ayat (2) UU LLAJ, setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi perlengkapan jalan.
Ada 2 (dua) macam sanksi yang dapat dikenakan pada orang yang menggunakan trotoar sebagai milik pribadi dan mengganggu pejalan kaki:
1. Ancaman pidana bagi setiap orang yang mengakibatkan gangguan pada fungsi perlengkapan jalan adalah dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000,00 (dua puluh empat juta rupiah) (Pasal 274 ayat (2) UU LLAJ); atau
2. Setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi Rambu Lalu Lintas, Marka Jalan, Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, fasilitas Pejalan Kaki, dan alat pengaman Pengguna Jalan, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) (Pasal 275 ayat (1) UU LLAJ).
Selanjutnya kami juga akan menjawab pertanyaan Anda berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan (“PP Jalan”). PP Jalan ini salah satunya mengatur tentang bagian-bagian jalan yang meliputi ruang manfaat jalan, ruang milik jalan, dan ruang pengawasan jalan (Pasal 33 PP Jalan).
Berdasarkan Pasal 34 ayat (1) PP Jalan, ruang manfaat jalan meliputi badan jalan, saluran tepi jalan, dan ambang pengamannya. Lebih lanjut, ruang manfaat jalan itu hanya diperuntukkan bagi median, perkerasan jalan, jalur pemisah, bahu jalan, saluran tepi jalan, trotoar, lereng, ambang pengaman, timbunan dan galian, gorong-gorong, perlengkapan jalan, dan bangunan pelengkap lainnya [Pasal 34 ayat (3) PP Jalan].
Fungsi trotoar pun ditegaskan kembali dalam Pasal 34 ayat (4) PP Jalan yang berbunyi:
“Trotoar sebagaimana dimaksud pada ayat (3) hanya diperuntukkan bagi lalu lintas pejalan kaki.”
Hal ini berarti, fungsi trotoar tidak boleh diselewengkan dengan cara apapun, termasuk dimiliki secara pribadi dengan alasan trotoar hanya diperuntukkan bagi lalu lintas pejalan kaki.
Agan-agan sudah baca kan penjelasan di atas. Namun ane paham kondisi di negara ini seperti apa.....
Mereka menggunakannya untuk berdagang:
Spoiler for :
Menjadi lahan kehidupan bagi PKL:
Spoiler for :
Spoiler for :
Tidak cuma PKL, yang kaya dan sudah punya toko saja juga seperti ini:
Spoiler for :
Memang hampir sebagian besar trotoar di negeri ini digunakan untuk tempat berdagang
Namun ternyata tidak hanya untuk berdagang tapi juga untuk lahan parkir:
Spoiler for :
Bahkan mungkin ini hanya terjadi bagi yang tinggal di Jabodetabek:
Spoiler for :
Sangat mengerikan
Lantas jika seperti ini salah siapa?
Quote:
Menurut ane ada dua pihak yang harus disalahkan, yaitu masyarakat (kita sendiri) dan Pemerintah (selaku aparat)
Kenapa?
Masyarakat (kita) harus sadar dan pahamklo trotoar itu memang hak bagi pejalan kaki. Janganlah kita mengambil hak orang lain untuk mencari rezeki alias berdagang atau dengan menjadikan tempat parkir. Secara agama menurut ane sudah pasti kita bakalan dosa. Selain kita mengambil hak orang lain, apakah kita sadar telah membahayakan pejalan kaki? Dengan menjadikan trotoar itu menjadi tempat berdagang maka otomatis para pejalan kaki bisa jalan di sisi jalan raya. Apakah itu tidak membahayakan mereka?
Pemerintah juga harus mengerti bahwa sudah ada landasan hukumnya, maka mereka harus menegakkan hukum yang berlaku. Apalah artinya sebuah aturan/hukum jika tidak dijalankan. Hanya sebagai hiasan atau sekedar punya-punya? Untuk para penegak hukum juga artinya mereka tidak menjalankan tugasnya sebagai penegak hukum. Makan gaji buta dong. Akhirnya mereka juga dapet dosa juga.
Yuk mari kita masing-masing saling memupuk rasa kesadaran akan fungsi dari trotoar itu sendiri sambil kita juga terus mengingatkan dan mendorong Pemerintah agar menegakkan hukum/aturan yang ada.
Jika semuanya bisa dilakukan ane yakin semuanya akan menghasilkan sesuatu yang baik.
Ane yakin jika kita bersama-sama di seluruh kota Indonesia trotoarnya bakal seperti ini: