Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

awi87Avatar border
TS
awi87
Sewa heli Rusia padamkan kabut asap Riau, pemerintah rogoh Rp 60 M
Merdeka.com - Selama sebulan sejak Juli hingga Agustus 2015, penanganan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan melanda Provinsi Riau menelan biaya hingga Rp 60 miliar. Duit itu dipakai buat menyewa helikopter Kamov dari Rusia buat keperluan bom air buat memadamkan api dan rekayasa cuaca atau Teknik Modifikasi Cuaca (TMC).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edward engasr, Sabtu (29/8), mengatakan, biaya sewa helikopter buat bom air memang cukup mahal.

"Jika Heli yang disewa BNPB untuk bom air sekitar Rp 150 juta per jam, maka dalam sebulan terakhir ini sudah mengeluarkan biaya sekitar Rp 60 miliar," kata Edward engasr saat dihubungi merdeka.com melalui telepon selulernya.

Dikatakan Edward, sistem pembayaran sewa helikopter dari negeri beruang merah itu dengan menggunakan Dollar Amerika Serikat. Sebelum nilai tukar dollar naik, harga sewa hanya Rp 150 juta. Selepas Dollar AS nilainya di atas Rp 14 ribu, harga sewa helikopter ikutan melejit hingga Rp 190 juta per jam.

"Sebelum dollar naik, harga sewa heli itu sekitar USD 14 ribu atau Rp 150 juta, karena dollar naik, harga sewa heli pun juga ikut naik. Karena memang mahal menyewa heli dari luar negeri itu," ujar Edward.

Meski demikian, kondisi kabut asap di Riau sampai saat ini masih tampak tebal. Jarak pandang kendaraan di kota pun terbatas. Sebab masih ada titik api yang belum padam di sejumlah lokasi.

Bahkan, tim pemadam kebakaran dari BNPB yang menggunakan helikopter Kamov tidak berani terbang terlampau tinggi lantaran khawatir dengan jarak pandang terbatas.

"Hari ini, terpantau 47 titik api di enam kabupaten propinsi Riau. Kabut asap berasal dari kiriman provinsi tetangga dan dari Riau sendiri," ucap Edward.

Dari pengamatan merdeka.com, tahun ini bencana kabut asap akibat ulah manusia yang membakar lahan sudah terjadi dua kali. Proses hukum terhadap pelaku kebakaran lahan pun tampaknya tidak memberi efek jera.

"Hari ini, sudah 3 heli yang melakukan upaya pemadaman. Satu heli Kamov untuk bom air, satu heli Sikorsky juga untuk bom air, dan satu pesawat Cassa Pelita Air diterbangkan untuk rekayasa cuaca (TMC)," tutup Edward.

sumber

sebaiknya dibeli daripada selalu menyewa harga Kamov Ka-32A nya cuma $ 5.2 - $ 6.5 juta atau setara 72 miliar rupiah - 91 miliar rupiah (dengan kurs Rp. 14.000/per dollar)
harga pesawat

bandingan dengan biaya sewa 60 miliar, sangat merugikan sekali, kalau mampu beli buat apa sewa? tinggal tambah 12 miliar-31 miliar rupiah

cph (cost per hour) kamov 32 / biaya per jam 6000 euro = Rp. 94.653.234 (catatan rental pesawat di spanyol)

harga sewa kamov 32 di spanyol

kalau biayanya saja mendekati 60 milyar berarti sudah terbang sekitar 633 jam lebih / 26 hari (jika terbang 24 jam setiap hari)
Diubah oleh awi87 30-08-2015 03:56
0
2.3K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.