Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

.admin...Avatar border
TS
.admin...
Salah Arab , Fahri Hamzah sebut regulasi jumroh tak diatur oleh pemerintah Saudi
Salah Arab , Fahri Hamzah sebut regulasi jumroh tak diatur oleh pemerintah Saudi

Merdeka.com - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah meminta pemerintah Indonesia untuk mendesak Arab Saudi membicarakan penyelenggaraan haji secara bersama-sama. Hal tersebut didasari dari dua kecelakaan yang terjadi saat ibadah haji tahun ini, jatuhnya crane di Masjidil Haram, Mekkah dan tewasnya ratusan orang di Mina akibat desak-desakkan.

"Saya patut mengapresiasi bahwa amirul haj dan menteri agama kita yang cukup berani menyentil pemerintah Saudi dalam sambutan menjelang wukuf kemarin maka tentu ini harus diteruskan," kata Fahri dalam siaran pers yang diterima merdeka.com, Kamis (24/9).

Secara kronologis, lanjut Fahri, tragedi Mina mungkin terjadi akibat penumpukan yang seolah tidak diatur dan tidak bisa dihindari dalam menjalankan setiap prosesi ibadah haji. Hanya prosesi wukuf di Arofah yang disepakati sebagai titik di mana seluruh jamaah haji dari seluruh negara dan mazhab berada di padang Arofah pada tanggal 9 dzulhijjah (Rabu, 23 September 2015).

"Maka selanjutnya, apa yang terjadi setelah Arofah tidak diatur regulasinya, tidak dikomunikasi secara ketat dan diserahkan pada masing-masing negara dan bahkan masing-masing jamaah," paparnya.

Fahri sendiri yang saat ini berada di Arab Saudi menambahkan, pihak yang berwajib telah menutup akses ke lokasi kejadian. Akibat penutupan itu, Fahri dan rombongan pengawas haji asal Indonesia tidak dapat melihat langsung lokasi.

Politikus PKS itu menambahkan, ia dan pihak amirul haj terus berkoordinasi dengan rumah sakit setempat untuk mengidentifikasi korban dari pihak Indonesia. Ia berharap tidak ada jamaah Indonesia dalam kejadian tersebut.

"Semoga tidak ada korban dari pihak Indonesia di luar satu nama yang disebutkan oleh pihak kementerian luar negeri kita siang ini," ujarnya.
http://www.merdeka.com/peristiwa/fah...tah-saudi.html

Semoga korban diterima hajinya emoticon-Berduka (S)
0
2.5K
23
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.