Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

.caklontong.Avatar border
TS
.caklontong.
[ASK]Beli Rumah/Apartement tp ngga lewat KPR (Cicil langsung ke Developer)
Gan, kenapa yah kok jarang banget sistem kredit property yang tanpa melibatkan bank/kpr? kan sangat memudahkan jika kita bisa langsung cicil ke develop aja. ada sih, tp ane lihat cuma 1 atau 2 develop yg berani jual dengan sistem kayak gitu (pernah lihat promonya di salah satu perumahan di bogor, sama apartemen royal mutiara di sidoarjo kalo ga salah), tp sayang lokasinya jauh dr kota ane.

ane di solo, usia 28 thn, uda punya istri dan 1 anak, penghasilan alhamdulillah rutin 7-8 jt/bulan (cukup buat hidup dan nabung di kota murah solo). tp sayang mustahil banget buat bisa ngajuin kpr, karena ane bukan karyawan, hanya usaha aja, dan bidang usahanyapun ngga keren sama sekali (hanya jualan online). ga mungkin lah istilahnya dibiayai bank (walaupun cashflow rekening lumayan baik).

sebenernya sih gregeten juga sih sama bank. karena pada dasarnya kita KPR kan sertifikat mereka yg nahan, sekali kita macet, kan mereka bisa lelang rumahnya. mereka ngga akan dirugikan, tp kok ketat amat ya syarat buat ngajuin kpr..

oleh karena itu solusi punya rumah buat ane cuman ada 2. nabung (dan selama uang blm terkumpul ane harus kontrak2 rumah), dan nyari model perumahan/rusun yang bisa langsung cicil ke develop.

yang ane tahu, rata2 cicil langsung ke developer ini tenor nya pendek, tp ada juga yg lama sampe 10-15 tahun.. cuma, yang jd keunggulannya, mereka non survey dan tanpa butuh slip gaji, asal bawa kk dan ktp aja udah pasti 100% disetujui dan bisa pilih unit.. karena bagi mereka toh sertifikatnya masi di mereka jd klo ada macetnya tinggal dilelang.

contoh yg paling anget dan bikin ngiri (bulan ini launching) adalah programnya bupati sidoarjo yg bikin apartemen royal mutiara tp hanya untuk warga ktp sidoarjo aja. promonya:
- 100% diacc, syarat hanya ktp dan kk sidoarjo
- Harga unit hanya 200 jt
- DP 15 juta aja dan diangsur 30x500 rb
- setelah DP lunas baru ngangsur 1,25-2 jt x 10-15 thn (ada banyak pilihan tenor angsurannya)
- semua unit mewah dan full perabot ac, spring bed, tv lcd, kitchen set dll.. emoticon-Matabelo

kan menggoda banget tuh gan, seandainya itu ada di solo tentu langsung ane ambil dah..emoticon-Mewek

nah barangkali ada agan2 yang punya info model perumahan/rusun yg sistem pembeliannya cicil langsung ke developer bisa share disini gan, atau mungkin ada agan yang pernah beli langsung dengan sistem kaya gini bisa share juga teknisnya gimana..

semoga pemerintah dan perbankan ngelihat betapa susahnya sektor nonformal (pengusaha/wiraswasta/pedagang) buat bisa beli rumah secara kredit..
0
7.6K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.2KThread5.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.