Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aghilfathAvatar border
TS
aghilfath
Jokowi: Banyak yang Bilang Saya PresidenGroundbreaking
Jokowi: Banyak yang Bilang Saya PresidenGroundbreaking
Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjukkan keseriusannya membangun infrastruktur dalam negeri, dan juga menggenjot ekonomi di daerah. Banyak infrastruktur dimulai dengan pemancangan tiang pertama atau groundbreaking. Proyek ini pasti ditindaklanjuti.

Saat pidato di Rakernas Partai Nasdem, Jokowi menegaskan tiap proyek yang sudah groundbreaking sudah ada progres dan kemajuannya. Bahkan Jokowi sempat menampilkan slide yang menggambarkan konstruksi proyek Tol Trans Sumatera.

"(Tol) Ngawi, Kertosono, Trans Sumatera di Lampung-Palembang paling tidak 3 tahun akan bisa kita selesaikan. Banyak yang menyampaikan, Pak Presiden hanya groundbreaking, jangan-jangan tidak ada tindak lanjutnya. Tol Sumatera panjang, paling tidak setiap seksi ada beberapa kilometer sudah selesai, ada progres dan kemajuan," tutur Jokowi dalam acara yang dilakukan di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (21/9/2015).

Infrastruktur, ujar Jokowi, menjadi fokus pemerintahannya. Menurut Jokowi, semua kepala negara pasti menjadikan infrastruktur prioritas dalam pemerintahannya.

"Karena dengan infrastruktur yang namanya distribusi logistik dan transportasi akan murah. Ini yang harus dikerjakan. Antrean di pelabuhan artinya apa, pelabuhan harus diperbesar diperbaiki, kapal-kapal penyeberangan harus dibeli, mau tak mau fokusnya ke sana," tegas Jokowi.

Kemudian, irigasi dan bendungan juga akan dibangun oleh Jokowi, karena sekitar 80% irigasi di Indonesia kondisinya rusak. Dia meminta kepala daerah memprioritaskan pembangunan irigasi ini, sehingga produksi pangan Indonesia bisa meningkat lewat bantuan irigasi ini.

Tahun depan, Jokowi mengatakan, pemerintah mengajukan anggaran infrastruktur mencapai Rp 313 triliun, naik dari tahun ini Rp 290 triliun. Namun anggaran infrastruktur di 2016 masih menunggu persetujuan DPR.

Tak hanya infrastruktur, Jokowi juga menggenjot perekonomian di daerah dengan memperbesar anggaran transfer ke daerah yang jumlahnya mencapaiRp 735 triliun di 2016. Jumlah ini telah melebihi alokasianggaran pemerintah pusat.

"Dana desa juga kami ajukan Rp 47 triliun. Itu sangat besar sekali dan melonjak 2 kali," ujar Jokowi.

Soal irigasi, pemerintah saat ini sedang membangun 49 bendungan yang semuanya sudah dimulai. Ini dilakukan untuk mendukung sektor pertanian Indonesia, sehingga produksinya meningkat dan impor pangan berkurang.

Kemudian soal listrik, pada kesempatan itu, Jokowi mengatakan dirinya sudah memulai mendorong pembangunan proyek-proyek kelistrikan. "Tanpa listrik industri tidak akan bergerak. Anak-anak kita tidak bisa belajar di malam hari, usaha kecil dan mikro tidak akan bisa berproduksi," kata Jokowi.

Pelabuhan juga termasuk infrastruktur yang menjadi fokus pemerintahannya. Jokowi mengungkapkan sejumlah proyek pelabuhan yang sedang dan akan dibangun, seperti Pelabuhan Kuala Tanjung, New Makassar Port, dan pelabuhan di Sorong, Papua.

Sumber : http://m.detik.com/finance/read/2015...dbreakingltigt

Ayo yg mau bully baris yg rapi ya emoticon-Traveller
Diubah oleh aghilfath 21-09-2015 15:45
0
3.7K
55
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.