Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mobil.bergoyangAvatar border
TS
mobil.bergoyang
tiga bulanan dipasung, ini saran kusmayadi untuk jokowi
Sukabumi - Hidup memang misteri, itulah yang dialami Kusmayadi (45) warga Kampung Awilega RT 05 RW 05 Desa Prianganjaya, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini. Sempat meraup sukses dari pekerjaannya sebagai bos distributor salah satu produk rokok, namun tiba-tiba usahanya hancur dan jatuh miskin. Istri dan anaknya pergi dan mengasingkannya, Kusmayadi kini hidup sendiri di samping lahan pesawahan dengan kaki terpasung.
Sorot mata Kusmayadi yang awalnya kosong seketika berbinar ketika detikcom menyambangi kediamannya sekira pukul 13.30 WIB, Minggu (20/9/2015). Mulutnya komat-kamit, tangannya mengepal seraya mengucap kalimat takbir.
"Allahu Akbar, Allah maha besar," teriaknya.
Ketua RT 05 Ade Wahyudin memberi peringatan agar tidak terlalu dekat saat mengambil gambar karena meski terlihat ramah, sikap Kusmayadi kadang-kadang bisa berbubah beringas. Itu pula yang menjadi alasan pria itu dipasung, selain sering melakukan pengrusakan Kusmayadi kerap mengamuk bahkan rumah orang tuanya hancur akibat ulah Kusmayadi.
"Dulunya dia itu distubutor salah satu produk rokok yang sukses, dia punya keluarga dengan dua orang anak. Tapi entah kenapa usaha yang dirintisnya itu hancur, apa yang dia dapatkan menghilang sekejap. Sejak saat itu dia mengalami depresi berat, dan akhirnya seperti sekarang," terang Ade Wahyudin.
Istri dan kedua anaknya meninggalkan Kusmayadi, saat ini mereka tinggal di rumah orang tuanya. Kusmayadi sempat dikabarkan sembuh, usai menjalani pengobatan kejiwaan di daerah Bogor. Namun itu tak bertahan lama baru beberapa hari tinggal di rumah orang tuanya Kusmayadi kembali melakukan pengrusakan di kampungnya dan kampung tetangga.
"Karena itulah, seizin orang tuanya kami memasung Kusmayadi menggunakan rantai di kaki dan tangannya, serta menjauhkannya dari perkampungan warga ini baru kita lakukan tiga bulanan ini," lanjut Ade.
Sehari-hari Kusmayadi tinggal dibawah terpal biru yang hanya ditopang dengan empat batang kayu. Untuk keperluan sehari-hari, Kusmayadi dikirimi makan oleh orang tuanya. Meski sering diberi baju ganti, Kusmayadi lebih memilih untuk menggunakan baju Gamis. Meski mengalami gangguan jiwa dia kerap membahas mengenai pemerintahan dan politik.
"Jokowi harus tegas menghadapi persoalan bangsa, jangan mau dipengaruhi asing untung saja saya golput jadi bebas mau ngomong apa juga," teriak Kusmayadi layaknya seorang pengamat.

Keluarga Kusmayadi ingin merumahkannya ditempat yang lebih layak. Namun karena keterbatasan biaya, dia terpaksa tinggal dengan keadaan seperti itu.
"Orang tuanya ingin membuat gubuk yang lebih layak, namun katanya gak ada biaya. Mau dibawa kerumah juga tidak mungkin karena kejiwaannya yang tidak stabil," tutup Ade.

sumur
Diubah oleh mobil.bergoyang 20-09-2015 12:28
0
1.6K
19
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.