Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dealsuperAvatar border
TS
dealsuper
[WAKWAW] Jokowi Bangga dengan Hasil Operasi Senyap untuk Bebaskan WNI di PNG
Jokowi Bangga dengan Hasil Operasi Senyap untuk Bebaskan WNI di PNG

Jakarta - Dua WNI yang disandera di wilayah Papua Nugini (PNG) telah bebas dan kini berada di Jayapura, Papua, Indonesia. Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa bangganya atas operasi yang dilakukan untuk membebaskan kedua warganya tersebut.

"Saya senang sekali, bangga, mereka bekerja senyap, enggak banyak bicara, tetapi mempersiapkan," tutur Jokowi di Bandara Mutiara SIS Al Jufri, Palu, Sulawesi Tengah seperti disampaikan oleh Biro Pers Istana Kepresidenan, Jumat (18/9/2015).

Mereka yang dimaksud Jokowi adalah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo serta jajarannya, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti serta jajarannya, Kepala BIN Sutiyoso serta jajarannya, dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi beserta jajarannya. Mereka itu juga dikoordinasi oleh Menko Polhukam Luhut Pandjaitan yang diberi perintah langsung dari Jokowi.

"Jadi setelah ada penyanderaan dua warga Indonesia di PNG, saya memerintahkan kepada Menko Polhukam untuk mengkoordinir," imbuh Jokowi.

Sampai dengan kemarin (17/9) Jokowi masih memerintahkan pasukannya itu untuk menunggu perintah dari dirinya selaku Panglima Tertinggi. Hingga akhirnya dia menelepon PM PNG Peter O'Neill.

"Itu jam 16.00 WIB sore kemarin saya telepon. Dan alhamdulillah, 4 jam setelah itu, setelah kita telepon, jam 20.00 WIB malam, saya dikabari lagi (sandera) sudah bisa bebas dan sudah bisa diselesaikan, tetapi saat itu memang masih di hutan, sehingga kita belum menyampaikan (ke publik)," ungkap Jokowi. (bpn/dhn)

https://m.detik.com/news/berita/3023135/jokowi-bangga-dengan-hasil-operasi-senyap-untuk-bebaskan-wni-di-png

Pelaku Penyanderaan WNI di PNG Lebih 10 Orang, Bersenjata Lengkap

Jayapura - Diperkirakan pelaku penyandera terhadap dua orang WNI di Papua Nugini lebih dari 10 orang dan mereka lengkap bersenjata api. Dari kelompok mana?

"Kami tidak bertemu dengan kelompok bersenjata tersebut, karena yang melakukan pengejaran adalah tentara PNG," kata Atase Pertahanan RI di PNG, Kolonel TNI Roni Pasaribu, saat penyerahan dua WNI di perbatasan RI-PNG, Jumat (18/9/2015).

Menurut Roni Pasaribu, Kelompok tersebut berada di Gunung Victoria wilayah Vanimo, sehingga yang bergerak melakukan operasi hanya tentara PNG. "Sekitar 100 orang Army PNG diturunkan bersama dua helikopter, namun tidak ada kontak senjata dengan mereka," kata Pasaribu.

Diperkirakan jumlah kelompok kriminal bersenjata itu ada sekitar 10 orang. "Yang saya korek dari Army PNG jumlah pelakunya ada lebih dari 10 orang dan mereka bersenjata semua," katanya.

Sementara itu Pangdam XVII/ Cenderawasih, Mayjen TNI Hinsa Siburian mengatakan, upaya yang dilakukan pihak Kodam XVII setelah adanya kejadian itu langsung berkoordinasi dengan Kapolda Papua. Kemudian setelah diketahui ke dua WNI ini sudah berada di PNG.

Kemudian melakukan koordiansi dengan Atase Pertahanan RI di PNG yaitu Kolonel Rany Pasaribu. Kemudian Atase Pertahanan segera bergeser ke Panimo dan bergabung dengan konsulat dan tim militer PNG, untuk melakukan upaya pencarian.

"Semua upaya kita lakukan dengan menghormati kedaulatan negara PNG, karena itu permintaan mereka melakukan upaya menyelesaikan masalah ini dengan aman," katanya.

Namun demikian, kata Hinsa, pihak aparat keamanan diwilayah RI tetap siaga. Ketika ditanya apakah benar pelaku penyandera itu adalah kelompok sipil bersenjata pimpinan Jeffry Pagawak, Hinsa tidak memberikan jawaban yang pasti. "Kelompok siapa ini, saya belum bisa sebutkan dari mana," katanya. (mad/mad)

https://m.detik.com/news/berita/3023083/pelaku-penyanderaan-wni-di-png-lebih-10-orang-bersenjata-lengkap

----------------------------------------------------------------------------------
BANGGA BRAY,
YG TURUN PNG, YG MASUK HUTAN PNG, YG KERAHIN TENTARA PNG, YG KERAHIN HELIKOPTER PNG, DAN YG BEBASIN SANDERA PNG.
TNI CUMA DUDUK2 DI PERBATASAN, DAN PEMERINTAH TINGGAL SERAH TERIMA AJA
EH SI WIWI DENGAN LAGAKNYA LANGSUNG KOAR "SAYA BANGGA, OPERASI SENYAP INI" emoticon-Cape d...

Tolong yg punya foto panglima banteng bawa kesini ini bray, biar afdol emoticon-Big Grin
Diubah oleh dealsuper 18-09-2015 16:17
0
3.6K
50
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.