semprul99Avatar border
TS
semprul99
Kereta Kencana di Prinsjesdag Belanda yang melecehkan.
Langsung aja ya gan...

Berawal dari postingan di sini sumbernya

Apa itu Prinsjesdag?

Prinsjesdag atau Prince’s Day dirayakan setiap tahun pada hari Selasa ketiga bulan September. Hari itu merupakan hari penting dalam dunia politik Belanda, karena di hari itu, Yang Mulia Raja membacakan Pidato Kerajaan (Speech from the Throne) yang menguraikan kebijakan pemerintah untuk tahun mendatang.

Kereta Kencana
Namun, Prinsjesdag lebih dari sekedar peristiwa politik dan ekonomi. Perayaan ini memiliki arti seremonial yang penting. Setelah pembacaan Pidato Kerajaan (Speech from the Throne), prosesi kerajaan ini berpindah dari Noordeinde Palace menuju Ridderzaal di Den Haag. Yang Mulia Raja melambaikan tangannya kepada rakyat dari Kereta Kencana. Peristiwa ini membuat ribuan orang berbaris memadati rute yang dilewati.

Keramaian
Prosesi kerajaan ini melibatkan banyak kekuatan militer. Barisan ini terdiri dari pasukan bersenjata, pasukan berkuda dan anggota pengawal kerajaan lainnya. Jika Anda ingin ikut merayakan Prinsjesdag, silakan Anda datang pada hari Selasa ketiga bulan September. Sebaiknya Anda datang lebih awal, karena para pendukung sejati House of Orange pasti ingin berada pada barisan terdepan dan mereka biasanya tiba pada dini hari.

Namun yang merisaukan adalah kereta kencananya.

Spoiler for Kereta Kencana:


Agan perhatikan detailnya

Spoiler for detail:


Yap, lukisan yang menggambarkan kejayaan Kerajaan Belanda pada masa lampau itulah yang membuat berbagai pihak gerah. Terutama yang paling vokal adalah Suriname. Acara Prinsjedag ini sudah berlangsung beberapa tahun dan setiap tahunnya selalu aja ada protes dari Suriname.
Kita yang digambar dengan porsi paling besar (berada di tengah dengan ilustrasi raja jawa yang tunduk pada sang Ratu) anehnya adem ayem saja. Tidak terdengar sedikitpun nada protes. Meskipun ada yang menilai itu adalah masa lampau, tapi tetap saja lukisan itu sangat tidak etis mengingat sejarah kelam Belanda terhadap daerah jajahannya.

Spoiler for raja jawa:


So, bagaimana menurut agan2 sekalian? Daripada kita menjelek-jelekan sesama bangsa lebih baik kita membela martabat kita di luar negeri.

SUMBER

[B]UPDATE!!!![/B]

Ternyata setelah cek di mbah gugel banyak juga politisi dari Belanda sendiri yang protes dengan lukisan ini.
diantaranya disini, disini
Diubah oleh semprul99 18-09-2015 01:40
0
149.1K
982
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.