Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bro81Avatar border
TS
bro81
PKS: Tingkat Kepercayaan kepada Presiden Tentukan Nilai Tukar Rupiah
PKS: Tingkat Kepercayaan kepada Presiden Tentukan Nilai Tukar Rupiah




Anggota Komisi XI DPR RI dari FPKS Ecky Awal Mucharam mengatakan, ada faktor di luar fundamental ekonomi yang memengaruhi pergerakan kurs rupiah terhadap dolar. Faktor tersebut adalah persoalan persepsi, yaitu variabel kepercayaan yang menentukan kuat atau tidaknya suatu currency terhadap valuta asing.

"Yang terpenting dari persepsi tersebut adalah faktor kepercayaan, yaitu seberapa besar para pelaku swasta percaya kepada seorang presiden," katanya, Kamis, (17/9).

Ecky membandingkan saat ini dengan saat Habibie menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Menurut Ecky, Habibie mampu menurunkan kurs rupiah dari level Rp. 17.000 hingga mencapai sekitar Rp. 6.000 hanya dalam hitungan bulan.

"Pertanyannya, apakah mungkin hanya karena faktor fundamental ekonomi saat itu, tiba-tiba current accountnya menjadi positif dan cadangan devisa menjadi bertambah, kalau bukan karena faktor kepercayaan terhadap seorang presiden," katanya.

Kepercayaan ini, terang Ecky, harus ditemukan kembali oleh pemerintah setelah delapan bulan memimpin. Ini menjadi pekerjaan rumah pemerintah membangun kepercayaan masyarakat, termasuk terhadap kebijakan-kebijakannya.


http://www.republika.co.id/berita/ek...i-tukar-rupiah
0
3K
42
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.