Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Lenkpo83Avatar border
TS
Lenkpo83
Pulau Rupat Dikuasai Warga Negara Malaysia?
Assalamualaikum....
Ijin om admin, mohon arahan klo ane salah post, biar ane tau dan tidak ilang lagi seperti thread ane sebelumnya emoticon-Blue Guy Peace
Setelah posting sebelumnya menghilang, Ane coba lagi yaa untuk berbagi info tentang Pulau Rupat, pulau terluar Indonesia yang saat ini sedang terjadi konflik antara warga dengan WNA asal Malaysia yang menguasai lahan disana

langsung yaa om

Ratusan masyarakat di Pulau Rupat, pulau terluar Indonesia saat ini tidak bisa lagi memanen buah sawit yang mereka tanam sendiri di atas lahan negara. Sekitar 1900 hektar lahan yang selama puluhan tahun dikelola masyarakat setempat, diklaim sebagai tanah milik pribadi oleh warga negara Malaysia bernama, Cua Chin Heng.

Surat kepemilikan tanah warga dibatalkan oleh pihak Kelurahan, dan berganti nama menjadi Siti Azizah, istri Cua Chin Heng. Cua Chin Heng sendiri awalnya bekerja sebagai manager di perusahaan kebun kelapa sawit di Pulau Rupat.

Sejak tahun 1997, warga dikejutkan dengan surat kuasa yang menyatakan sebagian lahan di Kelurahan Tanjung Kapal dan Darul Aman menjadi milik Siti Azizah, istri Cua Chin Heng. Dan mengklaim sekitar 1245 hektare tanah di enam desa kelurahan Tanjung Kapal, serta 670 hektare di kelurahan Darul Aman sebagai milik Siti Azizah.

Agar tidak terjerat hukum, Cua Chin Heng mencantumkan nama istrinya, Siti Azizah sebagai pemilik lahan. Sementara dalam undang-undang, warga negara asing tidak boleh mengelola atau memiliki lahan negaradi pulau perbatasan, Pulau Rupat.

Berbagai cara mediasi telah dilakukan untuk mendamaikan secara kekeluargaan antara warga setempat penggarap lahan dengan pihak Cua Chin Heng, namun tidak menemui titik temu. Bahkan, aparat desa maupun aparat kepolisian cenderung membela pihak Cua Chin Heng.

Sumber 1

Sumber 2

Sumber 3
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
2.9K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.