Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

brokhaveAvatar border
TS
brokhave
Mengatasi Kemacetan Agar Tidak Stress
Macet!

Kemacetan sering bikin emosi seseorang. Akibatnya, mereka bisa datang terlambat ke suatu acara atau membuang-buang waktu di jalan raya. Daripada stres dan bikin hari Anda kacau, nikmati kemacetan dengan cara berikut ini.

Egois, tak sabaran! Ini penilaian umum sehari-hari pada yang main serobot dan lawan arah saat kemacetan parah. Apa kata jantung Anda?

Jika Anda termasuk warga kota yang tinggal atau bekerja di kota besar, tentu tak aneh melihat kemacetan. Antrean mobil bercampur motor, bus dan kendaraan lainnya mengular hingga beberapa kilometer. Inilah wajah suram lalu-lintas kota besar seperti Jakarta sebagai ibu kota Indonesia.

Lebih buruk lagi, kemacetan kini bisa terjadi tak hanya pada jam-jam sibuk seperti waktu berangkat-pulang sekolah atau kantor, tapi juga terjadi saat hari libur yang mestinya relatif lebih senggang.

Karena begitu seringnya, macet lalu jadi masalah yang dianggap biasa oleh mereka yang sering mengalami. Padahal kemacetan tetap menyimpan aneka masalah yang siap mendera siapa saja. Selain waktu terbuang, risiko lain seperti terjadinya insiden atau bahkan kecelakaan adalah hal-hal yang setiap saat mengintai.

Itu sebabnya Anda perlu menyiasati ancaman kemacetan. Egois.

Spoiler for :


Stres adalah hal yang tak dikehendaki siapapun, namun sulit dihindari. "Stres bila ada sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan kita," ucap Dr. D. Amidi Sp. JP, FIHA dokter spesialis jantung dan pembuluh darah.

Menurut Dr Amidi, bila stres datang kepada kita maka tubuh akan merespons fight atau flight. Bila Anda melawan (fight) maka hormon adrenalin akan beredar lebih banyak di tubuh sehingga akan ada denyut nadi yang lebih cepat dan tekanan darah akan naik dengan segala akibatnya.

Sedangkan bila flight (mengalah tapi sebetulnya tidak mau) maka hormon Cortison akan lebih banyak beredar dalam tubuh. Akibatnya lambung akan lebih banyak mengeluarkan asam lambung lalu membuat lambung meradang, kadar gula darah naik, serta tulang cepat keropos. Wajah pun mudah keriput dan lainnya.

Cara Mengatasinya?

Bangun situasi yang nyaman. Jadikan mobil Anda sebagai 'rumah kedua'. Pastikan kabin selalu bersih dan setel musik-musik favorit. Undang mood ceria selama perjalanan.

Spoiler for :

Terkadang kita tidak bisa menikmati keadaan jalan karena sering ngebut. Siapa tahu ada hal menarik yang ada di sekitar jalan. Misalnya ketemu teman lama, gebetan atau melihat informasi dari papan iklan di jalan. Jalanan menyimpan banyak kisah yang bisa kita ambil hikmahnya.

Spoiler for :


Kemacetan selalu bikin bosan. Daripada mulut terasa asam atau pahit akibat menanti macet, sebaiknya kunyah permen atau camilan lainnya. Dengan ngemil membuat perasaan Anda lebih tenang dan bisa mengalihkan rasa bosan akibat macet.

Spoiler for :


Hal ini bisa dilakukan jika Anda sedang membonceng teman atau naik mobil bersama teman. Anda bisa berbagi kekesalan soal macet bersama teman, sehingga Anda tidak terlalu stres menghadapi macet.

Spoiler for :


Nah, ini adalah salah satu aktivitas yang sering dilakukan saat macet. Anda bisa menyanyi untuk mengungkapkan kekesalan akibat arus lalu lintas. Anda juga bisa sekalian latihan vokal.

Spoiler for :


Ini dia yang kerap dilakukan anak masa kini. Mereka selalu update status mengenai apapun yang terjadi. Anda bisa update status soal kemacetan di jejaring sosial. Dari status tersebut Anda juga dapat membagi informasi soal lalu lintas pada orang lain.

Diolah dari : nationalgeographic.co.id
0
851
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.