Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kodokistana1Avatar border
TS
kodokistana1
TB Hasanuddin Sarankan BIN Inisiatif Cari Dana Sendiri
JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi I DPR RI Tb Hasanuddin menyarankan agar Badan Intelijen Negara (BIN) mencari cara sendiri untuk memenuhi kebutuhan anggaran soal penambahan personel. Sebelumnya, Kepala BIN Sutiyoso mengeluhkan minimnya jumlah anggaran BIN yang diatur dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (R-APBN) 2016.

"Sebenarnya BIN tidak perlu teriak-teriak kurang, yang non-budgeter saja banyak. Semua juga berkurang, jadi jangan terlalu bersandar pada APBN, kan ini intelijen," ujar Hasanuddin, saat ditemui di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Kamis (10/9/2015).

Menurut Hasanuddin, jumlah anggaran pada tahun anggaran 2015-2016 memang mengalami penurunan, baik bagi kementerian dan lembaga negara lainnya. Menurut dia, adalah hal yang wajar jika anggaran untuk BIN juga mengalami pengurangan.

Lebih lanjut, Hasanuddin menyarankan agar BIN melakukan inisiatif sendiri dalam mencari pendanaan. Misalnya, BIN dapat bekerja sama dengan perusahaan besar, seperti perusahaan minyak dan tambang yang beroperasi di Indonesia.

Kerja sama secara sinergi misalnya dilakukan terkait pengamanan yang dilakukan BIN. Perusahaan bisa saja menggunakan anggaran keamanan dengan memberikan sejumlah pendanaan yang dibutuhkan BIN, yang nantinya dapat digunakan untuk keperluan intelijen.


Meski demikian, Hasanuddin membantah jika sinergitas itu disebut dapat memengaruhi netralitas BIN dalam melaksanakan operasi intelijen. "Tidak akan menggangu netralitas, yang penting bisa memilah-milah saja," kata Hasanuddin.

Adapun jumlah anggaran bagi BIN yang tercantum dalam R-APBN 2016, adalah sebesar Rp 1,592 triliun. Jumlah tersebut lebih kecil dari anggaran yang diminta BIN, yang jumlahnya sekitar Rp 2 triliun.

Dalam rapat dengan Komisi I DPR, Sutiyoso meminta agar DPR ikut memperjuangkan jumlah anggaran yang telah disesuaikan dengan kebutuhan BIN saat ini.

http://nasional.kompas.com/read/2015...campaign=Kknwp

ada orang stress kebanyakan kobokan emoticon-Ngakak (S)
0
4.3K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.