- Beranda
- Kendaraan Roda 2
[SHARE] serba - serbi ban, khususnya ban FDR
...
TS
heavenlyman
[SHARE] serba - serbi ban, khususnya ban FDR
Permisi om Momod dan para rekan - rekan biker. Ane cuma pengen share aja nih sedikit mengenai serba serbi ban, dan berhubung ane pecinta ban FDR maka ane tambahin review khusus ban FDR.
Yang make FDR share dimari juga yah gan, pengalamannya...!
Ane sih mengharapkan ada yang berkenan memberi
Jangan lupa untuk memberikan RATE *****
Let's start..!!
Seiring perkembangan industri ban, produk karet hitam after market makin banyak pilihan. Tak hanya ukuran, pattern (bentuk alur-red), sampai kompon juga beragam. Tak heran, banyak bikers ganti ban diluar dari ukuran yang direkomendasi. Perbedaan ukuran, pattern sampai kompon pasti ada efeknya. Karena desain ban standar sudah melalui berbagai riset validasi tes berkait performance, stability, torsi mesin dan lainnya. Demikian juga perbedaan kompon, seperti aplikasi ban balap atau racing untuk harian. Ban balap dipakai buat harian akan bermasalah kalau di kondisi jalan dicampur lumpur, genangan air dan pasir.
Traksi tidak semaksimal ban harian. Soalnya patern atau pola si kulit bundar buat kompetisi enggak diperuntukan harian. Compound pun akan cepat habis. Berbeda buat harian yang dirancang untuk penggunaan yang panjang.
Jenis - jenis ban:
Ban Slick Balap Sirkuit
Ban Slick, siapa yang nggak tau kalo ini ban balap. Cuma cocok buat balap dan harganya selangit. Tapi bila hobi ngetrek di sirkuit sentul pilihan terbaik adalah menggunakan ban ini. Tapi kudu diinget, ban ini hanya bisa digunakan saat sirkuit dalam kondisi kering dan menggunakan tire warmer
* Tidak memiliki alur
* (Kompon) Amat sangat lunak
* Hanya bisa digunakan di sirkuit dengan kondisi kering
Ban Basah Balap Sirkuit
Meski memiliki alur seperti ban off road atau ban jalan raya, jangan keliru. Ban ini cuma bisa dipakai di sirkuit dalam kondisi basah. karena ban ini akan sangat mudah menjadi panas karena memang diciptakan untuk mencari grip disaat hujan. Dipake dijalan raya? Bisa aja sih, tapi ban akan sangat mudah aus!
* Alur sangat banyak maksimal
* (Kompon) seluruh kompon sangat lunak
* Meski seperti ban jalan raya namun hanya bisa digunakan di trek
Ban Semi Slick Balap / Jalan Raya Kering (alternatif)
Ini merupakan ban stadar Superbike dan Supersport. Disebut ban semi slick. Karena memang sepintas seperti ban slik dengan alur. Ban ini memang bisa dan untuk digunakan dalam balapan. Tetapi dengan adanya alur, artinya ban bisa juga digunakan di jalan raya, tapi ingat komponenya sangat lunak jadi bukan keausan, tapi paku payung pun bisa nancap di ban tipe ini.
* Alur ban Minimal
* (Kompon) seluruh kompon sangan lunak
* Lebih cocok digunakan di track tetapi bisa digunakan di jalan raya dalam kondisi kering.
Ban Dual Purpose Track Jalan Raya
Ban ini bisa digunakan di trek ataupun di jalan raya dengan kwalitas sama baik. Tetapi jangan harap ban ini akan berfungsi sama baik dengan ban Semi Slick apalagi slick di sirkuit atau berfungsi sebaik ban jalan raya. Tetapi buat pehobi motor yang gemar city ride ataupun track day ini pilihan yang tepat!
* Alur ban relatif sedang
* (Kompon) terbagi dua, bagian tengah (Sedang) bagian samping (Lembut)
* Relatif cukup baik digunakan di Track dan di jalan raya, meski tidak akan maksimal
Ban Jalan Raya Murni
Ban buat jalan raya bin harian. Nah kalo penggunaanya untuk aktifitas hari hari di kota, Ini ban yang cocok. Serba pas! Tapi namanya ban buat harian, nggak cocok dipake di trek meski oke juga dipake turing!
* Alur ban relatif sedang
* (Kompon) ban terbagi dua, bagian tengah (Sedang) bagian samping (keras)
* Sangat baik digunakan di aspal jalan raya dengan kondisi normal
Ban Touring / Jalan Raya (alternatif)
Nah buat penggemar turing atau mereka yang sering kali menempuh perjalanan jauh dengan kondisi jalan bervariasi, ban model ini yang paling pas. Alurnya banyak, komponya keras tapi juga kuat menerjang berbagai medan!
* Memiliki Alur yang dalam dan banyak
* (Kompon) ban relatif keras baik di tengah maupun sisi
* Baik saat digunakan di aspal yang kurang baik
Thread bermutu dari
Yang make FDR share dimari juga yah gan, pengalamannya...!
Ane sih mengharapkan ada yang berkenan memberi
Jangan lupa untuk memberikan RATE *****
Let's start..!!
Seiring perkembangan industri ban, produk karet hitam after market makin banyak pilihan. Tak hanya ukuran, pattern (bentuk alur-red), sampai kompon juga beragam. Tak heran, banyak bikers ganti ban diluar dari ukuran yang direkomendasi. Perbedaan ukuran, pattern sampai kompon pasti ada efeknya. Karena desain ban standar sudah melalui berbagai riset validasi tes berkait performance, stability, torsi mesin dan lainnya. Demikian juga perbedaan kompon, seperti aplikasi ban balap atau racing untuk harian. Ban balap dipakai buat harian akan bermasalah kalau di kondisi jalan dicampur lumpur, genangan air dan pasir.
Traksi tidak semaksimal ban harian. Soalnya patern atau pola si kulit bundar buat kompetisi enggak diperuntukan harian. Compound pun akan cepat habis. Berbeda buat harian yang dirancang untuk penggunaan yang panjang.
Jenis - jenis ban:
Ban Slick Balap Sirkuit
Ban Slick, siapa yang nggak tau kalo ini ban balap. Cuma cocok buat balap dan harganya selangit. Tapi bila hobi ngetrek di sirkuit sentul pilihan terbaik adalah menggunakan ban ini. Tapi kudu diinget, ban ini hanya bisa digunakan saat sirkuit dalam kondisi kering dan menggunakan tire warmer
* Tidak memiliki alur
* (Kompon) Amat sangat lunak
* Hanya bisa digunakan di sirkuit dengan kondisi kering
Spoiler for slick:
Ban Basah Balap Sirkuit
Meski memiliki alur seperti ban off road atau ban jalan raya, jangan keliru. Ban ini cuma bisa dipakai di sirkuit dalam kondisi basah. karena ban ini akan sangat mudah menjadi panas karena memang diciptakan untuk mencari grip disaat hujan. Dipake dijalan raya? Bisa aja sih, tapi ban akan sangat mudah aus!
* Alur sangat banyak maksimal
* (Kompon) seluruh kompon sangat lunak
* Meski seperti ban jalan raya namun hanya bisa digunakan di trek
Spoiler for ban basah:
Ban Semi Slick Balap / Jalan Raya Kering (alternatif)
Ini merupakan ban stadar Superbike dan Supersport. Disebut ban semi slick. Karena memang sepintas seperti ban slik dengan alur. Ban ini memang bisa dan untuk digunakan dalam balapan. Tetapi dengan adanya alur, artinya ban bisa juga digunakan di jalan raya, tapi ingat komponenya sangat lunak jadi bukan keausan, tapi paku payung pun bisa nancap di ban tipe ini.
* Alur ban Minimal
* (Kompon) seluruh kompon sangan lunak
* Lebih cocok digunakan di track tetapi bisa digunakan di jalan raya dalam kondisi kering.
Spoiler for semi slick:
Ban Dual Purpose Track Jalan Raya
Ban ini bisa digunakan di trek ataupun di jalan raya dengan kwalitas sama baik. Tetapi jangan harap ban ini akan berfungsi sama baik dengan ban Semi Slick apalagi slick di sirkuit atau berfungsi sebaik ban jalan raya. Tetapi buat pehobi motor yang gemar city ride ataupun track day ini pilihan yang tepat!
* Alur ban relatif sedang
* (Kompon) terbagi dua, bagian tengah (Sedang) bagian samping (Lembut)
* Relatif cukup baik digunakan di Track dan di jalan raya, meski tidak akan maksimal
Spoiler for dual purpose:
Ban Jalan Raya Murni
Ban buat jalan raya bin harian. Nah kalo penggunaanya untuk aktifitas hari hari di kota, Ini ban yang cocok. Serba pas! Tapi namanya ban buat harian, nggak cocok dipake di trek meski oke juga dipake turing!
* Alur ban relatif sedang
* (Kompon) ban terbagi dua, bagian tengah (Sedang) bagian samping (keras)
* Sangat baik digunakan di aspal jalan raya dengan kondisi normal
Spoiler for jalan raya murni:
Ban Touring / Jalan Raya (alternatif)
Nah buat penggemar turing atau mereka yang sering kali menempuh perjalanan jauh dengan kondisi jalan bervariasi, ban model ini yang paling pas. Alurnya banyak, komponya keras tapi juga kuat menerjang berbagai medan!
* Memiliki Alur yang dalam dan banyak
* (Kompon) ban relatif keras baik di tengah maupun sisi
* Baik saat digunakan di aspal yang kurang baik
Spoiler for cool :
[/QUOTE]0
353.7K
1.3K
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
19.2KThread•12.5KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya