• Beranda
  • ...
  • Health
  • Bahaya Perokok Pasif, Kanker Pita Suara Sebabkan Leher Ike Berlubang

pupujAvatar border
TS
pupuj
Bahaya Perokok Pasif, Kanker Pita Suara Sebabkan Leher Ike Berlubang
KULITINTA.COM – Iklan layanan masyarakat tentang bahaya perokok pasif yang baru-baru ini menampilkan seorang wanita yang kehilangan pita suaranya. Wanita itu bukan seorang perokok, tapi ia perokok pasif, artinya sering menghisap asap rokok dari lingkungan sekitarnya.

Nama wanita yang menjadi model iklan tersebut adalah Ike Wijayanti (37). Ternyata bagian lehernya berlubang, dan lubang menganga itu terlihat cukup dalam. Ia menderita kanker pita suara karena menghisap asap rokok dari tempat sekitar tempatnya bekerja di Surabaya dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Ibu dua anak ini bukan perokok sama sekali, namun bahaya rokok ternyata tidak mengancam si pemakai tapi juga orang di sekitarnya. Kanker pita suara menjadi ancaman dan bahaya bagi para perokok pasif.

Ike sudah tidak bisa berbicara normal. Ia hanya bisa mengeluarkan suara lirih yang tidak jelas kata apa yang sedang berusaha ia ucapkan. “Berhentilah merokok, asapmu membunuh mimpi-mimpi orang di sekitarmu,” kata Ike dalam iklan tersebut. Iklan layanan masyarakat yang dibuat Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI bersama World Lung Foundation itu menunjukkan bukti nyata betapa benarnya slogan “Merokok itu Membunuhmu” yang sering kita dengar dan betapa bahaya perokok pasif itu nyata di contohnya di depan mata.



Kepala Pusat Promosi Kesehatan Kemkes Lily Sulistyowati mengatakan Ike menderita seperti itu karena mayoritas teman di tempatnya bekerja merupakan perokok aktif. “Ibu Ike ini bekerja di restoran selama 10 tahun yang terpapar asap rokok dari lingkungannya. Jadi, di restoran tersebut selalu banyak perokok,” kata Lily menjelaskan.

Lily mengatakan, iklan yang dibuat tersebut ingin mengajak dan menyadarkan masyarakat untuk segera berhenti merokok dan menjauhi lingkungan berasap rokok. “Iklan kita sekarang baru satu, tapi lawannya iklan yang mendorong untuk merokok lebih banyak. Mudah-mudahan upaya ini bisa berdampak besar, meningkatkan masyarakat bahwa rokok itu berbahaya,” kata Sekretaris Jenderal Kemkes RI Untung Suseno Sutarjo menambahkan.

Menurut data Global Adult Tobacco, perokok di Indonesia mencapai hampir 25 persen dari total penduduk saat ini. Bahaya perokok pasif menjadi ancaman bagi kita dan keluarga. Jauhkanlah orang tersayang Anda dari ancaman penyakit mematikan ini. sumber http://kulitinta.com/bahaya-perokok-...berlubang.html
0
2.5K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.