Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sudjinahAvatar border
TS
sudjinah
Asap Rokok Vs Asap Knalpot Mana Lebih Bahaya? Ini Hitungan Dokter Paru
Jakarta, Polusi udara di kota-kota besar tidak hanya berasal dari asap rokok, melainkan juga kendaraan bermotor. Namun para dokter tak henti-hentinya menganjurkan untuk berhenti merokok, sebab polutan ini paling banyak mencemari paru-paru.

Pakar kesehatan dari RS Paru Persahabatan, dr Agus Dwi Susanto, SpP mengungkap ada sedikitnya 2 alasan mengapa asap rokok lebih banyak mencemari paru-paru. Pertama, rokok diisap langsung dari sumbernya dan langsung terhirup ke saluran napas.

"Paru-paru adalah satu-satunya organ dalam yang terhubung langsung dengan lingkungan. Jantung, hati, ginjal semua terlindung, tetapi paru bisa tercemar apa saja yang terhirup," jelas dr Agus dalam peluncuran Combi Hope di SMA Labschool Kebayoran, Jakarta Selatan, Senin (7/4/2014).

Salah satu polutan dari asap rokok yang banyak mencemari paru-paru adalah gas CO atau karbon monoksida. Gas ini berkompetisi dengan O2 atau oksigen untuk berikatan dengan Hb (hemoglobin). Makin banyak CO, makin sedikit O2 yang didistribusikan ke seluruh tubuh, termasuk ke jantung dan otak.

Alasan berikutnya adalah paparan asap rokok, yang umumnya rutin. Normalnya, tubuh akan mengeluarkan racun-racun dalam 24 jam. Termasuk racun dari polusi udara. Pada perokok aktif, paparan rokok jauh lebih tinggi dibanding laju pengeluaran racun sehingga terakumulasi.

"Kadar CO dalam udara pernapasan normalnya 1-4 ppm (part per million). Kadar 4-10 ppm menunjukkan seseorang terpapar polusi, atau menjadi perokok pasif. Perokok aktif, pasti di atas 10 ppm," jelas dr Agus.

Yang tidak kalah penting untuk dicatat, asap rokok terbukti bisa menyebabkan kecanduan. Sejauh ini, belum ada penelitian yang membuktikan adanya kecanduan asap knalpot.
sumber waras

biar berimbang gan, ane lanjutin lagi namun tetep ente harus baca, ane coba bantu presiden mengalihkan issue dollar emoticon-Ngakak (S)

Quote:

ada tulisan knalpot membunuhmu? emoticon-Hammer (S)
0
5.6K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.