Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kenalan sama Peggy Hartanto - desainer Indonesia yang sudah Go International!

dindadetozAvatar border
TS
dindadetoz
Kenalan sama Peggy Hartanto - desainer Indonesia yang sudah Go International!
Gaaan, satu lagi nih desainer asal Indonesia yang sudah Go International! Yuk, kenalan sama Peggy Hartanto emoticon-Wowcantik

Bermimpi Besar dan Menjadi Sukses ala Peggy Hartanto

Kenalan sama Peggy Hartanto - desainer Indonesia yang sudah Go International!

Berkat garis rancang yang khas, Peggy Hartanto dan rancangan busananya melanglang buana di kancah internasional.

Nama desainer muda Indonesia asal Surabaya, Peggy Hartanto, boleh dibilang semakin naik daun di industri mode. Bukan hanya di kalangan pencinta mode nasional, namun juga sejumlah bintang dunia pun turut terpikat garis rancangnya yang khas, sebut saja Odette Annable, Kathleen Robertson, Allison Holker, Chelsea Kane, Giuliana Rancic, hingga Sadie Calvano.

Desain pakaian Peggy memang menonjol dengan permainan potongan, seksi tanpa menjadi vulgar, membungkus tubuh perempuan sebagai pemakainya dengan elegan. Kreativitas dalam menawarkan keunikan dalam tiap koleksinya, patut diapresiasi. Ingin tahu lebih jauh bagaimana desainer lulusan Raffles College of Design and Commerce, Australia, ini meniti kariernya di dunia fashion entrepreneurship? Simak wawancara Hitsss dengan Peggy berikut ini:

Hitsss (H): Bagaimana awalnya ide bisnis Peggy bisa muncul dan apa yang membuatnya berbeda dari merek mode lainnya?

Peggy Hartanto (PH): Saat saya mengejar studi saya di Australia dalam bidang desain mode, desain siap pakai (ready-to-wear) selalu saya sukai. Ketika kembali ke Indonesia tahun 2011, saya memulai karier mode saya sebagai pembuat gaun custom di Surabaya.

Kemudian kesempatan dari sekolah saya dulu, yakni Raffles College of Design and Commerce, datang dengan tawaran untuk mewakili mereka di Jakarta Fashion Week (JFW). Saya ambil kesempatan itu untuk memperkenalkan label siap pakai saya, Peggy Hartanto.

Bersama dengan saudara saya yang mendukung di sisi bisnis, kami memulai debut pada November 2012. Apa yang membuat label ini berbeda adalah kami memiliki visi yang jelas tentang apa yang kami ciptakan, dan ke mana label ini akan menuju.

H: Bagaimana membentuk dan membangun tim yang mendukung visi kesuksesan?

PH: Tim inti Peggy Hartanto terdiri dari saya dan saudara saya, yang terbentuk secara alami. Masing-masing dari kami berfokus pada apa yang terbaik yang kami bisa, dan apa yang kami sukai. Itu benar-benar membantu selama proses tersebut. Dari sana, tim mulai tumbuh.

H: Dari mana modal awal bisnis, dan apa alternatif pemodalan untuk pengembangan bisnis berikutnya?

PH: Modal untuk bisnis label siap pakai ini, berasal dari bisnis saya sebelumnya, yakni desainer gaun custom yang saya lakukan selama beberapa tahun. Dari sana, kami berhati-hati merencanakan aliran keuangan, dan kami terus tumbuh berdasarkan sumber tersebut.

H: Ceritakan kebiasaan atau aktivitas sehari-hari dalam menjalankan bisnis ini?

PH: Saya bekerja di workshop pada siang hari, dan waktu beristirahat di malam hari. Tapi satu yang pasti, saya punya buku harian visual yang selalu bersama saya, untuk mencatat ide-ide yang saya dapatkan secara acak.

H: Bagaimana agar senantiasa bisa menghasilkan ide dan inovasi baru untuk bisnis?

PH: Tim Peggy Hartanto Selalu berdiskusi intens setiap hari. Ide-ide dan inovasi baru sering datang dari sana, entah itu chatting yang random, atau brainstorming yang serius, semua kami lakukan, dan saya pikir lahirnya ide dan inovasi bisa dimulai dari situ.

H: Seperti apa trik pemasaran bisnis yang diterapkan?

PH: Pada saat memulai, kami mencoba yang terbaik untuk menyebarkan berita tentang label kami, pada sebanyak mungkin jalur yang bisa kami dapatkan, melalui saluran yang tepat, dan untuk khalayak yang tepat. Kami melakukan promo pada selebritas, memakai sosok ‘persona’ mode, wawancara majalah, hingga pemotretan.

H: Bagaimana pengembangan strategi untuk membangun pelanggan?

PH: Kami menarik pelanggan melalui media sosial, yang telah menjadi salah satu medium promosi terbaik kami sejauh ini, dan kami juga memanfaatkan database yang kami miliki.

H: Pencapaian terbaik bisnis yang dijalani sejauh ini?

PH: Peggy Hartanto tersedia tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di negara-negara lain, seperti Lebanon, Kuwait, UEA, dll. Ekspansi itulah yang juga akan menjadi tujuan kami untuk beberapa tahun mendatang.

H: Pelajaran berharga apa yang didapat dari berkecimpung di dunia bisnis mode sejauh ini?

PH: Bahwa kerjasama tim yang solid, lebih baik daripada individu yang cerdas.

H: Bagaimana Peggy mendefinisikan ‘kesuksesan’?

PH: Bagi saya, kesuksesan adalah bermimpi besar dan kemudian bangun, karena Anda tidak bisa menunggu lama untuk memulai hari, karena Anda begitu mencintai apa yang Anda lakukan.

H: Apa atau siapa yang jadi inspirasi terbesar Peggy?

PH: Orangtua, mereka selalu menjadi inspirasi terbesar saya.

H: Menurut Peggy, apa lima elemen kunci untuk memulai dan menjalankan bisnis yang sukses?

Pertama, tahu apa yang dilakukan dan tahu ke mana kita akan dan ingin dituju. Kedua, mimpi yang besar. Ketiga, bekerja keras. Keempat, jangan mudah menyerah. Kelima, team work.

H: Apa yang dirasa menjadi perbedaan antara berwirausaha, dan bekerja untuk pihak lain?

PH: Menjadi seorang pengusaha, berarti kita adalah orang yang memegang kendali bisnis, dan kita bertanggungjawab pada orang-orang yang bekerja dengan kita. Kita memegang tanggungjawab yang lebih besar, dan tantangan yang lebih besar. Kita harus berpikir jalan ke depan untuk pengembangan bisnis, namun itu semua menyenangkan selama dinikmati.

H: Ceritakan rencana dan harapan untuk pengembangan bisnis ke depan?

PH: Pertama, ingin memiliki showroom Peggy Hartanto. Kedua, ingin secara teratur hadir di Paris Fashion Week. Ketiga, ingin memiliki stockist luar negeri bersama Peggy Hartanto. Dan keempat, melihat lebih banyak perempuan memakai Peggy Hartanto.

SUMBER
0
1.6K
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.