Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dio78Avatar border
TS
dio78
Apa helm SNI lebih layak dari SNELL atau DOT? Ayo cek kesini
WELCOME




Halo gan, ane mau ceritain pengalaman ane saat naik motor nih ceritanya. dimana ane merasa kurangnya pengetahuan tentang keselamatan dan kualitas dari helem.

Jadi gini ceritanya, kemaren ane sedang berkendara naik sepeda motor mau jalan jalan sama temen ane. ntah kenapa tiba tiba ada razia didepan dan ane pikir mah karena merasa semua surat surat dll sudah komplit dan dibawa dan juga gak melanggar apapun jadinya ane jalannya santai santai aja. Namun diluar dugaan ane di panggil dan ditanya soal helm ane. btw ane pakai helem shoei (produk impor gan) dan disana tidak ada tulisan SNI nya dan karena itu ane dapat msalah gan. padahal sudah ane jelasin ini sudah memiliki standar international dan kokoh namun di acuhkan karena bkn SNI dan orang orang disana juga setuju ama polisinya.. What? padahal banyak orang yang lewat dengan helem SNI yang tidak layak pakai didepan ane pas di tilang tapi dilepas aja. emoticon-Mad (S)

Nah karena itu ane mau jelasin disini apakah SNI lebih baik dari standar international sepert DOT & SHELL? apakah SNI sudah kuat dan jadi standar keselamatan pengendara motor?

Oke sebelumnya gw kenalin yang namanya SNELL dan DOT.

Spoiler for SNELL:


Spoiler for DOT:


Sebetulnya helm dengan sertifikasi SNELL dan DOT merupakan sertifikasi yang diakui oleh International dan diadopsi oleh 50 negara besar di dunia diantaranya negara-negara Eropa, Amerika dan Jepang.
Lantas apakah helm dengan standar SNI jauh lebih aman daripada standar SNELL atau DOT?

Jawabnya ya jelas gak mungkin, karena standar international harus mememiliki kriteria yang jauh lebih ketat dan diawasi langsung.

Sementara kualifikasi helm yang memenuhi aturan SNI adalah helm terbuka (open face) dan tertutup (full face). helm terbuka memiliki konstruksi bagian yang menutup kepala sampai dengan bagian leher dan menutup depan kuping, sedangkan full face memiliki bentuk helm yang menutup kepala atas, bagian leher dan bagian mulut. Helm yang standar harus memiliki tempurung, lapisan pelindung bagian dalam untuk menyerap energi benturan, pelindung muka, bantalan kenyamanan, lapisan pengaman, alat penahan, tali pemegang, penutup dagu, pet, penutup wajah bagian bawah, lubang ventilasi, lubang pendengaran, jaring helm, dan bidang dasar kepala.


Lalu Apakah SNI lebih bagus dibanding SNELL / DOT?
Quote:


Harga memang tidak pernah bohong gan emoticon-Ngakak (S)memang sih mahal, tapi benar benar kuat dan melindungi agan dari benturan.
klo ada polisi atau pihak yang gak ngerti kasih unjuk aja ini gan, biar mereka tau klo SNI bkn standar satu satunya yang memenuhi keselamatan pengendara.

Selain sertifikasi dari SNELL atau DOT, ada beberapa cara untuk mengetahui apakah helm tersebut berkualitas baik atau tidak. Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :

  • Memiliki ukuran proprosional – tidak terlalu besar atau sebaliknya
  • Tidak kopong – Bila di ketuk bagian batoknya tidak berbunyi nyaring
  • Tidak lentur – Helm di posisikan terbalik bila kedua sisinya ditekan tidak berubah bentuknya
  • Memiliki ketebalan stirofom sekitar 1 cm dan terdapat lapisan busa setebal 1 cm pada bagian depan
  • Jarak dari mulut pemakai dengan ujung helm sekitar 1-1.5 cm
  • Kaca helm tidak terlalu tipis, ketebalannya sekitar 2-3 mm
  • Terbuat dari bahan Plastik atau Karbon Kevlar



Helm yang baik tentunya berbeda dengan helm yang hanya menarik dari segi penampilanya. Kadang untuk mengetahui kualitas helm tersebut baru terlihat setelah dipakai.

  • Helm dengan ukuran yang pas, tidak terasa “oblak/kendor” saat di pakai
  • Suara kendaraan lain terdengar jelas meski kaca helm tertutup
  • Kaca helm tidak mudah mengembun maupun kemasukan angin
  • Ketika ventilasi helm dibuka hembusan angin masuk melalui lubang ventilasi tersebut



Nah sekarang, apakah helem agan agan sudah memenuhi standar tersebut? Ingat, keselamatan adalah hal yang utama. jangan cuma membeli helem di pinggir jalan yang murah hanya karena ingin menghindari polisi tapi juga harus cari yang benar benar aman buat agan.


Sekian Thread dari ane.. maklum masih newbie jd jgn di emoticon-Bata (S) yah gan



emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)

Spoiler for Sumber:




Banyak juga nih masukan dari para kaskuser, baik yang setuju sama SNI maupun yang DOT/SNELL ada juga yang ane baru tau beberapa soal SNI yg ternyata bukan semabrang SNI..

Spoiler for komeng kaskuser:


Intinya sih, Memang SNI juga memiliki standar tinggi yang gak sebarang helem bisa memiliki standar tersebut. Namun banyak pihak yang menyalah gunakan LOGO SNI tersebut untuk ke untungan mereka dengan menjual helem murah yang belum tentu SNI dan mudah rusak dan berdampak ke para pengendara yang mengakibatkan kurang percaya lagi akan SNI. Padahal mungkin kita semua tau bahwa helem murah pasti blm SNI dan harga tidak pernah bohong. emoticon-Bingung (S)

Tapi kembali lagi ke pilihan agan", mau helem murah yang belum tentu SNI atau helem yg SNI namun harga sedikit di atas emoticon-Malu (S)
emoticon-Blue Guy Cendol (S) emoticon-Blue Guy Cendol (S) emoticon-Blue Guy Cendol (S)
Diubah oleh dio78 09-09-2015 03:57
0
23.1K
121
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.