Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

B12AMAvatar border
TS
B12AM
Ada 26.000 Karyawan Kena PHK per Agustus 2015
Jakarta - Perlambatan ekonomi yang terjadi di Indonesia telah mulai berdampak ke sektor rill. Ada perusahaan yang akhirnya mengambil langkah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap karyawannya.

"Secara umum memang ini dikarenakan perlambatan ekonomi," ungkap Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Hanif pun menunjukkan berkas data yang menunjukkan sudah ada 26.506 karyawan yang terkena PHK di Indonesia per 25 Agustus 2015.

Daerah dengan jumlah PHK paling besar adalah provinsi Jawa Barat dengan 12.000 orang. Selanjutnya adalah Banten dengan 5.424 orang, Jawa Timur dengan 3.219 orang, Kalimantan Timur 3.128 orang, dan DKI Jakarta 1.430 orang.

"Paling besar memang di Jawa barat," sebutnya.

PHK ini tersebar di berbagai industri. Paling besar adalah industri padat karya, di antaranya adalah garmen dan tekstil. Kemudian di industri logam dan sepatu. Alasannya adalah sepinya pesanan, sehingga membuat perusahaan tutup.

"Karena tidak ada order (pesanan) barang ini terutama terjadi pada penyerapan pasar terhadap produk unggulan seperti garmen tekstil, industri logam dan sepatu," kata Hanif.

Alasan lainnya adalah perjanjian kerja waktu tertentu yang tidak diperpanjang, perusahaan mengakhiri perpanjangan kontrak kepada pihak ketiga (outsourcing), kurang efisiensi dan pekerja tidak bersedia pindah lokasi.

"Tapai secara umum kan memang karena pertumbuhan ekonomi yang melambat menyebabkan beberap daerah dilaporkan ribuan pekerja terpaksa dirumahkan," tukasnya.


(mkl/ang)

Well, pemerintah masih tenang2 aja. Serikat buruh sibuk minta naik UMR. Buruh kecil yg tergencet... emoticon-Nohope
0
1.7K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread42KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.