- Beranda
- The Lounge
Dwelling Time Problem? Nih Bongkar Muat Tercepat Gan! Automated First
...


TS
januar.deni
Dwelling Time Problem? Nih Bongkar Muat Tercepat Gan! Automated First
Quote:

Quote:
PENDAHULUAN
Quote:
kalo belum mengenal tentang dwelling time bisa dibuka sini dulu gan, intinya itu adalah berapa lamanya proses bongkar muat kargo diplabuhan dah
Spoiler for pendahuluan:
Quote:
Pelabuhan adalah sebuah fasilitas di ujung samudera, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan barang kargo maupun penumpang ke dalamnya. Pelabuhan biasanya memiliki alat-alat yang dirancang khusus untuk memuat dan membongkar muatan kapal-kapal yang berlabuh. Crane dan gudang berpendingin juga disediakan oleh pihak pengelola maupun pihak swasta yang berkepentingan. Sering pula disekitarnya dibangun fasilitas penunjang seperti pengalengan dan pemrosesan barang. Peraturan Pemerintah RI No.69 Tahun 2001 mengatur tentang pelabuhan dan fungsi serta penyelengaraannya.
Pelabuhan juga dapat di definisikan sebagai daerah perairan yang terlindung dari gelombang laut dan di lengkapi dengan fasilitas terminal meliputi :
dermaga, tempat di mana kapal dapat bertambat untuk bongkar muat barang.
crane, untuk melaksanakan kegiatan bongkar muat barang.
gudang laut (transito), tempat untuk menyimpan muatan dari kapal atau yang akan di pindah ke kapal.
Pelabuhan juga dapat di definisikan sebagai daerah perairan yang terlindung dari gelombang laut dan di lengkapi dengan fasilitas terminal meliputi :
dermaga, tempat di mana kapal dapat bertambat untuk bongkar muat barang.
crane, untuk melaksanakan kegiatan bongkar muat barang.
gudang laut (transito), tempat untuk menyimpan muatan dari kapal atau yang akan di pindah ke kapal.
Spoiler for sumur:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pelabuhan
Quote:
pada kegiatan bongkar muat dikenal istilah dwelling time gan
Sedikit apa itu dwelling time *buat yg awam yah
Dwelling time itu lama petikemas tinggal di terminal (gateout datetime-discharge datetime) biasanya kalo org sebut dwelling time itu terminology untuk import.
Hal pertama yg jadi pertanyaan adalah knp pemerintah sangat berkonsentrasi terhadap dwelling time? Pertanyaan dalam hati saya saat mulai terlibat secara teknis di minilab. Kita semua sudah mengetahui didunia logistik semua yang menjadi tolok ukur adalah LPI (Logistics Performance Index), saya pastikan disana tidak ada index yang mengatur standar berapa lama petikemas harus stay didalam Terminal. LPI lebih bicara tentang soft infrastructure, hard infrastructure, kejelasan SOP sehingga ada kepastian proses adminstrasi, dll. dengan tujuan mengukur performansi logisitik suatu negara.
Saya sedikit terpuaskan mendapatkan jawaban saat ikut meeting di menko perekonomian, Pak Edhie Putra berkata "saat dwelling time kita rendah, itu adalah selling point Indonesia". Sedikit berkomentar dalam hati ada benernya tapi semua itukan di pengaruhi ekonomi makro dan tidak berarti dwell time rendah daya beli masyarakat tinggi. Anyway forget that, apapun alasannya yang pasti semakin dwelling time rendah adalah positive salah satunya Terminal petikemas tidak crowd dan jml produksi bisa lebih banyak.
negatifnya dwelling time terlalu lama:
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencatat ada ketidakefisienan di dalam aktivitas Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Tak tanggung-tanggung, ketidakefisienan mencapai sekira Rp780 triliun.
"Karena saya hitung ketidakefisieannya. Angkanya tidak kecil, mendekati Rp780 triliun," kata Jokowi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (17/6/2015).
Jokowi menambahkan, hal tersebut terjadi dikarenakan ada beberapa permasalahan yang hingga saat ini belum terselesaikan, salah satunya adalah masih lamanya waktu bongkar muat (dwelling time) di Pelabuhan Tanjung Priok yang diklaim masih 5,5 hari.
Sedikit apa itu dwelling time *buat yg awam yah

Quote:
anyway kata agan ini dwelling time ada baiknya kok
Hal pertama yg jadi pertanyaan adalah knp pemerintah sangat berkonsentrasi terhadap dwelling time? Pertanyaan dalam hati saya saat mulai terlibat secara teknis di minilab. Kita semua sudah mengetahui didunia logistik semua yang menjadi tolok ukur adalah LPI (Logistics Performance Index), saya pastikan disana tidak ada index yang mengatur standar berapa lama petikemas harus stay didalam Terminal. LPI lebih bicara tentang soft infrastructure, hard infrastructure, kejelasan SOP sehingga ada kepastian proses adminstrasi, dll. dengan tujuan mengukur performansi logisitik suatu negara.
Saya sedikit terpuaskan mendapatkan jawaban saat ikut meeting di menko perekonomian, Pak Edhie Putra berkata "saat dwelling time kita rendah, itu adalah selling point Indonesia". Sedikit berkomentar dalam hati ada benernya tapi semua itukan di pengaruhi ekonomi makro dan tidak berarti dwell time rendah daya beli masyarakat tinggi. Anyway forget that, apapun alasannya yang pasti semakin dwelling time rendah adalah positive salah satunya Terminal petikemas tidak crowd dan jml produksi bisa lebih banyak.
Spoiler for sumur:
https://www.linkedin.com/pulse/20141118184631-88343584-analisa-dwelling-time
negatifnya dwelling time terlalu lama:
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencatat ada ketidakefisienan di dalam aktivitas Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Tak tanggung-tanggung, ketidakefisienan mencapai sekira Rp780 triliun.
"Karena saya hitung ketidakefisieannya. Angkanya tidak kecil, mendekati Rp780 triliun," kata Jokowi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (17/6/2015).
Jokowi menambahkan, hal tersebut terjadi dikarenakan ada beberapa permasalahan yang hingga saat ini belum terselesaikan, salah satunya adalah masih lamanya waktu bongkar muat (dwelling time) di Pelabuhan Tanjung Priok yang diklaim masih 5,5 hari.
Spoiler for http://economy.okezone.com/read/2015/06/17/320/1166828/jokowi-ketidakefisienan-tanjung-priok-capai-rp780-triliun:
Quote:
Fully-Automated Container Terminals

Spoiler for teknologi pelabuhan otomatis:
Quote:
Waktu adalah uang - ini bukan hal baru. hal ini juga berlaku pada dermaga peti kemas.
transshipment dengan teknologi tinggi seperti CTA di Pelabuhan Hamburg, Jerman, atau ECT di Rotterdam, Belanda, sangatlah mengesankan karena kinerjanya dan membuat jelas bagaimana desain terminal yang efisien yang dapat memberikan pencerahan dalam penanganan kargo. otomatisasi adalah satu-satunya solusi yang hemat biaya.
Trio for excellent productivity – STS, AGV and ASC
As a pioneer in the automation of port activities and improvement of the associated logistics processes, we have been breaking new ground for decades. For loading and unloading, automated container transport and automated container storage, with our ship-to-shore cranes, automated guided vehicles and automated stacking cranes we offer a trio with which a high degree of automation can be achieved.
Sebagai pelopor dalam otomatisasi kegiatan pelabuhan dan peningkatan proses logistik yang terkait, kami telah melanggar "tanah baru" selama beberapa dekade. Untuk bongkar muat, transportasi kontainer otomatis dan penyimpanan kontainer otomatis, dengan kapal-ke-pantai crane, kendaraan dipandu secara otomatis dan susunan crane otomatis kami menawarkan trio teknologi dengan otomatisasi tingkat tinggi.
Keuntungan terminal operators:
-Peningkatan besar dalam menangani kinerja dan perbaikan kinerja terminal
-Pengurangan biaya upah
-Peningkatan pemanfaatan daerah tumpukan
-Peningkatan produktivitas dan pengurangan biaya per bersamaan bergerak
-AGV bekerja bersama-sama ASC secara efisien
-Perangkat lunak manajemen kami memungkinkan interaksi halus dari semua komponen transportasi. Hal ini dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam sistem manajemen terminal superordinat yang ada.
transshipment dengan teknologi tinggi seperti CTA di Pelabuhan Hamburg, Jerman, atau ECT di Rotterdam, Belanda, sangatlah mengesankan karena kinerjanya dan membuat jelas bagaimana desain terminal yang efisien yang dapat memberikan pencerahan dalam penanganan kargo. otomatisasi adalah satu-satunya solusi yang hemat biaya.
Trio for excellent productivity – STS, AGV and ASC
As a pioneer in the automation of port activities and improvement of the associated logistics processes, we have been breaking new ground for decades. For loading and unloading, automated container transport and automated container storage, with our ship-to-shore cranes, automated guided vehicles and automated stacking cranes we offer a trio with which a high degree of automation can be achieved.
Sebagai pelopor dalam otomatisasi kegiatan pelabuhan dan peningkatan proses logistik yang terkait, kami telah melanggar "tanah baru" selama beberapa dekade. Untuk bongkar muat, transportasi kontainer otomatis dan penyimpanan kontainer otomatis, dengan kapal-ke-pantai crane, kendaraan dipandu secara otomatis dan susunan crane otomatis kami menawarkan trio teknologi dengan otomatisasi tingkat tinggi.
Keuntungan terminal operators:
-Peningkatan besar dalam menangani kinerja dan perbaikan kinerja terminal
-Pengurangan biaya upah
-Peningkatan pemanfaatan daerah tumpukan
-Peningkatan produktivitas dan pengurangan biaya per bersamaan bergerak
-AGV bekerja bersama-sama ASC secara efisien
-Perangkat lunak manajemen kami memungkinkan interaksi halus dari semua komponen transportasi. Hal ini dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam sistem manajemen terminal superordinat yang ada.

Quote:
RAMAH LINGKUNGAN
Green Technologies
Tuntutan lingkungan memiliki pengaruh yang kuat pada produk ini. Jadi, sebagai produsen terkemuka di industri, kami telah memfokuskan kegiatan R & D kami untuk pengembangan dan penerapan peralatan penanganan ramah lingkungan yang memungkinkan pengoperasian terminal berkelanjutan. Ini termasuk:
energy efficiency – by the consistent employment of electrical drive technology
reduction of exhaust emissions – by the use of power from the terminal mains or the employment of hybrid and battery drive units.
noise reduction – by dispensing with on-board drive units
clearance reduction – thanks to automation
reduction of dust emissions – by means of innovative dust suppression systems
space efficiency – through high stacking density for the maximum utilisation of existing space.
Quote:
Lift AGVs are a further development of the proven Terex® Gottwald AGV technology. Unlike conventional AGVs, the lift AGV has two active lifting platforms. These enable the vehicle to lift and place containers independently on transfer racks in the interchange zone in front of the stacking cranes. Two 20’ containers can be handled independently of each other or one container of any size.
The result: shorter downtimes and increased working frequency.
The result: shorter downtimes and increased working frequency.
Quote:
Tests of Virtual Terminal Environments Provide Greater Investment Security
Terminal modern dikendalikan dan dipantau oleh sistem TI yang kompleks. Mengimplementasikan perangkat lunak baru dapat melibatkan masalah gigi. Kerusakan, malfungsi dan waktu tunggu tidak bisa, bagaimanapun, akan ditoleransi ketika menghadapi tekanan dari kompetisi. Apa yang dilakukan?
Jawabannya adalah simulasi dan emulasi. Dengan bantuan simulasi komputer, belajar melalui studi kasus prosedural ("bagaimana jika"), kita mengevaluasi berbagai desain untuk sistem sebagai bagian dari perencanaan terminal dan menyediakan operator dengan ide dari gerakan dan interaksi dari semua mesin secara tepat waktu, dan karena itu memberikan informasi tentang kondisi saat ini dan kemungkinan masa depan dalam terminal.
Dengan emulasi, kita mengambil satu langkah lebih jauh: berdasarkan simulasi, kami menguji modul software terminal dan modifikasi dari konfigurasi sistem dalam lingkungan terminal virtual yang kita sangat tepat menggambarkan kondisi mereka realistis akan terjadi kemudian. Oleh karena itu kami memberikan operator yang akan membuat keamanan keputusan investasi yang lebih besar jauh sebelum mesin dan IT struktur baru diimplementasikan.
Terminal modern dikendalikan dan dipantau oleh sistem TI yang kompleks. Mengimplementasikan perangkat lunak baru dapat melibatkan masalah gigi. Kerusakan, malfungsi dan waktu tunggu tidak bisa, bagaimanapun, akan ditoleransi ketika menghadapi tekanan dari kompetisi. Apa yang dilakukan?
Jawabannya adalah simulasi dan emulasi. Dengan bantuan simulasi komputer, belajar melalui studi kasus prosedural ("bagaimana jika"), kita mengevaluasi berbagai desain untuk sistem sebagai bagian dari perencanaan terminal dan menyediakan operator dengan ide dari gerakan dan interaksi dari semua mesin secara tepat waktu, dan karena itu memberikan informasi tentang kondisi saat ini dan kemungkinan masa depan dalam terminal.
Dengan emulasi, kita mengambil satu langkah lebih jauh: berdasarkan simulasi, kami menguji modul software terminal dan modifikasi dari konfigurasi sistem dalam lingkungan terminal virtual yang kita sangat tepat menggambarkan kondisi mereka realistis akan terjadi kemudian. Oleh karena itu kami memberikan operator yang akan membuat keamanan keputusan investasi yang lebih besar jauh sebelum mesin dan IT struktur baru diimplementasikan.
Quote:

Uno Bryfors ABB berbicara tentang bagaimana otomatisasi membantu terminal kontainer untuk memenuhi tantangan implisit dengan penanganan kapal yang lebih besar dan volume kontainer besar.
Di pelabuhan dan terminal perubahan iklim, Mr Bryfors menjelaskan bagaimana operator dapat menyetujui
Quote:

Pelabuhan otomatis dan terminal peti kemas menggunakan robot seperti kendaraan otomatis dipandu (AGVs), susun crane otomatis, sistem gantry otomatis, dan angkutan otomatis dan lift. Teknologi yang ditampilkan adalah dari ABB Robotics, Pelabuhan Rotterdam, dan TEUSTACK dari FATA grup / Finmeccanica.
Quote:

Teknologi otomatisasi Cavotec E ³ Berth memastikan aman, berkelanjutan dan efisien operasi pelabuhan. Sistem ini meliputi MoorMaster ™ mooring otomatis, pantai-ke-kapal Alternatif Maritime Daya (AMP), sistem kabel bermotor dan kontrol radio remote. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang Ports kami dan Kelautan
Quote:
berikut dermaga bongkar muat yang mestinya jadi referensi
Quote:
Port Of Hamburg
Quote:
Pelabuhan Hamburg adalah salah satu yang terbesar di dunia, karena Hamburg adalah salah satu pintu ekonomi Eropa Utara. Kita bisa berkeliling di Pelabuhan Hamburg dengan Ferry, Ada begitu banyak cara untuk menikmati pelabuhan Hamburg, yang berusia lebih dari 800 tahun, salah satunya dengan mengambil perahu wisata, berjalan-jalan sepanjang tepi pantai, dan makan malam seafood yang sangat enak di restoran Rive, yang menawarkan pemandangan pelabuhan. Tak salah jika tempat wisata di Hamburg ini menjadi tujuan favorit wisatawan.

Kalmar ASCs in action at Germany's largest container terminal, the Container Terminal Burchardkai (CTB) in the Port of Hamburg, operated by Hamburger Hafen und Logistik AG (HHLA).
Kalmar ASCs beraksi di terminal peti kemas terbesar di Jerman, Container Terminal Burchardkai (CTB) di Pelabuhan Hamburg, dioperasikan oleh Hamburger Hafen und Logistik AG (HHLA).

Quote:
Port Of Rotterdam
Quote:
Jika ada satu tempat yang membuat Belanda menjadi negara perdagangan yang penting saat ini, maka tempat itu adalah Rotterdam. Pelabuhan Rotterdam terletak di lokasi bertemunya sungai-sungai besar di Eropa, dapat dicapai oleh kapal laut dan saat ini dapat mencapai tujuan pasar dengan satu juta orang hanya dalam perjalanan satu hari. Rotterdam menjadi pilihan yang masuk akal sebagai pelabuhan utama di Eropa. Pembangunan kembali pelabuhan tersebut menjadi prioritas utama setelah berakhirnya perang di Belanda. Pelabuhan Rotterdam rusak parah selama Perang Dunia Kedua, hampir setengahnya hancur. Perdagangan dengan Jerman berhasil diperbaiki, sebagian karena kebangkitan kembali Jerman dan sebagian lagi karena kerjasama yang berhasil antar negara-negara Eropa
An introduction to the world port Rotterdam by the Rotterdam Port Promotion Council
Pengantar pelabuhan Rotterdam dunia oleh Dewan Pelabuhan Promosi Rotterdam
Spoiler for sumur:
http://www.entoen.nu/havenvanrotterdam/id

An introduction to the world port Rotterdam by the Rotterdam Port Promotion Council
Pengantar pelabuhan Rotterdam dunia oleh Dewan Pelabuhan Promosi Rotterdam

Quote:
BONUS
Quote:
Full BBC Documenteries science 2015 Megastructures Bridge Port Of Rotterdam Nat Geo

Quote:
Megastructures - Port Of Rotterdam Documentary National Geographic.

Quote:
Diubah oleh januar.deni 02-09-2015 08:23
0
8.5K
Kutip
57
Balasan


Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!

The Lounge
925.8KThread•93.1KAnggota
Urutkan
Terlama


Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru