Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gimbala.dimba13Avatar border
TS
gimbala.dimba13
Effendy Gazali: Pidato Jokowi Seperti Menantang FIFA
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar komunikasi politik dari Universitas Indonesia, Effendi Gazali mengatakan pidato Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam pembukaan turnamen Piala Presiden di Bali, Ahad (30/8) lalu dapat menimbulkan risiko.

Sebelumnya Jokowi mengatakan Indonesia harus bersabar. Jokowi mengaku tidak masalah Indonesia diberi sanksi FIFA untuk tidak bertanding, dibandingkan Indonesia bermain tetapi akan terus menelan kekalahan.

"Beresiko kalau FIFA tahu, sebelumnya FIFA memberikan sanksi karena dorongan dari Pemerintah, tiba-tiba Pemerintah bilang seperti itu. Itu seperti menantang FIFA," kata Effendi, Senin (31/8).

Meskipun demikian, Effendi menganggap pidato Jokowi tidak sepenuhnya beresiko. Sebagian besar daripidato Jokowi dinilai bagus. "Pidato Jokowi 80 persen memang bagus, tapi ada 20 persennya yang tidak mengenai sanksi FIFA," ujar Effendi.

Dalam pidatonya, Jokowi kemudian melanjutkan mengenai kebangkitan sepak bola Indonesia yang garus tetap dijalankan. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan reformasi adalah pilihan yang harus diambil untuk membangun prestasi sepak bola nasional di masa yang akan datang.


fifa kok ditantang, baned ditambah
0
3K
31
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.