Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Gara-gara Pria Jadi Wanita dan Wanita jadi Pria.. Hewan ini Ketularan Ganti Kelamin

setsot84Avatar border
TS
setsot84
Gara-gara Pria Jadi Wanita dan Wanita jadi Pria.. Hewan ini Ketularan Ganti Kelamin
Aneh, reptil ini bisa ganti kelamin saat kepanasan

Gara-gara Pria Jadi Wanita dan Wanita jadi Pria.. Hewan ini Ketularan Ganti Kelamin
Mood seseorang bisa saja berubah-ubah seperti cuaca. Tetapi bagi reptil ini, bukan moodnya yang berubah bersamaan dengan cuaca, tetapi juga jenis kelaminnya. Peneliti baru saja menemukan fenomena unik dari reptil berjenis Australian Central Bearded Dragon. Hewan ini bisa ganti kelamin ketika kepanasan.

Penelitian menunjukkan bahwa reptil ini memiliki embrio dengan dua kromosom Z. Ini berarti Australian Central bearded Dragon secara genetis adalah jantan, tetapi juga bisa berubah menjadi betina ketika sel telur dalam tubuhnya mengalami inkubasi. Sementara itu, biasanya sel telur dalam tubuhnya akan mengalami inkubasi pada cuaca yang panas atau hangat, yaitu ketika temperatur tubuhnya cocok untuk mengerami telur.

Karena itu, jenis kelamin hewan ini tak hanya ditentukan oleh kromosom yang ada dalam tubuhnya seperti binatang kebanyakan, tetapi juga ditentukan oleh temperatur tubuhnya, seperti dilansir oleh Metro.

Ini adalah pertama kalinya peneliti menemukan perubahan pada hewan liar. Melalui pengamatan terhadap 131 reptil dewasa, peneliti menemukan bahwa ketika cuaca semakin hangat dan panas, spesies ini tetap memiliki kromosom binatang jantan tetapi sebenarnya berjenis kelamin betina.

"Meski selama ini teori tentang pergantian kelamin pada reptil sudah banyak terlihat di laboratorium, namun ini pertama kalinya kami melihat kondisi tersebut di alam liar secara alami," ungkap Dr Clare Holleley dari Canberra University.

Kini peneliti khawatir akan adaptasi reptil unik ini pada perubahan iklim berkaitan dengan pemanasan global di bumi. Karena tubuh dan kelangsungan hidup reptil ini bisa sangat terpengaruh oleh cuaca sekitarnya.

Spoiler for BACA INI YANG PENTING BANGET INTI NYA!!!:
Diubah oleh setsot84 31-08-2015 04:48
0
3.2K
32
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.4KThread88.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.