Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gfirmandaAvatar border
TS
gfirmanda
Merasakan dinginnya surga para pendaki. Mt. Semeru (Ranu Kumbolo)
Rabu, 29 Juli 2015 . Beberapa minggu setelah kami diSah-kan (diwisuda) secara resmi , mulai memantapkan rencana untuk melakukan pendakian di Gunung Semeru, Jawa Timur emoticon-Traveller . Setelah pertimbangan ini itu, akhirnya moda transportasi yang kami pilih untuk menuju kelokasi adalah dengan naik motor. Meeting point untuk perjalanan kali ini dari Surabaya dan kami sengaja memilih perjalanan malam hari dengan pertimbangan efisiensi waktu dengan perkiraan sampai di Ranu Pani (istirahat/tidur) dan pagi harinya bisa langsung memulai pendakian.

Jam 23.00 WIB, setelah semua tim berkumpul dan berdoa kami mulai meninggalkan kota Surabaya. Jalanan relatif sepi & lancar (berkah perjalanan malam hari) jadi santai aja, gak perlu kebut2-anemoticon-Malu (S) , kira-kira jam 3.30 WIB sampai di RANU PANI, setelah sebelumnya berhenti beberapa menit disekitaran PASAR TUMPANG untuk mengisi bbm dan membeli camilan di minimart. (buat yang mau ke Gunung Semeru naik motor, saya sarankan buat ngisi bbm motornya penuh, perjalanan menuju ranupani bener2 nguras bbm gan, daripada motornya ngadat gara2 bensinnya abis, dijamin gak ada yang lewat lagi kecuali jeep yang juga bawa rombongan pendaki naik. Itupun juga bakalan lewat doank gan emoticon-Takut (S) , kecuali yang bawa jeep lagi baik hati, terus motor agan diangkut diatas jeepnya emoticon-Ngakak (S))

SKIP. Kamis, 30 Juli 2015. Setelah sampai di Ranu Pani dan parkir motor, kami istirahat sejenak sambil menunggu matahari terbit. Hawa dinginnya udah mulai kerasa gan disini, beberapa ada yang tertidur di dekat api unggun yang dibuat oleh masyarakat adat sana. tidur di mana aja mah kalo udah gini pules rasanya emoticon-Malu (S) .

Jam 07.00 WIB. Setelah bangun dan menghirup udara pagi pertama kami di RanuPani, langsung menuju ke pos pendaftaran yang letaknya tidak jauh dari parkiran motor (sekitar 500 meter) . Pos pendaftaran di buka pukul 08.00 WIB , selama menunggu pos dibuka kami mulai mempersiapkan Uang Tiket dan Surat keterangan sehat yang sudah kami kumpulkan sebelumnya. (fyi kami melakukan perjalanan ke Gunung Semeru ini pada saat hari biasa, saya sarankan untuk agan&sista yang berencana ke Gunung Semeru pada hari libur, sabtu, minggu bisa melakukan pendaftaran online terlebih dahulu untuk mengantisipasi habisnya kuota pendaki pada setiap harinya, pendaftaran online bisa di lakukan di SINI gan .Info ini juga kami dapatkan setelah kami dibriefing oleh pihak pengelola taman nasional bromo tengger semeru (TNBTS) sebelum memulai pendakian di ruang information center)

Spoiler for RanuPani:


Spoiler for RanuPani2:


Jam 09.00 WIB.Setelah proses pendaftaran selesai kami bersama rombongan lain diberikan arahan sebelum memulai pendakian. Setelah selesai kami sempatkan makan di warung sekitaran RanuPani. Harganya masih normal gan, untuk kebutuhan perut masih wajar lah.seporsi 14ribu udah sama minumnya.

Jam 10.00 WIB. Sudah daftar, Sudah Makan, kami putuskan untuk mulai pendakian. Perjalanan menuju RANU KUMBOLO dalam waktu normal bisa ditempuh 4-5 jam, bergantung pada kondisi fisik setiap individu. terdapat 4 pos pendakian sebelum kami semua bisa mengintip danau dari atas bukit . (jangan kuatir bagi yang mudah lelah, haus, lapar. Di pos 1,2,dan 3 kalian bisa istirahat dan beli makan, minum di sini, yang jual warga sekitaran gunung gan, jadi siapkan uang disaku biar gak repot bongkar2 tas lagi, khusus pos 4 gak ada yang jual gan, dikarenakan lokasi pos 4 yang sudah relatif dekat dengan lokasi camp ground Ranu Kumbolo)

Spoiler for OTW:


Spoiler for Nempel Molor:


Spoiler for Ngintip Ranu Kumbolo:



Jam 15.30 WIB.Akhirnya rombongan kami sampai di camp ground Ranu Kumbolo . Lelah kami akhirnya terbayar dengan keindahan danau Ranu Kumbolo. Setelah mengagumi ciptaan Tuhan beberapa saat, kami langsung mendirikan tenda agar bisa beristirahat atau paling tidak menghangatkan badan. Suhu dingin di Ranu Kumbolo sudah terasa meskipun masih sore.

Spoiler for Camp:


Spoiler for Camp2:


SKIP. acara Bebas . Tidak banyak yang kami lakukan di sini kecuali bersyukur dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semua pencapaian kami. Setelah 4 tahun kami ditempa di bangku kuliah, terpecah karena perbedaan arah, kami baru sadari bahwa ternyata ALAM lah yang dapat menyatukan kami kembali.

Spoiler for Asap Semeru :


Spoiler for Es Ranu Kumbolo:


Spoiler for Es Rumput:


Spoiler for TIM:


=========================================================================================================

Spoiler for SALAM LESTARI!:
Diubah oleh gfirmanda 06-08-2015 05:17
0
4K
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cerita Pejalan Domestik
Cerita Pejalan Domestik KASKUS Official
2.1KThread2.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.