Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DPand3805Avatar border
TS
DPand3805
Mengenal Beberapa Satelit Paling Pertama
Komukasi dan Informasi

Segala hal terkait komunikasi jarak jauh yang terjadi sekarang tidak terlepas dari jasa para penemu dan temuannya. Salah satu temuan paling modern pada eranya (bahkan sampai sekarang) adalah satelit komunikasi yang mengorbit di atas bumi sana. Bahkan, tulisan yang saya buat dari salah satu sudut kota di Bandar Lampung ini bisa terbaca di ujung kota lain di sana adalah nilai baik dari ditemukannya satelit komunakasi. Berikut ini akan saya bagi sedikit profil beberapa satelit komunikasi paling pertama.


Spoiler for Sputnik 1:


Spoiler for SCORE:


Spoiler for TIROS I:


Spoiler for Echo 1:


Seperti yang kita ketahui, Amerika dan Russi adalah 2 negara yang selalu berlomba 'menguasai' angkasa selepas Perang Dunia II, namusn setelah memasuki era 1970-an satu per satu negara lain di luar AS-Russia mulai ikut 'berlomba' meluncurkan satelit ke luar angkasa. Negera pertama selain AS-Russia adalah Canada yang berhasil mengorbit Bumi.


Spoiler for Anik 1:


Spoiler for Aryabhata:


Spoiler for Palapa A1:


Setelah angkasa 'dikuasai' 2 kekuatan besar saat itu, yaitu Barat dan Russia, akhirnya muncullah perwakilan dari Asia, yaitu India dan Indonesia. Tidak lama kemudian Liga Arab dan Pakistan juga turut menyumbang satelit ke angkasa, yaitu melalui Arabsat-1A milik Liga Arab pada 02 February 1985 dan Badr-1 milik Pakistan pada 16 Juli 1990.


Note:
Tulisan ini tidak lengkap, masih banyak satelit-satelit 'edisi pertama' yang belum sempat saya cantumkan. Jika ada waktu akan saya update.

Saya mencoba membayangkan jika saya hidup dan sudah mengerti dunia pada masa Palapa 1A. Entah sebesar apa kebanggan yang saya miliki sebagai bagian dari Indonesia jika saya ada pada masa itu. Bisa kita bayangkan, tahun 70-an putra-putri bangsa ini sudah menciptakan satelit dan diwakili oleh Soeharto mengulangi perkataan Gadja Mada bahwa Palapa ada untuk menyatukan Nusantara.

Namun, enteh kenapa kini perkembangan komunikasi/informasi Indonesia yang menurut saya sudah sangat berkecukupan ini justru kadang salah arah, salah pemanfaatan. Bukan lagi pemersatu seperti cita-cita Palapa, sering kita lihat justru konten provokatif tersebar luar, memecah-belah bangsa dengan isu SARA.

Semoga tidak repost dan semoga bermanfaat.

Sekian dan Terima Kasih
*akan update jika ada waktu luang.
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
2.1K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread11.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.