Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

neoliberal.imfAvatar border
TS
neoliberal.imf
BI Sebut Rencana Paket Kebijakan Besar Jokowi Bisa Menguatkan Rupiah ke 12 RIBU!


Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) merespon positif rencana pemerintah untuk mengeluarkan suatu paket kebijakan besar. Menurutnya, rencana tersebut telah memberi sentimen positif yang ditunjukan pada penguatan Rupiah kemarin.

"Kalau kita melihat pemerintah akan mengeluarkan paket untuk mendorong ekonomi dan pengendalian nilai Rupiah agar stabil, upaya untuk menghimpun devisa, saya menyambut baik," ujar Gubernur BI Agus Martowardojo di Gedung BI, Jakarta, Jumat (28/8).

Menurutnya, di penutupan perdagangan kemarin, Rupiah sempat menguat ke level Rp 13.990 per USD. "Artinya ada penguatan, karena dinamika pemerintah akan mengeluarkan paket kebijakan perbaikan," jelas dia.

Bank sentral juga mencatat jika depresiasi Rupiah sejauh ini sudah sebesar 12,9 berdasarkan year to date (ytd). Sementara itu, negara-negara lain seperti Brazil mengalami depresiasi hingga 33 persen (ytd), Turki 24 persen (ytd), Malaysia 21 persen (ytd), Afrika Selatan 13 persen (ytd).

Selain itu, BI juga akan berusaha menjaga inflasi agar sesuai dengan sasarannya serta menjaga transaksi berjalan agar lebih kecil defisitnya dan melancarkan penyaluran kredit untuk memperbaiki ekonomi.

Maka dari itu, Agus meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang guna menghadapi masalah ekonomi yang saat ini terjadi. Sebab dirinya optimis jika keadaan saat ini sudah mengarah ke arah yang lebih baik, meskipun tetap harus ada kehati-hatian.

"BI akan selalu ada di pasar, kita akan jaga supaya stabilitas pasar valas itu terjaga dan kita juga akan merespons dalam bentuk bauran kebijakan, bauran kebijakan itu adalah kebijakan moneter yang prudent dan konsisten," ungkapnya.

http://www.merdeka.com/uang/bi-sebut...h-menguat.html

12 Ribu brayemoticon-2 Jempol
0
4.7K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.