Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

victimofgip21Avatar border
TS
victimofgip21
(SALAH SANKSI?) Ada Blog Bikin Geger Pasar Keuangan, Ini Penjelasan JPMorgan
Jakarta - Pasar keuangan dalam negeri sempat dibuat geger oleh kabar analis JP Morgan yang meminta investor hengkang dari Indonesia. Kabar tersebut juga sempat dikutip oleh beberapa media nasional.

Selidik punya selidik, kabar yang simpang siur itu bukan dimuat dalam sebuah portal berita, melainkan sebuah blog yang disediakan oleh portal berita barrons.com.

Si penulis blog pun salah mengartikan hasil riset JP Morgan soal prospek obligasi Indonesia. Menurut keterangan tertulis JP Morgan, seharusnya rekomendasi untuk prospek surat utang di Indonesia adalah 'Underweight' bukan 'Sell' seperti tertulis dalam blog tersebut.

Underweight berarti ada risiko pada surat utang (obligasi) Indonesia untuk underperform dalam tiga bulan ke depan.

"Jadi bukan sell (anjuran jual) seperti yang tertulis dalam blog tersebut. Yang benar underweight," kata JP Morgan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/8/2015).

Blog yang membuat heboh itu di-posting pada Senin 24 Agustus 2015 lalu. Judulnya, 'Jual Surat Utang Indonesia dan Rupiah SEKARANG'.

Blog tersebut ditulis oleh Shuli Ren yan mengutip analis JP Morgan bernama Arthur Luk dan Bert Gochet. Dalam tulisannya, blog tersebut seolah-olah meminta seluruh investor melepas portofolio di Indonesia.

Disinggung juga soal pasar keuangan Asia dan ekonomi negara-negara berkembang yang bergejolak dalam blog tersebut.

Namun, meski belum jelas siapa yang bersalah, apakah JP Morgan atau si penulis blog, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro sudah memberikan sanksi kepada perusahaan investasi tersebut.

"Sudah kita tegur, sudah kita beri sanksi," kata Bambang.


Sumber

Pemerintah planga plongo sudah menjatuhkan sanksi tanpa menyelidiki. Entah sanksi apa yang dikasih. Eh rupanya salah sanksi pula.

Pemerintah dagelan. Pemerintah warung kopi.
0
2.3K
24
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.