Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ichsanalif.amdAvatar border
TS
ichsanalif.amd
Tips Mengoptimalkan Kemampuan Processor AMD jenis APU


APU terkenal sebagai processor yang terdapat IGP Built-In yang Cukup fantastis, Harga yang ditawarkan cukup murah, dan juga terkenal sebagai processor hemat daya dari AMD untuk Desktop maupun Mobile. Kini saya akan memberitahukan tips mengoptimalkan kemampuan processor AMD APU, Pada Keluarga APU A-Series, E-Series, dan C-Series. Berikut langkah-langkahnyaemoticon-Ngacir2 :


1. Pakailah RAM Dual channel dengan kecepatan tinggi



Dual-Channel? Apa itu? Dual Channel (Dual = dua, channel = saluran) merupakan salah satu prinsip kerja memory. Dual channel itu sendiri merupakan teknologi yang dimiliki oleh Motherboard. Prinsip ini membutuhkan 2 (Dua) Memory Modul (2 Keping memory) yang sama dan identik, serta kemampuan Mainboard dan Chipset harus mendukung penggunaan Dual Channel. Prinsip ini mampu mempercepat kinerja memory dibanding Single Channel.

APU AMD Lebih Optimal apabila Disandingkan dengan RAM Dual Channel berkecepatan Tinggi, maksudnya berkecepatan tinggi adalah frekuensi RAM itu tinggi, seperti RAM 2133 Mhz tentu lebih cepat daripada ram 1866 Mhz. Biasanya, Manufaktur Laptop atau Komputer hanya memberikan kecepatan RAM 1033 Mhz, maka dari itu, anda setidaknya mengupgrade menjadiRAM 1600 Mhz, RAM 1866 Mhz atau 2133 Mhz. TETAPI, Anda juga harus melihat apakah Motherboard/Processor itu sendiri bisa memakai RAM berkecepatan tinggi, anda bisa melihatnya dengan cara memakai software CPU-Z.

2. Pakailah SSD (solid state drive) atau HDD (Harddisk) berkecepatan 10.000 rpm



Anda telah mengupgrade RAM menjadi Dual-Channel berkecepatan tinggi tetapi masih kurang puas? Solusinya, Gunakanlah SSD atau HDD berkecepatan 10.000 rpm. Karena manufaktur hanya memberikan HDD berkecepatan 5400 rpm, bukannya harddisk 5400 rpm jelek, hanya lumayan lambat dalam kecepatan membaca data dan menulis data, (R/W Speed).



Harga SSD memang cukup mahal apabila dibandingkan dengan harddisk, karena teknologi yang digunakan pun berbeda. Anda bisa melihat gambar diatas, HDD masih memakai piringan dalam menyimpan data, sedangkan SSD telah menggunakan chip, dan read/write speed jauh lebih cepat SSD. Apabila anda terbatas dalam budget, anda bisa membeli Harddisk 10.000 rpm

3. Update Catalyst Control ke versi yang lebih tinggi, Tetapi jangan terlebih dahulu update yang betaemoticon-Bingung (S)



AMD Catalyst Control Panel ini merupakan "Driver" terpenting dalam APU anda, dengan mengupdatenya, anda akan mendapatkan optimalisasi Processor APU dalam bermain game, rendering maupun bekerja. Dan PENTING, jangan dahulu mengupdate versi beta, masih ada cukup banyak masalah driver apabila anda mengupdatenya

4. Ketika melakukan pekerjaan berat seperti gaming atau rendering, pastikan suhu processor tidak boleh lebih dari 60' C untuk Laptop dan 70' C untuk Desktop




Suhu bagi processor sangatlah penting, dan ukuran suhu processor bukanlah di ukur dengan cara dipegang tidak panas emoticon-Hammer (S) , Dengan melihatnya memakai software HWInfo atau SpeedFan. Karena apabila suhu processor terlalu panas, processor tidak mengeluarkan performa terbaiknya, yang ada malahan komputer/laptop terbakaremoticon-Ngakak (S) . Solusi agar Komputer/Laptop anda tidak panas dengan cara menambahkan pendingin tambahan seperti cooling pad atau memakai watercoolng/dry ice

Sekian Tips Mengoptimalkan Kemampuan Processor AMD jenis APU (Accelerated Processing Unit), Agar ketika bermain games atau rendering performa meningkat signifikan. stay RED!emoticon-I Love Kaskus (S)

emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast

Terimakasih.emoticon-I Love Indonesia
0
17.7K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer StuffKASKUS Official
50.4KThread9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.