Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Membakar Kalori dan Lemak dengan Latihan Olahraga HIIT 7 Menit Workout

ainkbroAvatar border
TS
ainkbro
Membakar Kalori dan Lemak dengan Latihan Olahraga HIIT 7 Menit Workout
Halo, postingan kali ini kita coba mengangkat pembahasan mengenai fenomena metode latihan untuk menghilangkan banyak kalori dalam tubuh kita yang sedang banyak dilakukan atau digandrungi oleh masyarakat olahraga saat ini. Metode latihan tersebut adalah HIIT (High Intensity Interval Training), dari pengertiannya saja bagi masyarakat olahraga mungkin sudah diketahui. HIIT ini merupakan latihan dengan intensitas tinggi yang diselingi waktu istirahat.

Baca Juga Tentang > 3 Gerakan HIIT Menguatkan Otot Inti Tubuh

Intensitas adalah berat ringannya suatu aktifitas. Ciri dari latihan dengan intensitas tinggi adalah cepat timbulnya kelelahan atau cepat timbulnya penumpukan hampas otot yang berupa asam laktat (Lactat Acid). Asam laktat ini akan muncul ketika otot kita berkontraksi terus menerus tanpa henti selama kurang lebih 0 sampai 10 detik, karena merupakan hasil dari proses pemakaian energi siap pakai yang ada di dalam otot kita yaitu ATP-PC. Ketika asam laktat sudah muncul maka akan mengganggu kontraksi otot sehingga otot kita terasa berat untuk bergerak. Asam laktat ini bisa diuraikan dengan menghirup oksigen yang banyak untuk di daur ulang menjadi energi kembali.

Baca Juga Renang HIIT >Hit The Pool, Membakar Kalori Dengan Renang

A. Pengertian
HIIT adalah sebuah metode latihan untuk mendapatkan efek afterburn, jadi tubuh anda akan terus membakar kalori selama kurang lebih 2 jam setelah melakukan latihan HIIT ini. HIIT mempunyai ciri-ciri tertentu dalam melakukannya.

Wajib Baca Bagi Yang Tidak Punya Waktu Untuk Berolahraga >Tidak Punya Waktu Berolahraga?, Coba Latihan HIIT

B. Ciri HIIT
Beberapa ciri dari HIIT adalah:
- Intensitas tinggi
- Cepat timbulnya kelelahan
- Gerakan yang dilakukan kuat dan cepat atau eksplosif
- Waktu istirahat yang sebentar diantara pengulangan gerakan
- Waktu melakukan gerakan tidak terlalu lama sekitar 30 detik
- Ketika melakukan gerakan tetap menghirup oksigen (tidak tahan nafas)
Itulah beberapa ciri dari metode HIIT, metode adalah tata cara melakukan sesuatu. Sedangkan bentuk latihannya tergantung dari kebutuhan komponen fisik sesuai cabang olahraga atau keinginan untuk mengolah bagian tubuh mana yang ingin dibentuk. Latihan dengan metode ini sebetulnya untuk membantu membentuk fondasi alat gerak aktif kita yaitu otot, semakin tinggi massa otot makan kekuatan otot akan semakin kuat. Sesuai dengan ciri dari HIIT di atas bahwa gerakan-gerakan yang dilakukan sifatnya eksplosif yang diharuskan memiliki power yang baik.

C. HIIT 7 Menit
Di bawah ini, akan dicontohkan beberapa gerakan HIIT dari berbagai sumber :

1. Jumping Jacks 30 detik

Jumping Jacks

2. Push Up 30 detik

push ups

3. Crunch 30 detik

Crunch

4. Step Up on To Chair 30 detik

Step Up on To Chair

5. Triceps Dip on Chair 30 detik

Triceps Dip on Chair

6. Lunge 30 detik

Lunge

7. Plank 30 detik

Plank

8. Wall Sit 30 detik

Wall Sit

9. Superman 30 detik

Superman

10. Righ Side Plank 30 detik

Righ Side Plank

11. Left Side Plank 30 detik

Left Side Plank

12. High Knees Running in Places 30 detik

High Knees Running in Places

13. Flutter Kicks 30 detik

Flutter Kicks

14. Heel Touch 30 detik

Heel Touch

DALAM BENTUK VIDEO DI BAWAH INI


Diantara gerakan diberikan istirahat 10-15 detik. Semua rangkaian gerakan ini dilakukan tergantung dari kemampuan tubuh anda melakukannya. Misalkan pada saat anda pertama kali melakukan kuat hanya satu kali pengulangan ya cukup satu kali saja pada hari itu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam satu minggu minimal anda melakukan 3 kali pengulangan ketika awal-awal anda melakukan. Setelah tubuh anda bisa beradaptasi, pengulangannya bisa ditambah bisa menjadi sehari dua kali pengulangan pagi dan sore.

Sekian postingan mengenai cara membakar kalori dan lemak dengan HIIT 7 menit workout, semoga bermanfaat.
Terima kasih

Sumber : Dunia Olahraga

Bacaan Lanjutan Yang disarankan:
8 Keuntungan Latihan HIIT
Latihan HIIT Workout Untuk Pemula
7 Menit Memahat Perut Menjadi Six Pack
HIIT Workout Memaksimalkan Pembakaran Lemak

Thread ane lainnya
Mengatasi Cedera Otot,Tendon dan Ligamen Dengan Metode R.I.C.E
Cedera Otot Dalam? Pakai Balsem? Atau Es Batu?
Air Es Membuat Perut Buncit? Benarkah?
Olahraga Untuk Ibu Hamil dan Melahirkan
Olahraga dan Latihan Yang Benar Menggunakan Aturan FITT
nona212
nona212 memberi reputasi
1
28.1K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.