Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chacha.sienaAvatar border
TS
chacha.siena
Jokowi-JK Untuk Indonesia HEBAT !!!
Jokowi Ingin Kembalikan Indonesia ke Posisi Sentral Dunia



Liputan6.com, Jakarta - Politik Internasional menjadi salah satu pembahasan Debat Capres Jilid III, selain Ketahanan Nasional. Terkait isu internasional, kandidat presiden Joko Widodo (Jokowi) bertekad membawa Indonesia kembali ke posisi sentral dunia.

"Arah kebijakan luar negeri Pak Jokowi menguatkan posisi Indonesia di Asia Pasifik. Mengembalikan Indonesia pada posisi sentral," ujar anggota tim sukses Koalisi Indonesia Hebat, Eva Kusuma Sundari saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Minggu (22/6/2014).

Dia menjelaskan, seperti yang termuat dalam visi misinya, Jokowi dan Jusuf Kalla (JK) juga akan menerapkan kebijakan luar negeri yang bebas dan aktif.

Yang dimaksud kebijakan bebas dan aktif adalah sikap politik luar negeri Indonesia yang tidak terikat oleh suatu ideologi, tidak masuk blok negara asing tertentu dan dengan aktif ikut mengambil prakarsa dalam mengembangkan persahabatan dan kerja sama internasional.

Selain itu, politisi PDIP tersebut pun menegaskan, Jokowi-JK akan bertindak tegas dengan pihak asing, terutama dalam hal kerja sama. Jika tidak menguntungkan tanah air, maka tidak akan ada kerja sama.

"Kita tidak ingin menjadi pengekor, tapi kita mementingkan kepentingan nasional dan mendapatkan manfaat sebanyak-banyaknya untuk rakyat," tandas Eva.

Pada Debat Capres Jilid III, Prabowo dan Jokowi akan beradu gagasan secara tunggal tanpa cawapres, untuk kedua kalinya. Debat yang digelar di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu malam pukul 20.00 WIB itu akan dipandu Guru Besar Hukum Internasional dari Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana. (Mvi)

Quote:
0
1.5K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.