Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

eCiputraAvatar border
TS
eCiputra
Raup Keuntungan Dari Bisnis Laundry
Maraknya usaha laundry telah membuka peluang usaha baru. Salah satunya adalah usaha pembuatan dan penjualan kebutuhan perlengkapan laundry, seperti detergen, softener atau pelembut pakaian, dan pewangi.

Salah satu pemain di bisnis perlengkapan laundry ini adalah Ana Astiati, lewat bendera usaha Bengkel Cuci di Karawang Jawa Barat. Ia mulai terjun ke usaha ini sejak awal tahun 2012 ini. "Saya terjun ke usaha ini karena melihat peluangnya besar," kata wanita yang akrab disapa Ana ini.

Menurut Ana, menjamurnya bisnis pencucian pakaian di Indonesia menjadi sasaran empuk bagi bisnis penjualan perlengkapan laundry. Ini terlihat dari tingginya permintaan. "Banyak pemilik bisnis laundry membeli perlengkapan dari saya," ujarnya.

Untuk kebutuhan laundry ini, ia memasarkan detergen kemasan 15 kilogram (kg) dengan Rp 135.000. Sementara softener dipasarkan dengan kemasan 5 liter seharga Rp 40.000. Adapun pewangi kemasan 5 liter dihargai Rp 100.000.

Dari usaha ini, ia meraup omzet lebih dari Rp 10 juta sebulan. Produk-produk perlengkapan laundry itu diproduksinya dengan melibatkan para pelaku industri skala skala kecil di Karawang. "Kami produksi industri rumahan," ujar Ana. Selain detergen, softener atau pelembut pakaian, Ana juga memasarkan mesin pengering pakaian merek Akari.

Selengkapnya
0
1.4K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.