Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nastakoonAvatar border
TS
nastakoon
Cuma Di Era Presiden Jokowi, Jamaah Haji Tak Dapat Visa


Hal aneh terjadi pada penyelenggaraan haji di Indonesia. Selama Indonesia merdeka, cuma di era kepemimpinan Jokowi-lah jamaah haji tidak dapat visa. Padahal sebelumnya, Menteri Agama Lukman Saifuddin menyatakan persiapan haji sudah 90 persen.

Masalah visa haji ini otomatis menjadi sorotan Komisi VIII DPR RI karena terjadi hampir di seluruh embarkasi.

"Memang harus ada evaluasi menyeluruh, sepanjang Indonesia merdeka, baru kali ini terjadi jamaah haji mau berangkat tak dapat visa," tutur anggota Komisi VIII DPR RI Khatib Umam Wiranu, Kamis (20/8), dilansir laman Republika (21/8/2015).

Padahal, ujar Khatib, pihaknya sudah sering meminta pemerintah membereskan permasalah visa sebelum hari H keberangkatan calon haji.

"Yang paling utama, kita sudah ngomong ke Menteri Agama, tolong visa-nya diberesin dulu," kata dia .


Sebelumnya, sebanyak tujuh calhaj kloter pertama asal Sumbar terpaksa dialihkan keberangkatannya karena visa yang belum keluar. Sementara pada kloter kedua, sebanyak 22 orang calhaj diketahui masih bermasalah dokumen visa-nya.

"Ini apakah mungkin dalam waktu yang secepat-cepatnya mereka mengurus 27 visa? Memang bisa diundur sih," ujar Umam.

Namun, menurutnya pengunduran jadwal keberangkatan membuat calhaj menjadi tidak pasti. Penundaan jadwal keberangkatan, lanjutnya, sebenarnya pernah terjadi dalam penyelenggaraan haji akibat visa. Namun hanya satu atau dua visa calhaj.

Saat ini, ia mengatakan, pengunduran kloter akibat belum keluarnya visa terjadi hampir di seluruh embarkasi. Menurutnya, permasalahan akan terjadi, bila menimpa pasangan suami istri yang berangkat bersama. Sebab, menurutnya tidak mungkin keduanya terpaksa berpisah kloter akibat visa.

Sementara itu, Kasi Pembinaan Haji dan Umrah dari Kantor Wilayah Kementerian Sumbar Efrizal menjelaskan, pengurusan visa terkendala akibat terhentinya proses pengurusan di Kedutaan Arab Saudi.

"Ini kan kewenangan Kedutaan Arab Saudi, bukan kita (Kanwil Kemenag Sumbar)," ujar dia.

Ia mengatakan, telah mengirimkan tim untuk memperjelas pengurusan visa calhaj asal Sumbar. Ia memastikan, visa-visa tersebut segera tuntas pengurusannya.

Selain itu, Kanwil Kemenag Sumbar telah menyiapkan kursi cadangan di kloter terakhir. Sehingga, calhaj asal Sumbar yang bermasalah dengan visa dapat berangkat di kloter terakhir.

"Besok akan dituntaskan (penyelesaian visa). Masih banyak teman di sana (Jakarta)," imbuhnya.

[sal]

sumur
0
6.5K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.5KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.