nastakdiehardAvatar border
TS
nastakdiehard
[Tampang Pelaku Hoax] Beredar foto hoax korban penggusuran Kp Pulo diamuk Satpol PP


Merdeka.com - Hati-hatilah terhadap informasi yang beredar di media sosial. Tidak semua info tersebut asli, tapi banyak juga yang dibumbui atau tak sepenuhnya sesuai dengan kejadian sebenarnya.

Salah satunya adalah foto yang disebarluaskan lewat situs microblogging Twitter. Seorang penggunanya menebarkan foto lama namun diklaim sebagai gambaran kekerasan yang dilakukan aparat saat bentrok antara Satpol PP dan warga di Kampung Pulo, Jakarta Timur.

Foto tersebut diunggah oleh akun @MustopaNahra. Dia menyebutkan darah warga miskin ditumpahkan oleh aparat.

"Apakah darah ini akibat perilaku PKI? BUKAN. Ini darah rakyat miskin yg ditumpahkan aparat di kampung pulo," demikian seperti dikutip dari akun @MustopaNahra, Sabtu (22/8).

Namun, dari hasil penelusuran merdeka.com, ternyata foto yang disertakan dalam informasi tersebut palsu. Sebab, foto yang dicantumkan tersebut merupakan peristiwa dari bentrokan antara warga dan Satpol PP di dekat Makam Mbak Priok, Jakarta Utara. Peristiwa ini terjadi pada 14 April 2010 lalu.

Foto itu memperlihatkan seorang anak di bawah umur mengalami pendarahan akibat dipukuli Satpol PP. Bentrokan yang terjadi di Makam Mbah Priok ini menyebabkan tiga anggota Satpol PP tewas, sedangkan sejumlah warga mengalami luka berat.


sumber
Spoiler for pelaku:
0
9.5K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.