Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tjahkoplakAvatar border
TS
tjahkoplak
Dua Tersangka Bom Bangkok Menyerahkan Diri


BANGKOK - Dua orang yang diidentifikasi sebagai tersangka pemboman Bangkok telah menyerahkan diri ke polisi. Meski begitu, kepada pihak kepolisian, mereka bersikeras adalah pemandu wisata.

Kedua orang tersebut diyakini merupakan pasangan yang terekam kamera keamanan sesaat sebelum ledakan di kuil Erawan terjadi. Mereka diidentifikasi sebagai pengalih perhatian, saat tersangka utama meletakkan tas ransel di dalam, kuil, demikian dilansir BBC, Kamis (20/8/2015).

Saat itu, mereka menggunakan kaos merah dan kaos putih terlihat berdiri sesaat sebelum tersangka utama, yang menggunakan kaos berwarna kuning, duduk dan meninggalkan ranselnya. Kedua orang tersebut saat ini tengah diinterogasi oleh pihak yang berwajib.

Sebelumnya, pihak kepolisian menyatakan, setidaknya ada 10 orang yang terlibat dalam peristiwa yang menewaskan 20 orang itu, termasuk tersangka utama yang diduga warga negara asing.

Juru bicara junta militer yang berkuasa, Winthai Suvaree menyimpulkan, serangan tersebut tidak mungkin melibatkan jaringan kelompok internasional. Meski tidak menutup kemungkinan itu, ia menyatakan pihak keamanan harus menyelidiki lebih detail terlebih dahulu.

Sementara Kepala Kepolisian Thailand, Somyot Pumpanmuang meyakini jika serangan tersebut telah direncanakan satu bulan sebelumnya. Sedangkan Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha menyebut pemboman itu adalah yang terburuk yang pernah menyerang Negeri Gajah Putih itu. Setidaknya 20 orang tewas dimana dua belas diantaranya adalah warga asing.

http://international.sindonews.com/r...iri-1440081809

UPDATE

Dua terduga bom Bangkok dilepas polisi karena terbukti tak terlibat



Dua orang laki-laki yang sempat diduga terlibat peledakan bom di Bangkok telah dilepaskan oleh polisi, menurut sumber kepolisian.

Keduanya terlihat di kamera keamanan berdiri di dekat terduga utama sesaat sebelum ledakan keras di kuil Erawan hari Senin (17/08).

Juru bicara polisi mengatakan mereka memastikan seorang dari mereka adalah turis asal Cina, sementara yang lainnya adalah pemandu wisata Thailand.

Kepada BBC, polisi menyatakan yakin tersangka utama masih di Thailand.

Serangan di kuil ini membunuh 20 orang dan mencederai puluhan lain.



Polisi mengatakan setidaknya 10 orang diduga terlibat dalam peledakan, dan tersangka utama adalah orang asing.

Sebelumnya hari Kamis (20/08), juru bicara junta militer Kolonel Winthai Suvaree mengatakan kesimpulan sementara " kecil kemungkinan" serangan ini merupakan perbuatan kelompok teroris internasional.

Namun belakangan ia mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa jaringan teroris global tidak diabaikan sama sekali, "Kami masih harus menyelidiki rincian peristiwa itu," katanya.



Koresponden BBC di Bangkok, Jonathan Head mengatakan polisi juga menanyai pengemudi tuk tuk yang mengantar tersangka utama ke kuil, tapi mereka masih lambat dalam memastikan nama dan kebangsaan terduga pelaku utama yang berbaju kuning itu.

Ia menambahkan sekalipun kuil itu sudah dibersihkan, tim BBC masih bisa menemukan pecahan bom tertancap di dinding sekitar, memperlihatkan tim forensik belum mengumpulkan seluruh bukti dari daerah itu.

Hingga kini belum ada yang menyatakan bertanggungjawab terhadap serangan ini.

Kepala kepolisian nasional Somyot Pumpanmuang mengatakan ia percaya serangan itu direncanakan setidaknya sebulan sebelumnya.

Sebanyak 12 dari 20 korban adalah orang asing, termasuk warga negara Cina, Hong Kong, Inggris, Indonesia, Malaysia dan Singapura.

http://www.bbc.com/indonesia/dunia/2...kok_interogasi
Diubah oleh tjahkoplak 21-08-2015 00:19
0
2.8K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.2KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.