Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mahonaraokeAvatar border
TS
mahonaraoke
duhh romantis.... Kisah Cinta Jokowi
emoticon-Kiss Ane barusan baca kisah cinta nyang romantis gan:

Iriana, nama isteri Jokowi adalah sebuah nama yang juga mengenangkan napak tilas sejarah bangsa ini, dulu di awal 1960-an, Bung Karno berpidato di Yogyakarta pada hujan deras, menantang Belanda dan mendikte Amerika untuk mengembalikan Irian Barat ke tanah air, Irian Barat menjadi hak milik bangsa Indonesia, dimana Irian akan jadi satu peradaban dengan peradaban kemerdekaan bangsa ini, di tahun itu pula antara 1961-1963 banyak bayi-bayi di Indonesia diberi nama Irianto untuk laki-laki dan Iriana untuk Perempuan. Bapaknya Iriana yang amat patriotis itu menggagas anaknya bernama Iriana seturut dengan nada perjuangan Bung Karno dalam menggenapkan kemerdekaan Republik.

Iriana adalah perempuan tercantik di mata Jokowi, sekaligus penggagas sebuah cinta sederhana, dulu di masa mereka jatuh cinta dan membangun jembatan perasaan di antara hati masing-masing, kali pepe di belakang Pasar ngemplak Solo jadi saksi bagaimana mereka menyaksikan purnama di atas kali, Jokowi dan Iriana menggagas cinta dengan cara sederhana, nonton bioskopnya di UP atau di prapatan Jebres -Kandang Sapi. Sering juga Iriana berjalan bareng dengan Jokowi dari SMA 6, di sudut jalan cengklik dan melewati lapangan belakang SMA 5 Solo, yang kemudian nembus ke arah Mojosongo. Mereka berdua tertawa ketika duduk makan gudeg ceker di depan Retjo Pentung, Mergoyudan. Berdua goncengan sepeda di Kepatihan melewati rumah Amien Rais. Berhujanan di Monumen 45 Banjarsari, dan ada kisah juga di stasiun Balapan saat Jokowi mulai belajar cari duit di akhir tahun 80-an, dimana Iriana yang sedih melepas Jokowi lelakinya yang menggenapkan setiap sudut hatinya, melepas Jokowi ke Jakarta. Lalu Jokowi berhasil menjadi orang, menjadi pengusaha bahkan sekarang menjadi politisi paling raksasa di Republik ini, namun ia tetap merawat cinta Iriana dengan nada langsam dan santun.

Cinta yang sederhana ini dirawat dengan baik, sehingga pernikahan mereka adalah rumah yang nyaman dari narasi cinta mereka, kesetiaan dan rasa saling menjaga tidak sekedar kata-kata tapi tindakan, bagi Jokowi cinta bukanlah kata benda, tapi ‘kata kerja’. Karakter Jokowi adalah karakter yang merawat, akankah Jokowi juga merawat cinta rakyat Jakarta yang berharap padanya, seperti ia merawat cinta Iriana?

Kita akan buktikan kemampuan Jokowi dalam merawat cinta pada rakyatnya tidak hanya berhenti pada rakyat Solo, Jakarta, tapi seluruh bangsa ini, seperti kata Bung Karno di tahun 1962 pada sebuah pertemuan pemuda di Solo : ”Bila aku berpikir dan merasai tentang Indonesia, Aku sudah keluar dari alam pengetahuan, dari alam kata-kata…aku masuk ke dalam alam penjiwaan, bila aku melihat Pantai Ngeliyep yang aku lihat Indonesia….bila aku mendengar suara gamelan aku mendengar Indonesia…bila aku melihat gunung Mahameru, aku melihat Indonesia.

Jokowi adalah Nyanyi Sunyi Seorang Bisu yang sudah terbebaskan, kebisuan yang pecah lalu disalurkan dalam kata-kata : Mencintai Indonesia, Merawat Indonesia, seperti dia merawat cinta Iriana…….

-Anton DH Nugrahanto-. (sumber)
0
4.4K
14
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.