Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

didoVenomAvatar border
TS
didoVenom
Indonesia punya "pulau sabu"!! udah tau blm gan ??
Helo gan/sis, Welcome to my first thread!!

Mungkin banyak dari kalian disini yang belom tau bahkan sama sekali gatau salah satu gugusan pulau di NTT yg bernama pulau sabu/sawu.
Ane brmaksud ngenalin pulau sabu dan keindahannya yang tak terlupakan.

Secara geografis, Sabu merupakan bagian dari kepulauan Sabu yang terdiri dari Pulau Sabu, Raijua dan Dana.
Menurut cerita tetua setempat, dahulunya terdapat satu lagi pulau yang terdapat di daerah ini yaitu Pulau Rai Kelara. Namun musibah air bah yang datang pada suatu ketika, menenggelamkan pulau bersama seluruh penduduknya. Keadaan iklim di pulau Sabu dipengaruhi letaknya yang berdekatan dengan benua Australia. Karenanya pulau sabu memiki musim kemarau yg lebih panjang dn curah hujan yg rendah dalam setahun.

Secara administratif, Pulau Sabu seluas 460,78 kilometer persegi terbagi dua; barat dan timur. Sabu barat menaungi Seba, Mesara, Menia dan Pulau Raijua sedang di sisi timur terdapat Liae dan Dimu. Sabu merupakan dataran non-vulkanik yang tidak memiliki gunung tinggi untuk menangkap hujan. Berjalan di gugusan ini membawa kita seolah keluar dari mainstream-nya pulau besar utama Indonesia yang cenderung bergunung dengan hamparan pohon hijau sejauh mata memandang.

Kebetulan kakek nene ane asli orng sabu tepatnya di kec. Sabu Liae, kab. Sabu Raijua. Pada bulan juni lalu ane berkesempatan berkunjung ke pulau sabu karena ada satu acara keluarga yang harus di waliin sm bokap ane, nah yang ane diminta bokap buat nemenin mudik skalian mengenal tempat kelahiran beliau emoticon-Ngakak (S) , sambil ane belajar silsilah keluarga bokap yg begitu panjang x lebar x alas x tinggi emoticon-Hammer (S) ane coba menikmati semua keindahan di pulau ini. (sambil menyelam minum air gan =)) hihihih)

emoticon-Traveller
Terbang dari Jakarta pkl. 05:00 WIB kami tiba pkl. 10:00 WITA di bandara El Tari Kupang. Tiga hari kami singgah di Kota Kupang, kami pergi pulau sabu dengan ferry cepat dgn harga tiket ekonomi sekitar 300rb kami tiba salah satu pelabuhan yg ada di kab. Seba pulau sabu.
Langsung aja ni ane kasih foto pemandangan indah di Sabu, tapi maaf sebelumnya kalo gambarnya kurang HQ, maklum cuma jepret dari HP Black*erry10.

Berikut ini penampakannya gan :

Spoiler for Klick!!:


Sejak awal menjejakan kaki di atas pelabuhan kita akan dibuat terpukau dgn pemandangan indah disekitar dn buat agan makin brsemangat untuk bisa explore pulau kecil ini.
Saat sunset agan dapat menikmatinya dari pantai area wisata Napae, dipinggiran pantai ini terdapat rumah2 panggung tradisional yg di fungsikan sebagai warung/kios. Tapi saat ane kesana sih itu tempat gada yg buka jadi ane pake buat tempat santai aja sambil menikmati sunset terbaik.

Spoiler for Klick!!:


Sabu Liae
Dua malam berada di kec.Seba, esoknya ane bertolak ke bagian timur pulau ini yaitu Sabu Liae tmpat asal kake-nene ane gan emoticon-Big Grinemoticon-Blue Guy Peace
Dalam perjalan seakan mata kita akan di suguhkan bukit2 yg indah dengan bebatuan kapur dan pemandangan langsung kearah laut.

Spoiler for Klick!!:


Sekitar 120 menit perjalanan menggunakan mobil pick up ane sampai di Sabu Liae, berbeda dengan perasaan sebelumnya ketika berada di kec.Seba disini agan akan dibuat merasakan kehidupan yg benar2 jauh dr kemewahan kota beserta gadget2nya yg beragam. Atmosfer di Liae sangat berbeda jarak rumah satu dengan yg lain bisa mencapai sekitar 1/2 kilometer, belum terjamah listrik, kemudian sulit mendapatkan sinyal hanya Tse* yg trkdng dpt sinyal "gsm", dan suasana adat masih sangat kental disini. Sabu Liae bisa jadi satu tempat destinasi buat agan yg bosan dengan hingar bingar kota, atau agan yg sedang mencari jati diri.

Spoiler for Klick!!:


Meski agak primitif emoticon-Ngakak (S)tapi Sabu Liae juga memiliki pantai yg begitu indah dengan air yg sangat jernih, dan karang2 yg hidup di mulut pantai juga pasir yg indah bercampur karang2 kecil yg trbawa ombak. Ane yakin agan ga akan nemuin pantai seperti pantai Liae ini.
Spoiler for Klick!!:


SABU TERIWU
Perbukitan dengan berbagai pepohonan hijau kadang diselingi dengan bukit batu karang kapur mempunyai view yg sangat sangat indah saat mobil kami tepat berada diatas bukit, seakan agan dapat melihat Pulau Sabu seluruhnya. Gak mau melewatkan pengalaman yg super hebat ini ane menyempatkan berhenti untuk sekedar menikmati Pulau Sabu.

Spoiler for Klick!!:


Sekian dulu gan foto yg bisa ane share, masih banyak foto yg belum di upload nanti pasti ane update gan emoticon-Smilie

gimana menurut agan?
jangan lupa tinggalin jejak dibawah ya..!!
emoticon-Toastemoticon-Shakehand2 emoticon-I Love Indonesia

Sorry gan kalo thread nya berantakan, maklum pertama kaliemoticon-Sorry
NO BATA ya Gan emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Takut

Diubah oleh didoVenom 21-08-2015 07:05
0
3.9K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.