Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1716
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55d4cc4bd89b09dc288b456d/22-situs-penyedia-film-bajakan-diblokir-siapa-yang-untung-siapa-yang-rugi
Terimakasih Momod dan Agan-agan kaskuser yang udah bantu buat thread pertama ane jadi HT. Pemerintah Indonesia melalui Menkominfo memblokir 22 situs penyedia film bajakan pada hari Rabu 19 Agustus
Lapor Hansip
20-08-2015 01:34

22 Situs Penyedia Film Bajakan Diblokir. Siapa yang Untung? Siapa yang Rugi?

Past Hot Thread
Terimakasih Momod dan Agan-agan kaskuser yang udah bantu buat thread pertama ane jadi HT.

Bukti HT


Pemerintah Indonesia melalui Menkominfo memblokir 22 situs penyedia film bajakan pada hari Rabu 19 Agustus 2015. Bagi Ane pribadi hal tersebut bukan masalah. Toh situs kesayangan ane ga masuk daftar karena merupakan situs streaming Anime. emoticon-Blue Guy Peace

Sumber Berita: CNN Indonesia


Tapi Ane sangat setuju dengan langkah pemerintah melakukan pemblokiran situs-situs yang menyalahi hak cipta ini. Walaupun "banyak jalan menuju Roma", minimal akan ada banyak netizen yang pasrah dan berhenti mendownload film bajakan dari situs-situs yang diblokir.

Satu hal yang membuat ane geli, yaitu mengenai salah satu alasan dibalik penutupan situs-situs tersebut:

Quote:Dalam jumpa pers yang diadakan di Gedung Serbaguna Kementrian Kominfo, Medan Merdeka Barat pada kemarin (18/8), Menkominfo Rudiantara menyatakan bahwa upaya ini selain menanggapi aduan APROFI pada 15 Agustus tentang situs terkait, juga sebagai upaya melindungi karya produsen film nasional.


Bukannya menjelek-jelekan industri film negeri sendiri, tapi setau Ane, film-film yang dibajak di situs-situs tersebut sebagian besar adalah film-film luar, sedangkan film lokal walaupun ada bajakannya, tapi cuma sedikit yang mau download. Kenapa? karena kualitasnya videonya kurang bagus, mentok DVDRip. Mending nunggu diputer di TV. Halal. emoticon-Hammer (S)

Nah, lantas pihak mana saja terkena dampak dari pemblokiran 22 situs penyedia film bajakan ini? Berikut Ane sampaikan menurut pihak yang berkaitan maupun menurut pendapat Ane sendiri mengenai siapa saja yang dirugikan dan siapa saja yang diuntungkan atas kejadian ini.

Pihak yang dirugikan:

Quote:
1. Pemilik Situs

Siapa lagi yang paling dirugikan saat situs milik mereka masuk kedalam daftar 22 situs yang di blokir oleh pemerintah kalo bukan si empunya situs? Walaupun tidak akan sepenuhnya kehilangan pengunjung, namun dapat dipastikan sebagian besar pengunjung mereka akan berkurang. Dengan begini, otomatis pemasukan mereka, entah dari iklan, akumulasi jumlah download, dll--akan berkurang.


Quote:
2. Warnet Penyedia Film Gratis

Sudah menjadi hal umum kalo di jaman yang semua serba online, warnet tidak hanya menjadi tempat untuk mengakses internet.

Sampai saat ini warnet-warnet di kota Ane tetap rame walaupun semua orang dapat dengan mudah mengakses internet dari rumah, baik melalui smartphone, laptop maupun komputer desktop.

Kenapa?

Karena warnet-warnet kini sudah beralih fungsi dari tempat internetan/download menjad tempat untuk meng-copy film dan konten-konten bajakan gratis lainnya. Orang-orang sekarang datang ke warnet cuma bawa hardisk eksternal dan bisa membawa pulang puluhan film dengan kualitas BRRip 1080p dalam waktu kurang dari 3 jam. Tentu metode ini lebih efeisien dari pada harus mendownload secara mandiri.

Bahkan warnet langganan saya, sejak awal tahun lalu sudah meng-upgrade semua PC-nya sehingga support USB 3.0. emoticon-Betty (S)

Tapi Ane rasa pemblokiran 22 situs-situs ini ga begitu berpengaruh terhadap kelangsungan hidup warnet-warnet tersebut karena masih banyak sumber film bajakan yang jauh lebih dahsyat. emoticon-Hammer (S)



Quote:
3. Netizen yang Mudah Menyerah

Saat situs penyedia film bajakan langganannya diblokir, netizen akan mencoba mencari referensi situs penyedia film bajakan lainnya. Tapi apa daya, 22 situs yang diblokir pemerintah pada 19 Agustus 2015 merupakan yang terbaik pada kelasnya.

Sedangkan situs penyedia film bajakan lainnya kebanyakan hanya mengumbar iklan, iklan, dan iklan tanpa kejelasan apakah mereka benar-benar memiliki film yang dimaksud.

Akhirnya, lama kelamaan netizen jenis ini akan pasrah. Mungkin nonton bioskop. emoticon-I Love Indonesia (S)


Pihak yang diuntungkan:

Quote:
1. Industri Film

Bukan hanya industri film nasional, dengan adanya kebijakan ini secara tidak langsung juga menguntukngkan industri film luar negeri karena logikanya: semakin sedikit jumlah pembajakan = semakin baik.

Tapi jujur, Ane sendiri kurang paham tentang bajak-membajak film ini. Sebenarnya apa aja kerugian yang ditanggung produsen kalo filmnya dibajak? Mungkin Agan-agan ada yang bisa menjelaskan?


Quote:
2. Situs Penyedia Jasa Streaming Resmi

Quote:"Dulu lolos dari bioskop ke DVD, sekarang pasar DVD juga udah enggak ada karena semuanya langsung dibajak ke internet. Karena banyak bajakan online Itu membuat jasa streaming resmi enggan investasi di Indonesia. Jadi dampaknya tidak ada additional income bagi produser," ucap Fauzan.


Tapi Ane sangsi netizen dalam negeri akan berpindah ke layanan ini. Walopun biayanya ga terlalu mahal (di Google Play Movies, untuk menonton film dengan kualitas HD 720x1280 dikenakan biaya sebesar Rp 25 ribu. Sedangkan film kualitas SD 640x840 harganya Rp 19 ribu), tapi rata-rata film yang disediakan di sini merupakan film "lama".


Quote:
3. Netizen yang Pantang Menyerah

Berbeda dengan netizen yang mudah menyerah dalam mencari film bajakan. Saat situs langganannya diblokir, netizen yang pantang menyerah akan berusaha dan mungkin dia akan mempelajari ilmu baru: mem-bypass situs yang diblokir menggunakan metode-metode yang dia temuakan di Google.. emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:
4. Peyedia situs film bajakan baru

Dengan diblokirnya 22 situs penyedia film bajakan tersebut, membuka kesempatan bagi situs penyedia film bajakan lainnya atau mungkin malah ada yang sengaja membuat situs film bajakan baru untuk menggantikan situs-situs yang diblokir. emoticon-Hammer (S)


Itulah pihak-pihak yang menurut Ane terkena dapak kebijakan pemerintah soal pemblokiran 22 situs penyedia film bajakan. Silahkan bagi Agan-agan yang mau nambahin.

Thanks.

Tambahan dari Agan-agan emoticon-2 Jempol

Tambahan dari Agan-agan


Maaf, cuma dikit komen yang bisa Ane taro di pejwan, sebenernya banyak banget komen yang keren, kocak, dan berkualitas tapi sayang udah ga muat. emoticon-I Love Indonesia

Diubah oleh canggut
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 42 dari 87
22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi?
21-08-2015 06:00
Masih bisa di bypass gan emoticon-Big Grin
0 0
0
22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi?
21-08-2015 06:06
jadi blokir ga nih ane masih bisa ngakses emoticon-Ngakak
0 0
0
22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi?
21-08-2015 06:07
ane setuju anja gan di blok.. kan memang menyalahi aturan. tpsayangnya nanti pas pada cari cara donlot lewat jalan lain.. emoticon-Hammer2
0 0
0
22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi?
21-08-2015 06:07
Quote:Original Posted By sakadi
kickas ane uda di blokir Piye kalau kayak gini ini mau ane mau download film gak bisa 22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi? emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S)


Sama nih...
Tapi saya pake Kickass bukan donlot film, banyak buku digital bagus yang dishare di sana... bukan karena gak mau beli aslinya juga, buku aslinya yang terbitan luar nggak pernah ada nyari di sini. Dan kalau beli di amazon, shippingnya gila banget!
0 0
0
22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi?
21-08-2015 06:08
Selalu ada kemudahan dibalik kesulitan emoticon-Big Grin
0 0
0
22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi?
21-08-2015 06:09
Wah bukan masalah gan
Banyak kok link yang mengajarkan bagaimana By-Pass situs
Kalau tetep gak bisa, pakai SSH gratisan lumayan emoticon-Ngakak

Karena yang penting bukan mengakses situsnya gan, tapi mengakses link downloadnya emoticon-Cool
0 0
0
22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi?
21-08-2015 06:12
Pake torrent sudiro masih bisa ga?
0 0
0
22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi?
21-08-2015 06:13
kalau di dunia internet tu banyak yg dianggap "illegal" peredarannya, gk tau ya gimana nyebutnya, "illegal atau gk bisa jaga agar tetap legal" ?

tindakan Menkominfo ini saya anggap terlalu NAIF, kok bisa ? yakin setelah blokir situs-situs tersebut bakal gk ada lagi pelanggaran ?
apakah para ahli di menkominfo nggak "melek internet" ?
apa nggak ngerti betapa mudahnya informasi/file/berkas digital beredar di internet ?

kemudian, apa kalian pemerintah yakin nggak melanggar hak cipta di bidang ini? tu komputer-komputer kantor pemerintah udah pada pakai Windows asli ? Microsoft Office nya asli nggak ? saya nggak tau sih, makanya tanyak... emoticon-Ngakak (S)

itulah kebebasan internet, saking susahnya mengatasi pembajakan, mungkin sejak awal para pembuat film sudah perhitungkan ini sebagai cost/biaya, tapi bisa juga hlo, karena mudahnya dan murahnya mendapat film bajakan, maka film tersebut beserta artisnya jadi lebih dikenal, ini sisi positifnya emoticon-Ngakak (S)

jadi, ?

biarin aja, udah risiko, kalau dipikir-pikir, kalian para "pembuat film" ngapain juga mengedarkan film-film mu dalam bentuk CD,DVD,BluRay, apa nggak perhitungkan kemungkinan terburuk ?, kalau nggk mau dibajak ya jgn di terbitkan, cukup di bioskop aja lah emoticon-Ngakak (S)

ts, semoga comment ane layak di pejwan emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi?
21-08-2015 06:14
Tor browser jagoan ane emoticon-Cool
0 0
0
22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi?
21-08-2015 06:14
Quote:Original Posted By ofans
Masih ada torrent emoticon-Ngakak


Saya kaget kenapa komen ini bukan post nomor 2. Benar gan, torrent nggak ada matinya. emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi?
21-08-2015 06:15
yakin setelah banyak website diblokir film indonesia akan laku di bioskop?
0 0
0
22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi?
21-08-2015 06:17
Waduh gmn nih
0 0
0
22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi?
21-08-2015 06:18
Program gak tepat sasaran ahh emang gak tau ini kebijakan. Asal main aja hanta gara gara upload film indo si pemilik situs film gratis kena block.

Hahaha lah filmnya versi bajakan gak ada yg mau nonton apalagi dipaksa beli yg ori berbayar & mahal jg. Males bangetkan. Mrnding alokasin fuit ditempat yg benar.

Pergi ke bioskop cm mau nonton povong, kuntilanak, tuyul ahh basi... GK banget dah... Atau nonton anak sma pacaran ahh udah biasa kemasan yg udah ketebak film indonesia.

Lagi lagi hsnya gara gara film indo jd bawa dial untung masih bisa diakalin.

Masih banyak jalan ke Roma
0 1
-1
22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi?
21-08-2015 06:19
kan ada VPN atau Onion wkakakaemoticon-Ngakak
0 0
0
22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi?
21-08-2015 06:19
Lol cm diblokir doank, kirain pemerintah punya power buat shut down itu situs baru hebat, namanya cm blokir ya cm pintunya digembok, tp rumahnya gak dirubuhin, ttp aja bs dimasukin
0 0
0
22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi?
21-08-2015 06:19
pasti nanti bakan banyak lagi bermunculan emoticon-Big Grin
0 0
0
22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi?
21-08-2015 06:22
ahhh elahhh,..22 diantara jutaan situs... kagak ada apa-apanya bro emoticon-Ngakak
0 0
0
22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi?
21-08-2015 06:24
Alah alesannya absurd, klo pernah liat situs itu, minim banget film indonya dan menurut ane film indo mah ada pangsa pasarnya sendiri tanpa harus dibajak pun pasti turun ke tv lokal emoticon-Ngakak
0 0
0
22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi?
21-08-2015 06:24
pake psiphon 3 aja gan emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
22 situs penyedia film bajakan diblokir. Siapa yang untung? Siapa yang rugi?
21-08-2015 06:25
Yg pasti ane kaga pernah donlot film indonesia , buang bandwith aja, yg kedua kita terbiasa situs bokir bokir (blokiran) yakelah tinggal nunggu toren aer/ proxy ahahahaa maap, posisi ane jauh beud dr bioskop jd ini cara ampuh ane buat mendapatkan hiburan, bukan untuk jualan emoticon-Ngakak
Ada ada bae komonfo emoticon-Najis
0 0
0
Halaman 42 dari 87
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia