Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alwaysgegeAvatar border
TS
alwaysgege
JAJANAN MURMER YANG ABADI SEPANJANG ZAMAN
1. CILOK

Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi.

JAJANAN MURMER YANG ABADI SEPANJANG ZAMAN

2. CIRENG

Cireng (singkatan dari aci goreng, bahasa Sunda untuk 'tepung kanji goreng') adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tapioka.

JAJANAN MURMER YANG ABADI SEPANJANG ZAMAN

3. BATAGOR

Batagor (akronim dari bakso tahu goreng) adalah jajanan khas Bandung yang mengadaptasi gaya Tionghoa-Indonesia dan kini sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia.

JAJANAN MURMER YANG ABADI SEPANJANG ZAMAN

4. SIOMAY

Siomai atau siomay adalah salah satu jenis dim sum. Dalam bahasa Mandarin, makanan ini disebut shaomai, sementara dalam bahasa Kanton disebut siu maai. Dalam dialek Beijing, makanan ini juga ditulis sebagai dan juga dibaca shaomai. Kulit siomai adalah serupa dengan kulit pangsit. Makanan ini konon berasal dari Mongolia Dalam.

JAJANAN MURMER YANG ABADI SEPANJANG ZAMAN

5. CAK 'WE

Seorang Jenderal pada zamannya yang sangat terkenal jago silat dan tangguh bernama Jenderal Yue Fei. Sang Jenderal sangatlah dihormati karena kehebatannya dalam berperang. Beliau selalu dipuja masyarakat dan nama besarnya sangat dijunjung tinggi. Begitu juga dengan Kaisar, sangat memandang Jenderal Yue Fei. Posisinya kemudian semakin bersinar berkat prestasinya yang selalu berhasil dalam peperangan. Dipunggung sang Jenderal terdapat sebuah tato yang mempunyai arti khusus " Segenap Hati Setia dan Membela Negara". Tato itu dibuatkan sendiri oleh Ibunda Jenderal Yue Fei dan disaksikan oleh istrinya.Kepopuleran Jenderal Yue Fei membuat iri hati dari pejabat - pejabat lainnya. Ada sepasang suami istri pejabat yang sangat benci sang jenderal kemudian membuat sebuah taktik untuk menjebak Jenderal Yue Fei. Tuduhan, fitnahan dan segala akal busuk berhasil merobek nama bersih Jenderal. Jenderal Yue Fei akhirnya dihukum mati oleh Kaisar.

Rakyat tidak terima, rakyat marah tapi tidak bisa berbuat apa- apa. Rakyat tidak berani protes didepan umum, tidak berani beraksi. Ceritanya, ada seorang bibi tua, sangking bencinya pada pejabat dan istrinya pejabat yang telah memfitnah Jendereal Yue Fei, meluapkan emosinya dengan membuat makanan semacam kue pagangan.
Takut ketahuan emosinya, si bibi tua itu, kemudian marah- marah kepada sepasang suami istri pejabat itu dengan menyebut mereka dengan nama lain. Saat kuenya mau digoreng, bibi tua menyebutkan : " Cha Kwe...Cha.. Kwe.." Dimana Cha artinya bunuh , Kwe itu nama samaran untuk sepasang suami istri pejabat itu. Kalau dikampung aku, dikenal dengan Yiu Cha Kwe. Ada tambahan kata Yiu, yang artinya minyak atau menggoreng. Jadi secara keseluruhan bisa berarti, bunuh si Kwe , goreng si Kwe. Bentuk cakwe kan ada 2 batang yang digabungkan jadi 1.Itu artinya 1 bagian si suami pejabat, 1 lagi bagian istrinya pejabat itu. Mereka sangat dibenci rakyat waktu itu.Saat berkunjung ke klenteng Jenderal Yue Fei, sangat ramai, dipenuhi turis lokal maupun manca negara. Dinding- dinding klenteng, samping kanan - kiri patung Jenderal Yue Fei berada, berisi lukisan - lukisan sejarah kehidupan Jenderal hingga menemui ajalnya dihukum mati oleh Kaisar. Kuburan asli Jenderal Yue Fei masih ada disana. Terletak dibelakang klentengnya, kata orang lokal, jenazah asli Jenderal dimakamkan.Sedangkan sepasang suami istri dan 2 pejabat lainnya, dibuatkan patungnya. Berlutut dengan tangan diborgol dihadapan makam Jenderal Yue Fei. Dan, informasi saja, dari dulu, setiap turis lokal dari China yang ke sana, jika lewat didepan patung ini, pasti akan memaki dan memukul patungnya sambil ngedumel caci makiannya. Pemerintah sampai turun tangan, sampaikan pesan kepada para turis, patungnya tidak bersalah, patungnya hanyalah beton, pasir, batu dan semen. Patungnya tidak bersalah. Lagipula, ini sudah lama berlalu, ini sudah menjadi sejarah. Tetap saja, pas aku disana, aku melihat dengan mata kepalaku sendiri, para turis lokal China, memaki dan memukul patung itu.

Demikianlah cerita dibalik sebuah makanan sederhana. Teman makan kopi, teman makan bubur. Cakwe punya nilai dan sejarah yang begitu besar

JAJANAN MURMER YANG ABADI SEPANJANG ZAMAN

6. GORENGAN

Di Indonesia gorengan adalah makanan ringan yang populer. Penjual gorengan dapat ditemukan di tepi jalan atau berkeliling dengan pikulan atau gerobak. Bahan-bahan yang dilapis adonan tepung dan digoreng antara lain; pisang goreng, tempe, tahu, oncom, ubi, singkong, cireng (Bahasa Sunda: Aci digoreng), yaitu tepung singkong digoreng, sukun, dan bakwan (di Jawa Barat disebut "bala-bala") yaitu adonan tepung yang dicampur cacahan kubis dan wortel. Salah satu jenis gorengan yang populer adalah Tahu Sumedang. Perkedel jagung dan perkedel kentang juga masuk dalam kategori gorengan. Gorengan biasanya dimakan dengan cabe rawit. Di Malaysia dan Brunei gorengan juga lazim ditemui, antara lain pisang dan ubi goreng.

Dalam Masakan Jepang, sayuran dan hidangan laut (terutama udang) yang digoreng disebut tempura, dimakan dengan dicelupkan pada saus kecap asin-manis yang cair dan ringan. Di India gorengan juga populer.

JAJANAN MURMER YANG ABADI SEPANJANG ZAMAN

7. KUE CUBIT

Kue cubit merupakan jajanan populer di Jakarta. Kue berukuran kecil ini (diameter sekitar 4cm) biasa dijajakan di depan sekolah oleh pedagang kaki lima. Kue cubit menggunakan campuran susu dan tepung terigu sebagai komponen utamanya. Adonan dimasukkan dalam cetakan baja, dan dalam beberapa menit telah masak.

Kue ini mendapatkan namanya karena kue yang matang diambil dengan alat penjepit oleh si pedagang, sehingga seperti dicubit.

JAJANAN MURMER YANG ABADI SEPANJANG ZAMAN

8.KUE LABA-LABA

JAJANAN MURMER YANG ABADI SEPANJANG ZAMAN

9. KUE APE

Kue Ape adalah penganan semacam penganan tradisional dari tepung beras dan santan berbentuk seperti mangkok /piring kecil dan tipis yang sangat populer diseluruh Indonesia dan Asia Tenggara. Banyak sekali variasi ataupun dressing dadi kue ape ini sehingga setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri.

JAJANAN MURMER YANG ABADI SEPANJANG ZAMAN

10. MIE AYAM GEROBAK/ABANG

Mi ayam atau bakmi ayam adalah masakan Indonesia yang terbuat dari mi kuning direbus mendidih kemudian ditaburi saos kecap khusus beserta daging ayam dan sayuran. Mi Ayam terkadang ditambahi dengan bakso, pangsit dan jamur. Mi berasal dari Cina tetapi mi ayam yang serupa di Indonesia tidak ditemukan di Cina.

JAJANAN MURMER YANG ABADI SEPANJANG ZAMAN

JAJANAN MURMER YANG ABADI SEPANJANG ZAMAN

11. BAKSO

iapa yang tak kenal Bakso? Bakso merupakan salah satu makanan terpopuler di Indonesia. Banyak yang menganggap bakso adalah makanan khas Solo – Jawa Tengah, karena identik dengan Bakso Solo nya. Atau ada juga yang menyebut Bakso adalah makanan dari khas Malang – Jawa Timur, Karena Bakso Arema atau Bakwan Malang saat ini menjamur dimana-mana. Dilihat dari Arti kata ” Bakso “ yang berasal dari kata ” Bak ” dan ” So “, kita dapat simpulkan bahwa Bakso berasal dari dataran China. Bak artinya daging babi dan So artinya Mie + Sup. Tapi kemudian di indonesia sendiri daging babi itu dirubah menjadi daging sapi tapi tetap menggunakan kata Bak.

JAJANAN MURMER YANG ABADI SEPANJANG ZAMAN


12. BUBUR AYAM

Bubur ayam adalah salah satu jenis makanan bubur dari Indonesia. Bubur nasi adalah beras yang dimasak dengan air yang banyak sehingga memiliki tekstur yang lembut dan berair, yang ditaburi aneka topping diatasnya.

JAJANAN MURMER YANG ABADI SEPANJANG ZAMAN


# SEKIAN GAN...KALO MASIH ADA YANG PERLU DITAMBAHKAN, SILAHKAN....#
0
6.9K
47
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.