Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

saegothAvatar border
TS
saegoth
Ini Kata Warga Kampung Pulo Menjawab Keheranan Basuki soal Sertifikat Tanah
Ini Kata Warga Kampung Pulo Menjawab Keheranan Basuki soal Sertifikat Tanah Bantaran Sungai



JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama keheranan warga Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, bisa punya sertifikat tanah meskipun tinggal di bantaran sungai. Apakah betul warga di bantaran sungai ini punya sertifikat tanah?

"Di sini sih enggak ada sertifikat. (Yang ada) akta jual beli tanah bangunan pokoknya. Soalnya ini turun-temurun dari dulu. Mungkin yang RT-RT di dalam-dalam ada, tapi kalau untuk warga saya enggak ada," ujar Ketua RT 04 RT 03 Kampung Pulo, Usep, Selasa (12/8/2014).

Usep mengatakan sebagian besar warganya memang tinggal di atas tanah yang berbatasan langsung dengan Sungai Ciliwung. Dia menyebutkan ada 65 rumah dengan 67 keluarga tinggal di tanah semacam itu.

Dari jumlah rumah yang berada di atas bantaran sungai itu, Usep mengatakan hampir semuanya hanya memiliki akta jual beli tanah maupun rumah. "Kurang-lebih 50 sampai 60 kepala keluarga (yang demikian)," ujar dia.

Sementara itu, Ketua RT 03 RW 03 Kampung Pulo, Budi, mengaku tak begitu tahu soal sertifikat tanah warganya. Namun, dia mengatakan bahwa warganya punya surat-surat kepemilikan yang dimiliki secara turun-temurun, sebagaimana dikatakan juga oleh Usep.

Menurut Budi, surat kepemilikan lahan itu ada yang berupa surat girik, verponding, dan hak guna bangunan. Dari surat-surat itu, ada yang merupakan dokumen kepemilikan lahan keluaran pemerintah kolonial Belanda. "Berbeda-beda setiap warga," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, Basuki juga keheranan melihat ada ruko di Kampung Pulo. Budi mengatakan ruko-ruko tersebut punya sertifikat, setidaknya yang telah dia periksa. Menurut Budi, ada 12 ruko di wilayahnya yang masuk kawasan Jalan Jatinegara Barat.

Sumber: http://megapolitan.kompas.com/read/2...campaign=Khlwp

Metropolitan, Kota Internasional..

tapi kualitas kampung emoticon-Big Grin

masalah ditumpuk bertahun2, pejabat sebelumnya kerja apa ya.. si foke malah bisa jadi dubes jerman.. amburadul negeri ini..

mending dimulai dari NOL lagi, pindahin ibukota ke daerah lain..
0
4.6K
24
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.