Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

codot.1Avatar border
TS
codot.1
SEHAT KAH WAJAN AGAN?
Sehatkah Menggunakan Wajan Anti Lengket?

Memasak adalah sebuah rutinitas yang sangat erat kaitannya dengan kesehatan keluarga anda. Dengan menghasilkan makanan yang mengandung nutrisi yang cukup, sudah pasti akan menimbulkan efek positif buat tubuh anda dan keluarga. Anda juga harus memperhatikan penggunaan alat-alat memasak, biasanya alat memasak terbuat dari baja tahan karat, besi, plastik, aluminium dan logam-logam lainnya. Tidak menutup kemungkinan anda menggunakan wajan anti lengket. Dengan menggunakan wajan anti lengket akan memberikan kemudahan bagi anda dalam memasak tapi tahukah anda penggunaan yang tidak tepat pada wajan anti lengket, akan membahayakan keluarga anda?

Kandungan Bahan Kimia dalam Wajan Anti Lengket

Lapisan anti lengket atau polytetrafluoroetylene (PTFE) banyak anda temukan di beberapa alat memasak anda seperti kuali,penggorengan dan penanak nasi.Penggunaan
lapisan anti lengket dimaksudkan untuk meminimalisir penggunaan margarin dan minyak goreng, selain itu wajan anti lengket menjadi favorit karena sangat mudah
dibersihkan. Zat kimia yang terkandung pada wajan anti lengket adalah berbagai logam termasuk mercury yang diduga mengandung zat kanker, karsinogen. Penelitian menemukan bahwa kandungan zat kimia yang terkandung di dalam wajan anti lengket yaitu Ammonium Perfluorooctanoate (APFO) atau Perfluorooctanoic (PFOA) dalam produsi mengganggu lingkungan. Kandungan PCFS atau perfluorocarbons yang terdapat pada wajan anti lengket dapat meningkatkan resiko kerusakan hati dan juga masalah pertumbuhan. Penelitian menemukan wanita dengan tingkat bahan kimia tinggi yang masuk di dalam tubuhnya akan mengalami gangguan kesuburan , meskipun resiko akan lebih tinggi pada pria karena mudah terpapar dibanding wanita. Selain itu juga kadar tinggi PFC akan mengakibatkan wanita cepat mengalami menopause, kolestrol jahat memungkinkan lebih tinggi masuk ke dalam tubuh untuk anda yang menggunakan wajan ati lengket ketika memasak.


Sebenarnya wajan anti lengket yang berbahaya adalah ketika wajan anti lengket anda telah terkelupas sehingga memungkinkan bahan kimia yang terkandungnya bercampur dengan masakan anda, jadi untuk anda jangan cemas jika anda memiliki wajan anti lengket, wajan anda tidak mengalami kerusakan. Kerusakan pada wajan anti lengket bisa terjadi karena anda menggunakan spatula metal, dicuci dengan sabut yang kasar, memasak dalam panas yang tinggi dan dijadikan tempat untuk menyimpan makanan olahan. Anda bisa menggunakan wajan anti lengket anda dengan aman, jaga selalu permukaan wajan hingga tidak mengelupas karena jika
sudah mengelupas akan membahayakan kesehatan anda, berikut cara yang aman menggunakanya :


1. Cuci Tanpa Sabun
Ketika pilihan anda tertuju pada wajan anti lengket, pasti karena manfaat yang diberikan dari wajan anti lengket yang memudahkan anda untuk memasak dan juga mudah dibersihkan. Anda disarankan untuk menggunakan tangan atau bahan halus dalam membersihkannya agar bahan kimia tidak membahayakan anda ketika sedang memasak.


2. Spatula kayu dan silikon
Penggunaan spatula berbahan metal membahayakan wajan anti lengket anda, dengan spatula metal akan membuat lapisan anti lengket tergores, PFC akan bercampur dengan masakan anda. GUnakan spatula bahan kayu atau silikon, menjadi pilihan tepat anda.


3. Kurangi panas
Menggunakan wajan anti lengket dengan keadaan yang kosong dan panas yang tinggi akan berbahaya, PFC akan menguap ke udara dan membentuk gas yang beracun. Untuk mencegahnya gunakan panas yang normal ketika anda memasak.


4. Pilih tanpa PFC
Anda dapat memilih wajan anti lengket di pusat perbelanjaan tanpa kandungan PFC, sehingga lebih ramah lingkungan. Untuk anda yang masih khawatir dengan wajan anti lengket anda dapat memilih jenis wajan lain seperti wajan besi, meskipun tidak memberikan manfaat seperti wajan anti lengket akan tetapi aman untuk keluarga anda.


----
edited : letak tulisan berantakan kyk muka ane emoticon-Embarrassment
Diubah oleh codot.1 19-08-2015 13:15
arusbawah
arusbawah memberi reputasi
1
5K
55
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.