Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nastakoonAvatar border
TS
nastakoon
Megawati: Indonesia Paling Pintar Melengserkan Presiden


Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyindir anggota DPR yang dinilainya sudah semakin jauh dari harapan pendiri bangsa. Semangat musyawarah dan gotong royong yang tertuang dalam Pancasila sudah semakin tergeser politik praktis.
“Voting memang diatur dan dijamin oleh sistem ketatanegaraan. Namun, hal ini tidak sesuai dengan semangat Pancasila dan pendiri bangsa ini,” ujar Megawati saat berbicara sebagai keynote speech dalam seminar nasional kebangsaan dalam rangka memperingati hari konstitusi dengan tema Meningkatkan Sistem Ketatanegaraan Indonesia: Apakah Sudah Baik? di gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (18/8).
Menurut Megawati, lunturnya semangat Pancasila dalam Ketatanegaraan Indonesia saat ini sudah sangat mengkhawatirkan, karena kecenderungan tersebut semakin menguat di dewan. Megawati pun bercerita tentang dewan yang menggulingkan beberapa presiden RI karena politik praktis.
Presiden yang dilengserkan itu mulai dari Presiden Soekarno yang pernah didaulat Majelis Pemusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) sebagai presiden seumur hidup. Presiden Soeharto yang digulingkan setelah memimpin 32 tahun, hingga Presiden Gus Dur yang digantikan oleh Megawati.
"Indonesia paling pintar melengserkan presiden. Apakah itu jati diri kita? Ketika dalam ketatanegaraan kita founding fathers sudah memilih negara yang dibangun bentuknya NKRI bukan kerajaan. Karena republik ada presiden," katanya.

Dalam kesempatan itu, Megawati juga menyindir perilaku yang kurang terpuji dari bangsa ini, yakni suka membulli.

“Saya saja dibully, itu anak muda zaman sekarang, kepada orang asing, tidak berani membully,” sindir Megawati.
Hotman Siregar/NAD

bapak saya bapak saya
0
8.7K
146
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.