Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

QielhooAvatar border
TS
Qielhoo
Belajar dari Pengalaman ane Belanja di Jakartanotebook
Selamat malam agan-agan yang ganteng dan cantik, mohon izin ane mau bagi cerita tentang pengalaman ane belanja online di salah satu online store yang cukup terkenal, Jakartanotebook. Bukan pengalaman yang nyenengin juga sih, jadi langsung aja cekidot.

Sebenernya ane udah pengen bagi keluh-kesah ane dari kemarin, cuma karena kerjaan ane banyak bener jadi ketunda. Jadi ceritanya tanggal 2 Maret 2015 ane bersama-sama beberapa temen kantor ane melakukan pemesanan barang secara online di Jakartanotebook, niatnya sih biar ongkirnya bisa dibagi-bagi berhubung ane kerja di Ende (NTT) dan ongkir ke sini itu muahal. Setelah ketemu barang yang cocok langsung ane lunasin tuh dengan metode transfer langsung pake kode unik, khasnya Jakartanotebook banget kan. Ini bukti invoicenya dengan list barang-barang yang ane pesen:
Spoiler for Invoice:

Kode invoicenya 1V2XN dan lunas pada tanggal 2 Maret 2015.

Kemudian hari demi hari ane tungguin kok status pesanan ane di situs Jaknot masih confirmed, baru setelah tiga hari sejak tanggal pelunasan (5 Maret 2015) status pesanan ane berubah jadi packing process. Sampe sini sih ane masih maklum mengingat di situs Jakartanotebooknya pun ada penjelasan kalo bakalan ada keterlambatan pengiriman plus minus tiga hari.
Spoiler for Packing Process per 5 Maret 2015:


Keesokan harinya ane tunggu, ane liat lagi ternyata statusnya juiga masih packing process, kok lama ya pengepakan aja bisa seharian. Ane mulai khawatir, ini pesanan ane apa kabarnya. Akhirnya hari sabtu tanggal 7 Maret 2015 ane nelpon ke call centernya Jakartanotebook untuk nanyain status pesanan ane. Di situ petugas call center nya bilang bahwa memang lagi ada perbaikan sistem pengiriman makanya belum optimal, dan ane inget banget dengan jelas dia menyatakan bahwa barang yang ane pesan SEMUANYA ready stockdan lagi mengantri untuk dipacking. Yowes ane ikhlas deh sama jawaban dia, toh baru kali ini aja kejadian macem gini selama ane belanja di Jakartanotebook.

Hari pun berlanjut, sabtu, minggu, senin, selasa, akhirnya rabu, dan status pesanan ane MASIH packing process. Di situ ane udah mulai merasa harus ga sabar. Ane pesen dan lunas tanggal 2 Maret 2015, kemudian 5 Maret 2015 pesanan baru masuk tahap packing process, itu aja selisih tiga hari, lama banget, dan sampe hari rabu pekan ini tanggal 11 Maret 2015 status pesanan ane MASIH packing process. Pesanan ane yg lain yg ane beli di seller lain yang sama-sama lunas tanggal 2 Maret 2015 udah sampe dari hari senin tanggal 10 Maret 2015. Lha ini pesanan ane yg di Jakartanotebook jangankan udah dikirim, selesai dipacking aja belom tau. Karena kesel ane telpon lagi ke call center di Jakartanotebook, dan malesnya jawabannya masih sama: perbaikan sistem, menyebabkan keterlambatan pengiriman, dan yang perlu digaris bawahi petugas call center yang kedua juga berkata bahwa barang yang ane pesan SEMUANYA ready stock dan lagi mengantri untuk dipacking. Di telpon yang kedua ane minta kompensasi karena ane udah kelamaan nunggu, dan petugas call centernya nyaranin ane untuk email ke sales@jakartanotebook.com. Berikut isi email ane:
Spoiler for email:


Sebenernya postingan ane di sini adalah tindak lanjut dari email ane yang dalam 1 x 24 jam belum dibalas oleh pihak Jakartanotebook, bahkan sampai sekarang pun belum dibales. Di email ane menyatakan meminta kompensasi berupa (dan tidak terbatas pada) pembebasan ongkir untuk pesanan ane. Kenapa ane minta kompensasi, soalnya cekidot gan:
Spoiler for Hak dan Kewajiban Konsumen UU No. 8 1999:

Berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, konsumen mempunyai hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya.

Hari masih terus berlanjut sampai hari ini hari jumat tanggal 13 Maret 2015 ane dapet email dari Jakartanotebook yang bikin ane pengen nonjok karung samsak. Emailnya beginih:
Spoiler for Email yg bikin emosi:

dan pesanan ane pun denied
Spoiler for Denied:

Gimana gak kesel gan, bayangin aja dari tanggal 2 Maret 2015 baru hari ini setelah 11 hari ane tungguin ternyata baru dikasih tau kalo ada item dalam pesanan yang kosong. Kesel banget, karena ane masih inget banget itu dua orang petugas call center Jakartanotebook yang ane telpon sebelumnya kompak bilang bahwa semua item dalam pesanan ane ready stock, trus sekonyong-konyong bilang ada yang kosong sekarang? setelah 11 hari? Buseeet. Berdasarkan ini bisa dibuktikan bahwa Jakartanotebook sudah melanggar Undang-Undang Perlindungan Konsumen, gak percaya? nih cek sendiri:
Spoiler for Hak dan Kewajiban Pelaku Usaha UU No. 8 1999:

Berdasarkan Pasal 7 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999, pelaku usaha wajib memberikan informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa serta memberi penjelasan penggunaan, perbaikan dan pemeliharaan. Kemudian cek ini juga:
Spoiler for Larangan Pelaku Usaha:

Pasal 9 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 menyatakan bahwa: Pelaku usaha dilarangmenawarkan, memproduksikan, mengiklankan suatu barang dan/atau jasa secara tidak benar, dan/atau seolah-olah barang dan/atau jasa tersebut tersedia.

Jakartanotebook sekurang-kurangnya udah melanggar 2 pasal dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen, dan gak berhenti sampe situ, Jakartanotebook juga menunjukkan sikap yang tidak konsisten karena bertentangan dengan terms and condition yang Jakartanotebook buat sendiri. Cek di marih:
Spoiler for Terms and Condition by Jaknot:


Gimana gan? Wajar kan ane kesel. Emang sih nominalnya gak gede-gede banget, tapi nunggunya itu loh, ekspektasinya itu loh, janji-janjinya itu loh. Secara emosional ane rugi banget. Akhirnya ane telpon lagi call center Jakartanotebook soal pesanan ane ada yg denied salah satu itemnya. Ane sangat menyayangkan petugas yang melayani ane tadi -secara subjektif- ane katakan kurang berempati terhadap kekecewaan yang ane alami dan bersikap datar-datar saja. Ane sampaikan bahwa ane menuntut kompenasi atas kejadian ini, dan petugasnya berkata bahwa kompensasi bisa diberikan dalam bentuk free ongkir untuk pemesanan berikutnya. Yah dalem hati ane bilang gak bakalan lagi dah pesen di sini. Kemudian ane minta ganti free ongkirnya dalam bentuk refund atas ongkir yang udah ane bayar untuk pesanan ane yang bermasalah ini, tapi dijawab tidak bisa. Yowes, sejak dia bilang gitu ane malah makin niat untuk berkeluh-kesah di sini sampe ubek-ubek Undang-Undang segala.

Pada akhirnya pesenan ane dikirim juga (ditunjukan denga email notifikasi) minus barang yang denied karena kosong, tapi jelas aja nggak menutupi kekecewaan ane karena pada dasarnya ane gak dapet kompensasi apapun dari Jakartanotebook.

Buat calon konsumen/pelanggan di Jakartanotebook sebaiknya pikir-pikir dulu sebelum membeli barang di sana, ane nggak ngelarang sama sekali, tapi sebaiknya konfirmasi dulu ke petugasnya barang lagi ada apa enggak, pengiriman lagi bermasalah apa enggak. Repot ya? Ya cari toko lain yang lebih bener servicenya.

UPDATE


Pesanan barang ane udah ane terima tanggal 17 Maret 2015, 15 (lima belas hari) sejak tanggal pemesanan. Mengenai kualitas barang yang dipesan yaa ada harga ada rupa lah, memang dari awal ane ga berharap banyak dari kualitas barang. Mohon kepada momod jangan dulu close thread ane karena sampai sekarang masih ada keluhan seputar pelayanan Jakartanotebook.

Quote:
Diubah oleh Qielhoo 19-03-2015 00:13
0
65.7K
120
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.