Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

provokator.7Avatar border
TS
provokator.7
Groundbreaking LRT Jokowi Mundur, Kemacetan DKI Bisa Semakin Parah



Rencana groundbreaking Light Rail Transit (LRT) rute Cibubur-Dukuh Atas ditunda. Rencana awal, proyek ini bisa dimulai pembangunannya pada 17 Agustus 2015 kemarin namun terpaksa ditunda karena ada beberapa persoalan.

Pengamat Transportasi Djoko Setijawarno menyebut tertundanya pengembangan angkutan massal berbasis rel tersebut bisa memperparah kemacetan kendaraan di DKI Jakarta. Padahal, proyek LRT digagas untuk mengurai kepadatan lalu lintas dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dari pusat pemukiman di pinggiran Jakarta seperti Cibubur menuju pusat kota.

"Kemacetan di Jakarta bisa semakin parah. Waktu perjalanan semakin bertambah," kata Djoko kepada detikFinance, Selasa (18/7/2015).

Rencana awal, LRT Cibubur-Dukuh Atas akan beroperasi berbarengan dengan rampungnya proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia pada semester-I 2018. Rencana pengoperasian LRT berpotensi mundur karena proyek belum juga dimulai.

Dampak negatif lainnya, kata Djoko, aktivitas warga Jakarta dan sekitarnya lebih banyak dihabiskan di jalan karena kondisi lalu lintas semakin padat dan alternatif angkutan massal masih minim.

"Ini mengganggu produktivitas orang juga. Maka sebaiknya disarankan pindah kerja atau tempat tinggal yang mendekati lokasi kerja," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyebut rencana groundbreaking ditunda karena ada persoalan yang belum tuntas. Namun Rini enggan menjelaskan masalah yang dimaksud. Proyek LRT rencananya dikembangkan oleh konsorsium BUMN yang diketuai oleh PT Adhi Karya Tbk (ADHI).


Sumber


Kemacetan Jakarta Makin PARAH emoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S)
0
2.5K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.